Monday , 25 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Kesehatan Janin

Ketahui Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Kesehatan Janin

Ketahui Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Kesehatan Janin

Ketahui Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Kesehatan Janin

Ketahui Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Kesehatan Janin

Ketahui Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Kesehatan Janin – Buah alpukat dengan nama latin Persea Americana yang tidak hanya dapat memberikan manfaat kesehatan secara umumnya saja, namun juga sangat bagus dikonsumsi untuk ibu hamil berkat kandungannya sehingga memberikan dampak positif untuk janin. Untuk memenuhi asupan gizinya, terdapat aturan dalam pola makan yang harus dijalankan oleh ibu hamil untuk menjaga keseimbangan nutrisi, diantaranya:1. Usahakan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, mineral, dan asupan nutrisi yang lainnya.

2. Dalam mengkonsumsi makanan yang sehat alangkah baiknya dikonsumsi setiap 3 jam satu kali.

3. Rencanakanlah jenis makanan sehat dengan komposisi makanan yang seimbang.4. Minum air yang cukup, dengan membatasi ataupun menghindari minuman dengan soda, dengan pemanis serta sejenisnya.

5. Lakukan latihan fisik selama 30 menit setiap hari serta menghindari olahraga pada bagian punggung.

6. Konsultasikanlah kehamilan dengan diet yang terdaftar untuk kebutuhan nutrisi.

7. Makanlah yang cukup untuk menjaga berat badan.

8. Konsumsi alpukat sebab mengandung lemak yang baik.

Berikut merupakan beberapa manfaat konsumsi alpukat untuk ibu hamil diantaranya:
1. Dapat mencegah deformitas pada bayi yang akan lahir
Asupan asam folat bagi bayi sangat penting untuk pengembangan pada organ tubuh. Sebab kekurangan asam folat dapat menyebabkan deformitas pada tulang bayi sebelum lahir. Deformitas adalah susunan gigi tetap dimana posisinya tidak teratur akibat gangguan rahang.

2. Mencegah cacat syaraf pada janin
Asupan asam folat juga dapat mencegah untuk terjadinya cacat syaraf pada janin yang dikandung.

3. Mencegah komplikasi
Asam folat dalam alpukat dapat mencegah komplikasi, mencegah anemia, mencegah insomnia, serta mencegah preeklamsia (Hipertensi).

4. Asupan Kalsium
Kandungan kalsium dalam alpukat bermanfaat untuk ibu hamil yakni sebagai zat pembangun serta untuk membentuk tulang pada bayi.

5. Mengandung dengan Vitamin C
Asupan vitamin C untuk ibu hamil dapat mempercepat penyerapan zat besi atau Fe di dalam tubuh. Sebab ibu hamil sering mengalami kondisi anemia dengan demikian alpukat sangat cocok untuk ibu hamil.

6. Mengandung vitamin E
Vitamin E bisa menghasilkan suatu hormon prolactin, sehingga jika seorang ibu hamil mengalami kekurangan hormon dapat menyebabkan pengaruh terhadap keadaan emosional serta dapat berperan dalam metabolism.

7. Mengandung Vitamin K
Peran vitamin K hampir sama dengan peran vitamin E, namun tidak hanya itu vitamin K dapat berfungsi untuk pembentukan sel darah merah serta untuk pembentukan tulang pada janin.

8. Kaya akan vitamin B komplek
Vitamin B1 dan B6 dapat mengatasi mual atau morning sicknes pada saat hamil muda. Vitamin B2 atau riboflavin dapat membantu dalam penguraian zat makanan bagi janin.9. Meningkatkan fungsi pencernaan
Pada masa kehamilan terutama di akhir kehamilan dimana seorang ibu hamil akan mengalami sembelit. Buah alpukat mempunyai banyak serat sehingga dapat meningkatkan pergerakan usus yang lebih baik.

10. Mengurangi peradangan pencernaan pada ibu hamil
Buah Alpukat mengandung zat karotenoid yang berperan untuk mengurangi kondisi peradangan pada lambung serta peradangan pada lapisan mukosa di usus halus.

11. Dapat Meningkatkan penyerapan nutrisi
Peran buah alpukat bagi ibu hamil dapat membantu untuk penyerapan nutrisi. Hasil penelitian menunjukan bahwa buah alpukat bisa meningkatkan dalam penyerapan karotenoid di dalam tubuh.

12. Dapat Mengurangi resiko stroke untuk ibu hamil
Buah alpukat bagi ibu hamil bisa mengurangi terjadinya stroke sebab kandungan asam folat yang tinggi. Ibu hamil yang mengkonsumsi alpukat secara teratur dapat menurunkan resiko stroke.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates