Tuesday , 26 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Tanda Bayi Lahir Prematur

Ketahui Tanda Bayi Lahir Prematur

Ketahui Tanda Bayi Lahir Prematur

Ketahui Tanda Bayi Lahir Prematur

Ketahui Tanda Bayi Lahir Prematur

Ketahui Tanda Bayi Lahir Prematur – Ciri – ciri atau tanda pada bayi lahir dengan prematur perlu diketahui oleh semua meskipun kelahiran dengan prematur akan jarang terjadi serta terjadi pada 15 kehamilan dari 100 kehamilan akan tetapi untuk mengetahui lebih lanjut itu lebih baik. Agar seorang wanita hamil dapat mencegah kelahiran dengan prematur, sehingga semua wanita harus mengetahui penyebab kelahiran prematur, tips mencegah pada kehamilan prematur, resiko yang akan terjadi apabila melahirkan bayi prematur, dan lainya.1. Jenis Kelahiran Prematur
Kelahiran dengan prematur dapat dibedakan menjadi tiga kelompok. Berikut merupakan jenis kelahiran prematur ditinjau berdasarkan waktu kelahirannya sebagai berikut :

a. Late preterm
Bayi yang dilahirkan dengan prematur late preterm ini dapat lahir pada usia kehamilan antara 34 hingga 37 minggu (perkembangan janin 9 bulan).

b. Very preterm
Bayi prematur dengan very preterm ini akan dilahirkan pada usia kehamilan < 32 minggu (perkembangan janin 8 bulan).

c. Extremely preterm
Bayi dengan prematur extremely preterm ini akan dilahirkan pada usia kehamilan < 25 minggu (perkembangan janin 7 bulan). Bayi dengan prematur pada jenis ini tidak akan bertahan hidup, apabila bisa namun dia memerlukan alat medis yang lengkap agar dapat menunjang kehidupannya.

2. Ciri- ciri bayi lahir prematur
Kebanyakan bayi yang dilahirkan prematur di usia 28 minggu sampai dengan usia 36 minggu. Usia kandungan seperti itu bisa dikatakan bayi yang akan dilahirkannya kelak disebut dengan bayi prematur dan prosesnya disebut dengan persalinan prematur. Berikut ini adalah ciri-ciri bayi yang dilahirkan secara prematur yang harus diketahui :

a. Tertutup Lanugo
Bayi yang lahir dengan prematur, maka seluruh tubuhnya dapat ditutupi dengan adanya lanugo atau terdapat rambut halus. Lanugo dapat menutupi pada bagian wajah serta tubuhnya.

b. Refleks Belum Sempurna
Bayi lahir dengan prematur mempunyai tanda bahwa refleksnya belum sempurna, seperti apabila disentuh serta dipegang, bayi bisa terlambat untuk merefleksnya.

c. Memiliki Kulit Tipis
Pada bayi yang dilahirkan dengan prematur dimana jaringan kulitnya belum terbentuk secara sempurna dengan demikian kulit bayi yang lahir prematur akan terlihat lebih tipis.

d. Kulit Merah
Bayi yang lahir secara prematur mempunyai kulit tampak berwarna merah jika dibandingkan dengan bayi dengan lahir secara normal.

e. Telinga Elastis
Bayi yang lahir secara prematur organ telinganya belum terbentuk secara sempurna, bayi yang terlahir prematur belum cukup umur untuk mempunyai tulang pada telinga yang elastis.

f. Pernafasan Belum Sempurna
Tanda bayi yang lahir secara prematur dapat mempunyai pernafasan yang belum normal, bayi akan masuk ke dalam ruangan khusus untuk memperoleh bantuan selang oksigen pada hidungnya. Sebab bagian organ paru – paru pada bayi belum matang serta belum sempurna.g. Garis Tangan dan Garis Kaki Tipis
Bayi yang lahir secara prematur kondisi garis tangan serta garis kaki akan terlihat samar serta tipis.

h. Berat Badan Rendah
Bayi yang lahir secara prematur mempunyai berat badan yang rendah atau tidak normal. Bayi lahir dengan prematur mempunyai berat badan < dari 2500 gr.

i. Ukuran Kepala Tidak Proporsional
Pada bayi yang lahir secara prematur mempunyai ukuran pada kepala tidak proporsional dengan badan. Apabila di bandingkan dengan ukuran badan bayi, ukuran kepala bisa lebih besar ataupun lebih kecil jika dibandingkan dengan ukuran  badannya.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates