Thursday , 27 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan

Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan

Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan

Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan

Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan

Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan – Kacang hijau atau yang biasa disebut dengan vigna radiate adalah sejenis tanaman polong-polongan yang memiliki banyak sekali kandungan gizi. Selain sangat nikmat jika diolah menjadi bubur atau es, kacang hijau juga memiliki nutrisi dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan Anda. beberapa vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam kacang hijau adalah vitamin A, vitamin B1, vitamin C, asam folat, karbohidrat, serat, protein, asam lemak omega 3 dan juga omega 6. Lalu apa saja manfaatnya? Berikut adalah manfaat kacang hijau untuk kesehatan tubuh.

Khasiat kacang hijau untuk kesehatan

1. Mencegah penyakit jantung

Jantung merupakan organ tubuh paling vital yang harus dijaga kesehatannya. Mengonsumsi kacang hijau secara teratur juga dapat menyehatkan organ tubuh yang satu ini. Karena kacang hijau mengandung mineral essensial yang berguna untuk mengontrol detak jantung dan darah. Suatu studi mengungkapkan bahwa kacang hijau mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh. Hal ini dikarenakan ia mampu memperbaiki pembuluh darah yang rusak, dan mengurangi pembengkakan.

2. Mencegah kanker

Suatu penelitian medis mengungkapkan bahwa kacang hijau dapat mencegah kerusakan DNA dan mutasi sel berbahaya dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung polyphenol dan oligosakarida dengan kadar yang tinggi, yang mampu mengurangi perkembangan kanker.

3. Kaya protein

Berdasarkan Departemen Kimia Institut Teknologi Harbin, 85 persen dari total asam amino dihasilkan oleh albumin dan globulin yang terkandung dalam kacang hijau.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Fitonutrien yang terkandung dalam kacang hijau bekerja sebagai anti-pembengkakan serta mampu membantu meningkatkan imun dan menetralkan bakteri berbahaya, virus, iritasi, dan sebagainya.

5. Membantu menurunkan berat badan

Beberapa peneliti mengatakan bahwa mengonsumsi kacang hijau meningkatkan cholecystokinin, hormon yang dapat membuat seseorang mudah merasa kenyang. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung kadar protein dan serat yang tinggi. Kacang hijau mengandung kalori yang sangat rendah sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh seseorang yang sedang berdiet. Dalam 100 gram kacang hijau mentah hanya mengandung 31 kalori. Selain itu, kacang hijau juga dapat dikonsumsi oleh seseorang yang menderita penyakit diabetes.

6. Mengurangi efek PMS (sindrom pramenstruasi)

Kacang hijau membantu mengendalikan fluktuasi hormon yang dapat memicu gejala-gejala PMS.  Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung vitamin B6, vitamin B dan folat.

7. Melancarkan pencernaan

Masyarakat India mengonsumsi kacang hijau untuk menambah rasa serta mengurangi rasa nyeri di perut. Hal ini dikarenakan kacang hijau kaya akan serat, sehingga mempermudah proses pencernaan dan pembersihan racun dalam tubuh. Serta baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung serat yang cukup tinggi antara 9% per 100 gram RDA. Selain dapat menjaga kesehatan pencernaan, serat juga dapat mambantu melindungi selaput lendir yang ada di usus besar, menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah serta mencegah kanker usus.

8. Mencerahkan wajah dan mengurangi jerawat

Pengobatan tradisional cina meyakini bahwa kacang hijau dapat mendorong produksi kolagen dan mempercantik kulit, karena kacang hijau mengandung phytoestrogen yang berkhasiat menunda penuaan.

9. Membersihkan tubuh dari racun

Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung protein, tannin dan flavonoid yang efektif untuk membersihkan pestisida dan metal berat seperti merkuri dan besi dari dalam tubuh.

10. Menjaga kesehatan mata

Manfaat kacang hijau selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A pada kacang hijau tentu saja dapat mencukupi kebutuhan vitamin A harian Anda. Tidak hanya itu saja, kacang hijau juga mengandung karatenoid dan zeaxanthin. Kedua zat tersebut  dapat diserap ke dalam makula lutea retina di mata, di mana kedua zat tersebut berfungsi untuk penyaringan sinar UV. Sehingga mengonsumsi kacang hijau secara rutin dapat melindungi kesehatan mata dan mencegah penyakit makula di usia tua.

11.Mencegah penuaan dini

Selain untuk kesehatan, kacang hijau juga memiliki efek yang sangat baik untuk menjaga kecantikan. Vitamin A tak hanya berguna untuk menjaga kesehatan mata, namun vitamin yang satu ini juga berguna untuk mencegah penuaan dini. Vitamin A juga kaya akan antioksidan yang mampu mengatasi hal ini serta dapat mencegah tubuh terserang dari segala macam penyakit.

12.Menjaga kesehatan tulang

Kandungan kalsium dalam kacang hijau juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sehingga jika kalsium selalu terpenuhi tentu saja hal ini dapat menghindarkan Anda dari berbagai macam penyakit tulang, seperti osteoporosis.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat kacang hijau untuk kesehatan.

 


About ai risyanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates