Tuesday , 26 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Mencegah Bayi Lahir Prematur

Tips Mencegah Bayi Lahir Prematur

Tips Mencegah Bayi Lahir Prematur

Tips Mencegah Bayi Lahir Prematur

Tips Mencegah Bayi Lahir Prematur – Kelahiran secara prematur adalah bayi lahir dengan waktu yang belum cukup umur untuk dilahirkan, persalinan preamtur akan terjadi apabila usia kehamilan kurang dari 37 minggu atau baru 38 minggu, dengan demikian akan meningkatkan resiko terhadap kesehatan dan juga keselamatan pada bayi yang dilahirkan secara prematur. Pada saat bayi dilahirkan secara prematur, kemungkinan besar bayi akan mengalami komplikasi khususnya pada bagian pernafasan bayi dengan demikian bayi membutuhkan bantuan secara intrensif agar organ pernafasannya tetap normal.Untuk mencegah bayi lahir dengan prematur maka seorang ibu dapat melakukan hal berikut ini:
1. Menjaga Berat Badan
Wanita hamil dengan berat badan berlebih ataupun yang terlalu kurus akan sangat rentan untuk melahirkan dengan prematur. Dengan demikian menjaga berat badan itu sangat penting terutama bagi ibu hamil.

2. Menjaga Kebersihan
Salah satu faktor penyebab terjadinya kelahiran bayi secara prematur yakni terjadi infeksi yang terdapat di bagian gigi. Gigi dengan kondisi yang berlubang akan menjadi faktor penyebab bayi akan lahir secara prematur. Dengan demikian agar dapat menghindari bayi lahir secara prematur seorang ibu harus tetap menjaga kebersihan pada gigi serta mulutnya.

3. Selalu Sarapan
Terdapat penelitian yang menyimpulkan bahwa seorang ibu hamil yang melewatkan untuk sarapan di pagi haris akan rentan untuk melahirkan bayi secara prematur. Dengan demikian untuk wanita hamil menjaga pola makan yang teratur.

4. Vaksin
Menurunnya imunitas pada ibu hamil dapat menyebabkan anita hamil akan melahirkan secara prematur. Salah satunya yakni terjadi influenza. Influenza akan mengakibatkan imunitas wanita hamil menjadi menurun, apabila kekebalan tubuh ibu hamil menurun maka sistem kekebalan tubuh pada tubuh bayi pun dapat menurun.

5. Pola Hidup Sehat
Cara untuk mencegah agar bayi tidak lahir secara prematur, yakni seorang ibu harus membiasakan pola hidup yang sehat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan pola hidup yang sehat akan membuat kesehatan pada wanita hamil serta janin tetap sehat.

6. Menggunakan Masker
Penggunaan masker ini bertujua untuk menangkal adanya radikal bebas, menangkal virus serta untuk menghindari adanya asap rokok. Sebab perokok pasif juga menyebabkan lahir secara prematur.

7. Banyak Minum Air Putih
Apabila wanita hamil terbiasa mengkonsumsi jenis makanan yang di dalamnya mengandung banyak bahan kimia, untuk menetralkannya dengan mengkonsumsi air putih yang cukup.

8. Periksa Rutin Kehamilan
Agar dapat mencegah bayi yang lahir secara prematur, dengan demikian ibu harus rutin untuk memeriksakan kondisi kehamilannya. Sebab tenaga medis dapat mengetahui tanda bayi akan lahir  secara prematur.

9. Memeriksakan Diri apabila Ada Keluhan
Apabila wanita hamil mengalami suatu keluhan sebelum waktunya control untuk kehamilan, maka wanita hamil harus memeriksakan kondisi kehamilannya. Keluhan tersebut seperti ibu hamil yang mengalami sebagai berikut:
a. nyeri hebat
b. timbul flek bercak darah
c. kontraksi dini
d. air ketuban pecah dini
e. pegal
f. perut mulas, dan lainnya10. Mengkonsumsi Vitamin
Wanita hamil harus selalu rutin dalam mengkonsumsi vitamin pada prenatal yang di berikan dari dokter atau tenaga medis untuk kehamilan. Asupan nutrisi seperti kalsium, asam folat  serta zat besi dapat membantu dalam perkembangan janin.

11. Hindari Aktivitas Berlebihan
Wanita hamil boleh untuk melakukan suatu aktivitas sehari-hari, akan tetapi wanita hamil tidak boleh melaksanakan aktivitas yang beerlebihan sebab dapat berbahaya, sebab akan memicu lahirnya bayi secara prematur.

12. Mengelola Stress
Agar dapat mencegah kelahiran dengan prematur wanita hamil harus dapat mengelola tingkat stressnya.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates