Monday , 21 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Seputar Bahaya Merokok pada Wanita Hamil

Ketahui Seputar Bahaya Merokok pada Wanita Hamil

Ketahui Seputar Bahaya Merokok pada Wanita Hamil

Ketahui Seputar Bahaya Merokok pada Wanita Hamil

Ketahui Seputar Bahaya Merokok pada Wanita Hamil

Ketahui Seputar Bahaya Merokok pada Wanita Hamil – Bahaya merokok pada saat hamil seringkali diabaikan oleh wanita yang sebelum hamil namun sudah menjadi perokok yang aktif. Pada wanita yang sebelum hamil sudah menjadi perokok yang aktif bisa sulit untuk dapat menghentikan kebiasaan merokoknya pada saat mengalami kehamilan. Kebiasaan merokok pada saat hamil sangatlah berbahaya untuk kesehatan janin serta kesehatan ibu. Dampak tersebut akan timbul sebab rokok mengandung bahan-bahan yang sangat berbahaya, jangankan pada wanita hamil, pada laki-laki yang dikenal kuat pun akan tetapi jika merokok akan merasakan dampaknya juga.Ibu hamil yang mempunyai kebiasaan merokok alangkah baiknya menghindari rokok khususnya pada saat kehamilan. Hal tersebut karena banyak dampak buruk yang ditimbulkan dari kebiasaan merokok, berikut diantaranya:

1. Lahir Prematur
Salah satu bahaya akibat kebiasaan merokok pada saat hamil yaitu akan membuat ibu untuk melahirkan bayi yang prematur. Hal tersebut disebabkan karena kandungan nikotin dalam rokok akan membuat bayi tidak dapat bertahan lama untuk di dalam Rahim.

2. Berat Badan Bayi Rendah
Bayi akan lahir dengan berat badan bayi yang rendah hal ini akan terjadi pada bayi yang dilahirkan dengan prematur. Selain itu tidak hanya berat badan bayi yang rendah, akan tetapi organ pada bayi juga belum sempurna.

3. Bayi akan Rentan Terkena Infeksi
Berbagai kandungan berbahaya yang ada dalam rokok dapat menyebabkan janin yang ada di dalam kandungan akan terkena infeksi, yang berupa infeksi saluran pernafasan, terjadi infeksi saluran pencernaan dan infeksi lainnya.

4. Gangguan Sindrom
Merokok pada saat hamil dapat menyebabkan bayi akan terkena gangguan sindrom. Gangguan sindrom yang akan terjadi dapat mengakibatkan kematian mendadak pada bayi yang baru dilahirkan.

5. Menganggu Susunan Syaraf Pusat
Bahaya merokok pada saat hamil dapat mengganggu pada perkembangan serta pada pertumbuhan SSP atau susunan syaraf pusat pada kepala janin, sehingga akan mengalami gangguan dalam berfikir dan akan menganggu kecerdasan pada janin. Selain itu organ yang lainnya juga akan mengalami gangguan dan juga keterlambatan dalam perkembangan.

6. Gangguan Jantung
Pada saat ibu hamil yang memasuki usia kehamilan 4 hingga 5 minggu, janin akan terkena gangguan pada organ jantung atau kelainan jantung, sebagai akibat adanya racun dari rokok yang juga dapat mengganggu serta merusak pembuluh darah pada jantung.

7. Keguguran
Ibu yang mempunyai kebiasaan merokok ketika hamil dapat mengalami keguguran pada saat hamil. Sebab janin mengalami kontaminasi dengan racun dan juga berbagai macam kandungan yang berbahaya terdapat dalam rokok.

8. Janin Mati Di Dalam Kandungan
Dampak bahaya merokok pada saat hamil yakni akan menyebabkan bayi ataupun janin meninggal di dalam kandungan ibu. Dengan demikian pada saat dilahirkan ibu akan melahirkan janin yang sudah meninggal di dalam kandungan sebagai akibat kontaminasi racun yang berbahaya dari rokok.9. Bayi Mengalami Masalah Perilaku
Wanita yang mempunyai kebiasaan merokok pada saat hamil, maka Bayi yang dilahirkan akan ada masalah dalam perilaku bayi yang dilahirkannya. Masalah perilaku yang terjadi dapat berefek jangka panjang sebagai akibat ibu yang merokok. Masalah perilaku yang terjadi yaitu akan hiperaktif, bayi akan mengalami masalah pada konsentrasi serta mempunyai perilaku yang menyimpang karena penyempitan pada pembuluh darah di plasenta.

10. Bayi Terkena Penyakit Paru-Paru
Seorang ibu yang mempunyai kebiasaan merokok akan melahirkan Bayi yang akan rentan untuk terkena penyakit pada organ paru – paru. Pada organ paru – paru bayi tidak dapat berkembang secara sempurna sebagai akibat pengaruh adanya racun serta kandungan yang berbahaya dari rokok.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates