Tuesday , 26 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Jenis Makanan yang Menyebabkan Keguguran

Ketahui Jenis Makanan yang Menyebabkan Keguguran

Ketahui Jenis Makanan yang Menyebabkan Keguguran

Ketahui Jenis Makanan yang Menyebabkan Keguguran

Ketahui Jenis Makanan yang Menyebabkan Keguguran


Ketahui Jenis Makanan yang Menyebabkan Keguguran – Terdapat banyak jenis makanan yang perlu dikethaui oleh wanita yang sedang hamil. Sebab jenis makanan tersebut bisa mengakibatkan keguguran apabila dikonsumsi secara sembarangan. Keguguran merupakan aborsi yang spontan, yang akan terjadi bukan karena aborsi di sengaja. Terdapat banyak penyebab keguguran dimana sebagian besar keguguran akan terjadi pada trimester pertama kehamilan yang diakibatkan oleh adanya kelainan kromosom pada janin. Adapun secara umum faktor penyebab keguguran, diantaranya:1. Terjadi Infeksi
2. Akibat Masalah hormonal
3. Akibat Kelainan rahim
4. Masalah pada serviks
5. Akibat Faktor gaya hidup, misalnya merokok, akibat minum alkohol, ataupun karena menggunakan obat- obatan terlarang
6. Terjadi Gangguan sistem kekebalan tubuh, termasuk karena kondisi lupus
7. Penyakit ginjal yang parah
8. Akibat Penyakit jantung bawaan
9. Akibat Diabetes yang tidak terkontrol
10. Akibat Penyakit tiroid
11. Akibat terkena Radiasi
12. Akibat Gizi buruk

Keguguran pada saat hamil tidak hanya akan terjadi akibat beberapa kondisi tersebut, akan tetapi bisa juga terjadi akibat konsumsi makanan. Berikut merupakan jenis makanan makanan yang bisa mengakibatkan keguguran diantaranya:

1. Daging Mentah
Daging dari seafood, daging sapi ataupun unggas yang mentah ataupun setengah matang, mepunayi resiko terhadap adanya kontaminasi dari bakteri coliform, adanya toksoplasmosis, serta salmonella dan juga Bakteri Listeria. Bakteri Listeria mempunyai kemampuan bisa melewati plasenta serta bisa menginfeksi janin dan menyebabkan keracunan darah.

2. Seafood yang di asap
Seafood yang di olah dengan cara di asap dapat mengalami kontaminasi Bakteri Listeria yang dapat menyebabkan keguguran.

3. Kepiting
Kandungan nutrisi dalam kepiting sangat tinggi. Akan tetapi kepiting mempunyai efek terhadap deportasi tumor dengan demikian kepiting memiliki risiko tinggi sebagai penyebab keguguran atau mengalami kelahiran prematur.

4. Ikan yang terkontaminasi
Ikan yang berasal dari danau atau sungai dapat terkontaminasi sebab bisa terkena polychlorinated biphenyls yang tinggi sehingga menyebabkan keguguran.

5. Kerang mentah
Dalam proses memasak memang bisa membantu untuk mencegah terjadi infeksi makanan yang bisa mengakibatkan keguguran.

6. Telur mentah
Telur mentah dapat memiliki potensi untuk terkena dari paparan salmonella. Adanya salmonella dapat menyebabkan keguguran.7. Sayuran yang belum dicuci
Toksoplasmosis bisa mencemari tanah dimana sayuran tersebut di tanam, dengan demikian apabila dikonsumsi wanita hamil akan menjadi makanan yang bisa mengakibatkan keguguran.

8. Nanas
Nanas dapat mengakibatkan keguguran terutama di usia 3 bulan pertama pada kehamilan. Buah Nanas mengandung zat bromelain yang mempunyai efek dapat melembutkan rahim serta mengakibatkan kontraksi, sehingga dapat menyebabkan keguguran.

9. Pepaya Muda
Terdapat banyak kasus yang terjadi pada ibu hamil, pepaya hijau yang digunakan untuk membuat masakan dapat menyebabkan keguguran sebab mengandung enzim yang bisa mengakibatkan kontraksi Rahim.

10. Kelengkeng
Kelengkeng merupakan buah tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan.  Apabila ibu hamil mengkonsumsi banyak kelengkeng sehingga dapat mengakibatkan kekacauan pada janin, mengalai nyeri perut, terdapat flek bercak berupa darah, mengalami sakit perut, dan menyebabkan keguguran.

11. Ikan kaleng
Apabila wanita hamil suka mengkonsumsi ikan, khususnya batasi konsumsi ikan pada kalengan sebab akan mempengaruhi terjadinya kontaminasi ikan yang berisiko menyebabkan keguguran.

12. Pegagan
Pegagan mempunyai banyak dampak terhadap penyembuhan hipotensi, serta mempunyai efek antipiretik dan juga efek diuretik. Konsumsi pegagan tidak sangat dianjurkan untuk wanita hamil. Wanita hamil dan juga menyusui alangkah baiknya untuk menghindari makanan yang bisa mengakibatkan keguguran seperti halnya pegagan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates