Saturday , 23 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Tanda Air Ketuban Pecah

Ketahui Tanda Air Ketuban Pecah

Ketahui Tanda Air Ketuban Pecah

Ketahui Tanda Air Ketuban Pecah

Ketahui Tanda Air Ketuban Pecah

Ketahui Tanda Air Ketuban Pecah – Air ketuban pecah merupakan air yang keluar berasal dari vagina dimana hal tersebut merupakan suatu tanda – tanda akan melahirkan. Banyaknya cairan yang keluar berasal dari vagina, dengan demikian akan membuat ibu hamil merasa bingung terhadap adanya cairan yang keluar apakah ketuban atau bukan.Kantung ketuban adalah kantung dengan dindingnya tipis serta isinya yaitu berupa cairan yang bersamaan dengan janin. Di dalam dinding ketuban, air ketuban terdapat 2 bagian, yakni bagian pertama dinding ketuban yaitu amnion dan untuk bagian luar yaitu chorion.

Apabila air ketuban pecah, akan tetapi ibu hamil tidak segera untuk memeriksakan diri maka dampaknya akan terjadi fatal. Bayi yang ada di dalam kandungan bisa mengalami kekurangan cairan dan akan lemas di dalam kandungan. Dengan demikian tindakan operasi caesar pun akan dilakukan apabila ketuban di dalam kandungan ibu hamil sudah habis. Bayi dengan kondisi lemas di dalam kandungan harus segera di keluarkan dari kandungan supaya tidak meninggal di dalam kandungan.

Dengan demikian seorang ibu harus mengetahui tanda-tanda air ketuban pecah agar tidak terjadi dampak yang tidak di inginkan, diantaranya:

1. Terdapat Cairan yang Merembes Keluar Dari Vagina
Jika ibu hamil yang mengalami air ketuban pecah maka dapat merasakan terdapat cairan yang keluar berasal dari vaginanya. Cairan tersebut dapat merembes dari vagina serta rasanya tidak dapat ditahan oleh seorang ibu hamil. Rasa tersebut merupakan seperti pada saat menstruasi, dimana darah yang keluar dari vagina tidak dapat ditahan oleh wanita. Adanya cairan yang merembes keluar tersebut jumlahnya dapat sedikit ataupun banyak. Kebanyakan wanita tidak menyadari apabila ada cairan yang merembes keluar berasal dari vagina. Oleh karena itulah tanda tersebut sering di abaikan oleh wanita hamil.

2. Menetesnya Cairan Dari Vagina
Gejala atau tanda air ketuban pecah pada tahap ini akan lebih banyak dirasakan pada wanita jika dibandingkan dengan gejala yang pertama terjadi. Dimana cairan ketuban yang keluar dari vagina tidak hanya akan merembes, akan tetapi juga akan menetes dari vagina. Jumlah cairan yang dapat dikeluarkannya pun akan lebih banyak jika dibandingkan dengan tanda yang pertama terjadi.

3. Ada yang Pecah
Seorang Ibu hamil dapat merasakan ada sesuatu yang pecah yang terjadi di dalam perutnya. Sesuatu yang pecah tersebut seperti halnya gelembung yang kemudian akan meletus. Sesuatu yang di rasakan adanya pecah tersebut terjadi pada saat akan ada air ketuban yang keluar.

4. Cairan Terasa Hangat
Pada saat merasakan adanya gelembung yang mengalami pecah. Wanita hamil dapat merasakan terdapat cairan yang merembes ke luar lalu akan menetes di antara kedua paha wanita hamil. Cairan yang di keluarkan itu akan hangat seperti halnya air seni. Akan tetapi meskipun hangat seperti halnya air seni, cairan ketuban serta air seni itu mempunyai tanda yang berbeda.

5. Tertekan
Wanita hamil yang merasakan tanda ada air ketuban yang pecah, tidak hanya akan merasakan terdapat cairan saja yang keluar dari vagina. Kan tetapi ibu hamil juga dapat merasakan adanya suatu tekanan pada perut di bagian bawah. Setelah mengalami tekanan tersebut, ibu hamil dapat merasakan terdapat kontraksi yang terus menerus.

6. Sakit Ketika Kontraksi
Wanita hamil yang sedang melahirkan dapat merasakan sakit di bagian perutnya. Kontraksi yang terjadi pada bagian perut dapat membuat ibu hamil bisa merasakan sakit yang sangat luar biasa. Yang dapat dirasakan seperti perut akan terasa panas, punggung mengalami pegal serta masih banyak lagi tanda yang lainnya.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates