Thursday , 22 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Jenis Kelahiran Bayi Kembar

Seputar Jenis Kelahiran Bayi Kembar

 Seputar Jenis Kelahiran Bayi Kembar

Seputar Jenis Kelahiran Bayi Kembar

Seputar Jenis Kelahiran Bayi Kembar – Bayi dengan lahir kembar banyak menjadi impian pada setiap pasangan. Akan tetapi tidak semua pasangan dapat mempunyai bayi yang kembar dengan demikian akan menempuh jalan misalnya dengan cara bayi tabung. Namun karena kelahiran kembar ini dipengaruhi oleh faktor genetik dengan demikian bayi kembar juga dapat terjadi secara alami pada pasangan tertentu. Kehamilan bayi yang kembar bukan suatu kehamilan yang dapat dijalani dengan mudah. Sebab pada rahim ibu dirancang untuk bayi  yang tunggal atau satu dengan demikian biasanya bayi yang kembar akan lahir secara prematur. Berikut merupakan jenis Bayi kembar sendiri dapat terbagi menjadi beberapa kelompok diantaranya:1. Kembar fraternal
Kembar fraternal adalah jenis kembar yang tidak identik. Kembar fraternal ini akan terjadi pada saat dalam proses kehamilan dimana 2 buah sel telur yang sudah di buahi akan menempel di dinding rahim pada saat yang sama. Maka pada saat ibu melepaskan 2 sel telur yang matang sehingga ke 2 telur ini dapat di buahi oleh 2 jenis sperma yang berbeda. Lalu 2 telur tersebut dapat membentuk 2 buah zigot, dengan demikian jenis kembar fraternal ini juga disebut sebagai kembar dizigotik. Dimana Anak kembar dari fraternal ini akan terlihat seperti saudara kandung serta pada setiap kromosom dalam tubuh akan berbeda. Biasanya dengan kembar frtaernal ini ini akan berjenis kelamin sama atau jenis kelamin berbeda.

2. Bayi kembar identik
Kembar identik artinya bahwa 1 telur di buahi oleh 1 sperma serta kemudian akan membentu 1 buah zigot. Akan tetapi zigot pada akhirnya akan membelah menjadi 2 buah embrio secara terpisah yang sempurna. Ke 2 jenis embrio yang akan dihasilkan dapat berkembang secara sempurna di dalam rahim ibu serta akan berbagi ruangan yang sama.

3. Kembar setengah identic
Kembar setengah identik artinya bahwa kembar akan terjadi pada saat telur sudah terbagi sebelum ia mengalami adanya pembuahan dengan demikian setiap bagian tersebut mempunyai sperma yang terbagi juga.

4. Kembar cermin
Kembar cemin merupakan jenis kembar identik akan tetapi mempunyai fitur secara berlawanan. Untuk setiap bagian akan terlihat dengan bagian kanan dan saudaranya akan meninggalkan pada bagian kiri. Pada Kembar cermin akan terlihat seperti pada kembar refleksi.

5. Kembar monoamniotic
Jenis kembar monoamniotic merupakan jenis kembar dengan berbagi amnion serta plasenta yang sama. Jenis kembar monoamniotic ini akan mengakibatkan komplikasi pada masa kehamilan.  Seperti apabila tali pusar bayi dalam kondisi menjerat aliran nutrisi dan juga oksigen dengan demikian satu bayi akan berkembang sedangkan bayi yang lain tidak berkembang.

6. Kembar parasite
Kembar parasit merupakan jenis kembar yang dapat mengakibatkan 1 bayi gagal untuk berkembang serta kemudian akan menempel dengan satu bayi yang bisa  berkembang. Keadaan seperti ini dapat mengakibatkan gangguan pada bayi yang berhasil untuk hidup. 1 janin yang menempel tersebut dapat menjadi parasit dengan demikian akan mengancam bayi yang lain.

7. Kembar campur kromosom
Kembar campur kromosom ini akan terjadi pada saat 2 buah sel telur yang bertemu dengan 2 buah sel sperma dengan beda sperma akan tetapi akan mengalami campur pada kromosom. Yang pada akhirnya pada setiap bayi akan mempunyai kromosom yang berbeda.8. Superfetasi
Kembar superfetasi akan terjadi pada saat ibu sudah hamil namun ibu terjadi kehamilan yang lainnya. Hal tersebut biasanya jarang terjadi pada manusia dan sering terjadi pada hewan. Jika terjadi pada manusia, dimana Bayi yang lahir secara kembar superfestasi biasanya untuk satu bayi akan dilahirkan secara prematur serta pada organ tubuh misalnya pada paru-paru belum bisa berkembang secara sempurna.

9. Kembar superfekundasi
Kembar superfekundasi ini dapat terjadi pada saat 2 buah sel telur di buahi oleh 2 sel sperma dengan sperma yang berbeda, dengan demikian kembar ini dapat berasal dari 2 ayah yang berbeda.

 

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates