Friday , 24 November 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Prosedur USG dan Manfaatnya

Prosedur USG dan Manfaatnya

Prosedur USG dan Manfaatnya

Prosedur USG dan Manfaatnya

Prosedur USG dan Manfaatnya – USG atau Ultra Sonografi merupakan suatu upaya seorang wanita hamil yang bertujuan untuk mengetahui kondisi struktur pada bagian badan internal yang dapat dilihat pada layar monitor. USG pada kehamilan dapat digunakan untuk mengetahui kondisi perkembangan pada janin serta supaya dapat mengetahui informasi yang baik dan juga non-invasif, tanpa ada rasa sakit, dan juga aman dilakukan. Adapun prosedur USG kehamilan serta manfaatnya, sebagai berikut:1. Trimester pertama (usia kehamilan Minggu 1 sampai minggu ke- 12)
USG pada tahap ini adapun penggunaannya yakni untuk :

a. Untuk mengkonfirmasi kehamilan
USG pada tahap ini agar dapat mengetahui umur kehamilan pada saat mengalami ciri – ciri orang hamil. Dan juga untuk mengetahui perkembangan pada embrio.

b. Untuk memeriksa plasenta, memeriksakan uterus, ovarium, serta leher Rahim
Manfaat USG pada tahap ini agar dapat mengetahui posisi plasenta. Jika mengalami kelainan pada plasenta bisa mengakibatkan terhalangnya jalan lahir.

c. Untuk mengetahui kondisi bayi dalam kandungan
USG pada tahap ini juga bisa mengetahui detak jantung janin.

2. Trimester kedua (usia kehamilan Minggu ke- 12 sampai minggu ke- 24)
USG pada tahap ini dilakukan dengan tujuan untuk:

a. Memeriksa perkembangan bayi di dalam kandungan
USG yang dilakukan pada tahap ini untuk mengetahui kondisi perkembangan struktur pada janin, misalnya perkembangan tulang belakang, pada kaki, otak dan juga organ-organ internal yang lainnya.

b. Mengetahui usia kehamilan serta berat badan bayi
Pada saat wanita hamil melakukan USG, bisa diketahui ukuran badan serta berat badan janin yang ada di dalam kandungan.

c. Untuk mengetahui adanya kelainan pada janin
USG juga bisa digunakan agar dapat mengetahui kondisi kehamilan dari adanya gangguan pada kehamilan. Misalnya kelainan pada struktural ataupun masalah dalam aliran darah terhadap pertumbuhan janin. Kelainan struktural seperti adanya kelainan jantung, adanya hidrosefalus, ataupun jenis kelainan yang lainnya.

d. Untuk Mengetahui masalah selama kehamilan
Selain uraian tersebut, manfaat USG pada kehamilan bisa mendeteksi serta dapat mengetahui karakteristik pada gangguan kehamilan yang lainnya. Misalnya gangguan down sindrom, dan dapat mendiagnosa kondisi pada indung telur atau kondisi rahim, misalnya tumor pada kehamilan.

3. Trimester ketiga (Minggu ke 24 sampai Minggu ke- 40 atau pada kelahiran)
USG ini dengan tujuan sebagai berikut :

a. Untuk Memeriksa pertumbuhan pada bayi
USG pada tahap ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kondisi apakah terdapat kelainan bawaan atau resiko cacat pada saat lahir. Selain itu juga USG bisa mengkonfirmasi adanya kematian pada intrauterin.

b. Memonitor kadar cairan ketuban
Dengan melakukan USG, maka bisa mengetahui jumlah dalam cairan ketuban di dalam rahim. Apabila Jumlah air ketuban yang berlebihan ataupun terlalu sedikit bisa menimbulkan suatu resiko yang berbahaya pada janin di dalam kandungan.
1) Jika cairan ketuban berlebihan (polihidramnion)
Bisa menyebabkan gangguan sesak nafas yang akut pada wanita hamil, dan dapat meningkatkan resiko pada bayi dengan lahir secara premature.
2) Jika cairan ketuban kurang (oligohidramnion)
Bisa menyebabkan kematian pada bayi. Adapun Faktor resiko yang akan mempengaruhi yaitu terdapat kelainan bawaan di saluran kemih, terhambatnya pertumbuhan pada janin dan berat badan janin rendah.c. Dapat Mengetahui jenis kelamin
Dengan melakukan USG pada tahap ini, maka bisa mengetahui jenis kelamin bayi dengan akuransi sekitar 95%.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates