Thursday , 27 April 2017
artikel terbaru :
Home » Bisnis » Membuka Bisnis Souvenir Pernikahan

Membuka Bisnis Souvenir Pernikahan

Membuka Bisnis Souvenir Pernikahan

Membuka Bisnis Souvenir Pernikahan

Membuka Bisnis Souvenir Pernikahan

Membuka Bisnis Souvenir Pernikahan – Pernikahan merupakan momen yang sangat amat spesial. Tentunya ketika akan melangsungkan sebuah pesta pernikahan diharapkan bisa menimbulkan kesan yang begitu baik dan juga bisa selalu diingat oleh mempelai serta oleh para tamu undangan yang datang. Supaya lebih berkesan biasanya tamu undangan akan diberi sebuah kenang-kenangan berupa sebuah souvenir yang begitu unik. Souvenir-souvenir tersebut dapat berupa gantungan kunci kemudian kipas lalu dompet kecil dan lain sebagainya.

Peluang bisnis dibidang ini masih sangat terbuka walaupun telah banyak yang sedang menjalankannya. Keunikan serta tingkat kerapian dari produk menjadi daya tarik tersendiri untuk para konsumen. Disamping itu harga yang begitu kompetitif juga akan sangat berpengaruh bagi minat para konsumen.

Konsumen
Target pasar untuk bisnis souvenir pernikahan ini ialah masyarakat yang akan mencoba untuk mengadakan pesta pernikahan. Karena souvenir pernikahan ini biasanya menjadi salah satu menu yang wajib yang dicari oleh para undangan. Bisnis souvenir pernikahan ini juga biasa melayani permintaan grosir untuk para agen yang nantinya akan menjual kembali souvenir tersebut, atau dapat juga bekerjasama dengan para pihak weding organizer untuk bisa menawarkan souvenir Anda kepada para klien pihak weding organizer tersebut.

Produk
Produk souvenir pernikahan ini mempunyai banyak sekali pilihan bentuk, bahan dan juga harga. Souvenir yang  terbuat dari bahan baku kayu lalu keramik kemudian gerabah dan kain sampai kertas bisa Anda tawarkan dalam berbagai macam bentuk souvenir yang sangat menarik. Misalnya saja adalah souvenir berupa sebuah gantungan kunci, mug atau juga gelas yang terlihat unik, berbagai macam bentuk kerajinan gerabah, kipas yang terbuat dari kain ataupun kertas dll.

Harga dari produk souvenir ini ditawarkan dengan harga yang beragam , sesuai dengan tingkat keunikan dan juga kualitas produknya. Saat ini harga dari produk souvenir yang ditawarkan oleh pasar berkisar antara Rp 500,00 sampai dengan harga puluhan ribu rupiah untuk setiap buahnya. Jadi para konsumen nantinya bisa memilih souvenir untuk pernikahan mereka sesuai dengan biaya pernikahan yang sudah mereka rencanakan.

Pemasaran
Strategi untuk pemasaran yang bisa digunakan adalah melalui online ataupun offline. Saat ini telah amat banyak pengusaha souvenir pernikahan yang biasa menggukan jasa dari internet untuk dapat memasarkan produknya. Alasan dari para pengusaha memasarkan produknya dengan jasa internet, itu karena untuk bisa menjangkau pasar yang semakin luas sampai ke berbagai daerah di seluruh penjuru negara.
Sedangkan jika ingin memasarkan secara offline bisa dilakukan dengan cara pemasaran pemasaran dari mulut ke mulut, atau bisa dengan menggunakan iklan media cetak ataupun brosur untuk bisa membantu Anda dalam mempromosikan produk Anda.

Hambatan
Hampir semua bisnis pasri mempunyai hambatan usaha, hambatan yang mungkin bisa muncul antara lain adalah adanya pembatalan pemesanan dari konsumen padahal barang telah mulai diproduksi. Oleh karena sebaiknya wajibkan para konsumen Anda untuk bisa membayar uang DP terlebih dulu sebagai tanda jadi. Hambatan yang kedua adalah banyaknya peniruan terhadap kreatifitas souvenir yang sudah Anda coba buat.

Kunci Sukses
Yang terpenting di dalam menjalankan bisnis ini adalah Anda seharusnya mempunyai ketrampilan yang mempuni di dalam membuat berbagai aneka macam souvenir. Jika Anda pikir bahwa Anda belum terlalu terampil maka Anda dapat memperkerjakan pegawai yang terbilang telah terampil dan juga rapi di dalam hasil buatannya.

Analisa Usaha

1. Modal Awal
Modal untuk gunting dan penggaris = Rp 100.000,00
Modal untuk cutter sebanyak 5 buah = Rp 20.000,00
Modal untuk lem tembak dan isinya = Rp  50.000,00+
Total dari modal awal = Rp 170.000,00

2. Biaya penyusutan
=  Rp 170.000,00 – Rp 1.000,00 /4 = Rp 42.250,00 per tahun = Rp 3.520  per bulan

3. Biaya operasional:
Biaya untuk kerajinan gerabah, pita, tinta, dll = Rp 1.500.000,00
Biaya untuk plastik kemasan = Rp 150.000,00
Biaya untuk promosi = Rp 100.000,00
Biaya untuk kartu nama = Rp 50.000,00
Biaya Lain-lain = Rp 100.000,00+
Jumlah dari biaya operasional = Rp 1.900.000,00

4. Pendapatan
Pendapatan setiap Bulan asumsinya adalah rata – rata menerima 2x pesanan / bulan
= 30 kodi x Rp 60.000,00 per kodi x 2  =  Rp 3.600.000,00

5. Keuntungan
Keuntungan per Bulan:
= Rp 3.600.000,00 – Rp 1.900.000,00 = Rp 1.700.000,00

About mr ikbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates