Monday , 25 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Jenis Mineral dan Manfaatnya

Ketahui Jenis Mineral dan Manfaatnya

Ketahui Jenis Mineral dan Manfaatnya

Ketahui Jenis Mineral dan Manfaatnya

Ketahui Jenis Mineral dan Manfaatnya

Ketahui Jenis Mineral dan Manfaatnya – Tubuh manusia memerlukan asupan mineral yang cukup agar dapat menjaga keseimbangan dan menjaga kesehatan tubuh. Agar dapat memenuhi kebutuhan mineral maka harus dipenuhi dengan asupan mineral dari luar tubuh yang berasal dari berbagai makanan dan juga minuman yang dapat dikonsumsi. Berdasarkan dari kebutuhannya yang ada di dalam tubuh, mineral dapat dibedakan menjadi 2 jenis diantaranya:

1.    Makroelemen
Makoelemen merupakan mineral yang diperlukan oleh tubuh dengan jumlah yang cukup besar, seperti magnesium, kalium, kalsium, natrium, belerang, klor dan fosfor.

2.    Mikroelemen
Mikoelemen merupakan jenis mineral yang diperlukan oleh tubuh dengan jumlah yang kecil, seperti molybdenum, selenium, kolbat, mangan dan zat besi.

Berikut merupakan jenis-jenis mineral dan manfaatnya:
1.    Kalsium (Ca)
Kalsium adalah jenis mineral yang sangat dibutuhkan untuk tubuh dengan jumlah kebutuhan yang sangat besar dibandingkan mineral yang lainnya. Adapun fungsi kalsium di dalam tubuh yaitu dapat membantu dalam pembentukan serta dapat menjaga kesehatan tulang, dapat melakukan kontraksi otot dengan demikian tubuh tidak akan mudah sakit pegal dan akan mudah bergerak, serta dapat membantu dlam proses pembekuan darah. Adapun sumber mineral kalsium diantaranya:

a.    Susu
b.    Telur
c.    Kacang-kacangan
d.    Berbagai jenis ikan laut dan tawar
e.    Kentang
f.    Sayuran hijau lainnya

2.    Fosfor
Mineral fosfor sangat penting dalam membantu proses pembentukan tulang bersama kalsium, serta mempunyai peran dalam berbagai reaksi kimia seperti untuk pembentukan enzim serta untuk mengoptimalkan kinerja suatu enzim. Adapun sumber mineral fosfor diantaranya:
a.    Telur
b.    Daging
c.    Biji-bijian yang masih terdapat kulit arinya
d.    Kacang-kacangan
e.    Susu

3.    Zat Besi (Fe)
Kebutuhan tubuh terhadap zat besi tidak terlalu banyak, manfaat zat besi untuk tubuh dapat membantu dalam pembentukan hemoglobin yang terdapat di dalam sel darah merah. Adapun sumber mineral zat besi diantaranya:
a.    Telur
b.    Biji-bijian
c.    Sayuran hijau terutama bayam
d.    Hati

4.    Yodium
Asupan mineral yodium sangat penting untuk tubuh sebab berfungsi untuk membentuk hormon tiroksin. Hormon tiroksin ini merupakan dapat mengendalikan berbagai aktivitas tubuh dan juga dapat mengendalikan pertumbuhan pade seseorang. Adapun sumber mineral yodium diantaranya:
a.    Ikan laut
b.    Tiram dan kerang
c.    Garam yodium (baca juga: akibat kekurangan garam)
d.    Serta makanan lainnya yang berasal dari laut.

5.    Natrium (Na) serta Klorin (Cl)
Natrium dan juga klorin biasanya dapat bergabung menjadi satu kesatuan yang dapat disebut dengan NaCl. Adapun fungsi dari mineral natrium yaitu dapat mengatur detak jantung serta dapat membantu sautu proses perlambatan pada saat terjadi impuls saraf. Sedangkan untuk mineral klorin berfungsi dapat membantu mengoptimalkan jumlah asam pada lambung, selain itu dapat menjaga keseimbangan tubuh dengan bersama-sama. Adapun sumber natrium serta klorin yaitu daging, telur, ikan, garam, dan susu.

6.    Seng (Zn)
Fungsi zinc di dalam tubuh yaitu sebagai pembentuk metabolisme pada tubuh, dapat mempercepat dalam penyembuhan luka, dan juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Untuk wanita dapat membentuk dan menyempurnakan janin. Adapun sumber makanan yang mengandung mineral yaitu seng, telur, susu, daging, hati dan ikan.

7.    Magnesium (Mg)
Asupan Mineral magnesium sangat penting untuk kesehatan tubuh sebab mempunyai fungsi dalam membentuk darah, tulang dan juga otot, sebagai activator suatu enzim di dalam tubuh, untuk membantu kontraksi pada otot, dapat melakukan suatu aktivasi pada saraf.

8.    Kalium (K)
Sumber kalium terdapat dalam sayuran, buah-buahan dan juga kecap. Asupan akan kalium harus tetap seimbang sebab kalium mempunyai fungsi untuk mengatur detak jantung, dapat menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh, dapat melakukan transmisi pada saraf, dapat menjaga keseimbangan asam dan basa, sebagai katalisator, sebagai kontraksi otot, dan dapat mengatur sekresi insulin pada organ pancreas.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates