Wednesday , 28 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Tidur Miring Ke Kiri Untuk Kesehatan

Manfaat Tidur Miring Ke Kiri Untuk Kesehatan

Manfaat Tidur Miring Ke Kiri Untuk Kesehatan

Manfaat Tidur Miring Ke Kiri Untuk Kesehatan

Manfaat Tidur Miring Ke Kiri Untuk Kesehatan

 

Manfaat Tidur Miring Ke Kiri Untuk Kesehatan – Tidur merupakan kebutuhan dan nikmat bagi setiap orang. Disebut kebutuhan karena tubuh manusia membutuhkan waktu sekian jam untuk beristirahat total dan mengisi kembali tenaganya. Tanpa tidur yang cukup atau kurang maksimal maka kondisi tubuh akan lemas dan loyo sehingga tidak mampu beraktivitas dengan baik keesokan harinya. Disebut nikmat karena memang tidur yang lelap itu suatu kenikmatan, khususnya bagi orang dewasa dengan segudang aktivitas dimana waktu tidurnya sangat sedikit. Orang seperti ini akan sangat senang jika memiliki waktu lebih untuk tidur.

Kepuasan tidur tidak hanya terletak pada durasi atau lamanya saja namun juga bagaimana kualitas tidurnya. Lebih baik dan bermanfaat tidur sebentar tetapi berkualitas daripada tidur lama tetapi sering terbangun atau tidak lelap. Bukannya kesegaran yang didapatkan setelah bangun tidur, justru sakit kepala yang akan dirasakan.

Salah satu penentu kualitas tidur seseorang adalah bagaimana posisi tidurnya. Pada dasarnya ada beberapa posisi tidur yang umum dipilih diantaranya telentang, tengkurap, dan miring. Ketiga posisi ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang penting tidurlah sesuai dengan posisi tidur yang paling cocok bagi kondisi tubuh dan membuat kita merasa rileks sehingga tidur menjadi pulas dan berkualitas.

Misalnya posisi tidur telentang, posisi tidur ini sangat tidak dianjurkan bagi penderita asma karena dapat menyebabkan kesulitan bernapas. Meskipun demikian posisi tidur telentang sangat baik untuk menjaga kecantikan wajah dan payudara karena kedua bagian tubuh tersebut bebas dari tekanan. Berbeda dengan posisi tidur miring dan tengkurap dimana wajah dan payudara berada dalam kondisi tertekan dalam waktu cukup lama.

Kali ini kita akan membahas mengenai posisi tidur miring ke kiri beserta manfaatnya bagi kesehatan. Selama ini kita sering mendengar bahwa posisi tidur yang dianjurkan khususnya bagi umat islam adalah miring ke kanan. Sejalan dengan hal tersebut hasil penelitian juga berkata demikian bahwa posisi tidur miring ke kanan memberi banyak manfaat bagi tubuh. Namun setelah diteliti lebih lanjut ternyata posisi tidur miring ke kiri juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Bahkan ada beberapa kondisi tubuh seseorang dimana posisi tidur miring ke kiri lebih baik baginya daripada posisi tidur miring ke kanan.

Manfaat Tidur Miring ke Kiri

Berikut manfaat yang didapatkan dengan posisi tidur miring ke kiri:

1. Memaksimalkan kinerja jantung sehingga sirkulasi darah ke seluruh tubuh menjadi lancar.
Sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh jantung memiliki fungsi vital yang harus bekerja 24 jam tanpa henti, bahkan ketika tidur sekalipun. Dengan posisi tidur seperti ini akan mempermudah cairan getah bening menuju jantung. Selain itu aliran darah yang menuju jantung juga meningkat dan mengurangi pengambilan pembuluh darah yang menuju jantung. Lancarnya sirkulasi darah merupakan kunci kesehatan tubuh.

2. Melancarkan sistem pencernaan
Posisi tubuh miring ke kiri mengakibatkan pankreas dan lambung berada dalam keadaan tergantung sehingga tersedia ruang yang lapang untuk melakukan berbagai proses pencernaan. Selain itu perpindahan sisa atau limbah proses penyerapan makanan dari usus kecil menuju usus besar juga lebih lancar dan mudah sehingga proses pencernaan di dalam tubuh menjadi efisien.

3. Dapat membuang racun dan infeksi secara maksimal sehingga terhindar dari berbagai penyakit berbahaya
Dengan posisi tidur miring ke kiri menyebabkan organ-organ sistem limfatik yang kebanyakan berada di bagian kiri tubuh lebih mudah untuk mengedarkan cairan getah bening ke seluruh tubuh. Seperti yang kita ketahui cairan getah bening merupakan cairan yang sangat membantu tubuh melawan berbagai jenis infeksi baik yang berasal dari virus, bakteri, atau yang lainnya. Dengan lancarnya peredaran cairan getah bening mengakibatkan kemampuan tubuh melawan infeksi menjadi maksimal.

4. Mencegah atau mengurangi timbulnya gejala asam lambung bagi penderita maag
Berbaring sambil memiringkan tubuh ke kiri dapat menutup sambungan antara kerongkongan dan perut. Dengan tertutupnya sambungan ini akan memperkecil timbulnya rasa mual. Hal ini dapat dipraktekkan oleh para penderita maag, ketika maag kambuh cobalah berbaring dengan posisi miring ke kiri selama beberapa waktu. Hal ini akan membantu meredakan rasa sakit.5. Tidur lebih nyenyak dan membuat badan segar kembali
Dengan posisi tidur miring ke kiri menyebabkan organ kantung empedu dan hati yang berfungsi untuk menyaring dan membuang racun dari dalam tubuh akan berada pada posisi menggantung sehingga kedua organ ini dapat bekerja lebih bebas dan maksimal tanpa mengganggu tidur anda. Hal ini mengakibatkan tidur menjadi lebih berkualitas dan nyenyak sehingga pagi harinya badan kembali segar bugar.6. Melancarkan aliran darah ke janin
Ibu hamil juga sangat dianjurkan untuk tidur dengan posisi miring ke kiri sehingga aliran darah dan nutrisi ke janin lebih lancar dan bayi mendapat asupan yang maksimal.

7. Menghindarkan punggung dari pegal dan encok
Posisi tidur miring ke kiri akan mengurangi tekanan pada tulang belakang sehingga sangat baik untuk orang yang menderita sakit punggung kronis. Tidur mejadi lebih nyenyak dan nyaman sehingga pagi harinya badan menjadi segar kembali.

8. Mengurangi dan menghilangkan dengkuran
Suara dengkuran atau ngorok memang sangat mengganggu terutama orang yang tidur di sekitar kita. Hal ini dapat dihilangkan dengan cara merubah posisi tidur menjadi miring ke kiri dimana jalur udara di kerongkongan menjadi lancar dan tidak terhambat yang menjadi penyebab timbulnya dengkuran.

9. Membantu meredakan varises sehingga kulit menjadi cantik dan sehat
Dengan posisi tidur miring ke kiri maka tekanan pada pembuluh darah besar (vena cava inferior) yang membawa darah menuju jantung akan berkurang. Dengan berkurangnya tekanan maka akan meminimalisir terjadinya pembengkakan atau pelebaran pada pembuluh darah besar ini sehingga dapat meredakan varises.

Itulah diantara manfaat tidur dengan posisi tubuh miring ke kiri sehingga posisi tidur seperti ini dapat menjadi pilihan gaya tidur anda. Sehingga meskipun waktu tidur anda tidak banyak namun dengan tidur yang berkualitas maka tubuh anda akan segar kembali setelah bangun pada pagi harinya.

About ai risyanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates