Thursday , 22 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips untuk Mencegah Mata Kuning

Tips untuk Mencegah Mata Kuning

Tips untuk Mencegah Mata Kuning

Tips untuk Mencegah Mata Kuning

Tips untuk Mencegah Mata Kuning

Tips untuk Mencegah Mata Kuning – Mata adalah bagian yang terpenting pada tubuh kita, sebab mata merupakan indra yang berfungsi untuk melihat. Terdapat beberapa macam kelainan pada mata yang akan menggaggu aktivitas yakni kondisi mata juling, mata kuning, mata minus dan lain yang lainnya.  Mata kuning adalah salah satu tanda dari terjadiya penyakit kuning, penyakit kuning atau disebut jaundice merupakan penyakit yang terjadi pda liver. Penyakit kuning dapat dikelompokan menjadi 3 yakni:

1. Pre-hepatic jaundice
Pre-hepatic jaundice merupakan penyakit kuning yang diakibatkan terjadiya peningkatan dalam penghancuran sel – sel darah merah dengan drastis.


2. Hepatic jaundice

Hepatic jaundice merupakan penyakit yang diakibatkan karena terdapat sel sel pada organ hati.

3. Post-hepatic jaundice
Post-hepatic jaundice merupakan penyakit yang diakibatkan terjadinya obstruksi di aliran empedu.Salah satu tanda penyakit kuning yakni terdapat sembrawut ayng berwarna kekuningan di bagian putih pada mata. Berikut merupakan gejala mata kuning diantaranya:
1. Mata akan berubah menjadi warna kuning, terutama di bagian putih pada mata
2. Bagian kuku pada tangan serta kaki akan menjadi kuning
3. Terdapat perubahan warna pada kulit, yaitu akan menjadi lebih kuning
4. Warna pada urin akan berubah menjadi warna kuning gelap
5. Warna pada fases akan berubah menjadi seperti halnya tanah iat
6. Di bagian sendi dan juga perut akan sering terasa nyeri
7. Menurunnya berat badan
8. Menurunnya Nafsu makan
9. Semangat menurun
10. Timbulnya rasa gatal pada kulit
11. Demam

Berikut merupakan pengobatan secara tradisional untuk menyembuhkan penyakit kuning, diantaranya:
1. Buah mengkudu
2. Bangle
3. Temu lawak
4. Air kelapa muda
5. Madu
6. Daun kelor
7. Daun pare
8. Daun keji beling

Berikut merupakan faktor penyebab mata berwarna kuning diataranya:

1. Kelainan Darah
Mengalami kelainan pada sel – sel darah merah. Adanya penghancuran sel – sel darah merah dapat disebabkan akibat kelainan di dalam darah yang dapat diakibatkan karena ketidak cocokan pada saat transfusi darah ataupun akibat obat tertentu.

2. Gejala Seriosis Hati
Serosis hati merupakan teradinya kerusakan pada jaringan parut di organ hati yang diakibatkan karena terjadi kerusakan hati dengan jangka waktu yang panjang.

3. Kanker Pankreas
Kangker pankreas bisa mengakibatkan saluran empedu serta saluran pankreas yang bersama mengalir ke bagian usus kecil terhambat. Apabila saluran pankreas dalam kondisi terhambat dapat mengakibatkan empedu tidak dapat dialirkan secara baik dengan demikian akan terjadi penyakit kuning.

4. Gejala Batu Empedu
kantung empedu mempunyai fungsi dalam melepaskan empedu untuk membantu tubuh agar menjadi lemak. Apabila mengalami sumbatan yang diakibatkan batu empedu maka dapat mengakibatkan penyakit kuning.

5. Mata terlalu lelah
Salah satu faktor penyebab mata berwarna kuning yakni akibat mata yang terlalu lelah, dimana mata yang terlalu lelah dapat diakibatkan karena banyaknya kegiatan seperti berada di depan layar tv, laptop, komputer, dan lainnya tanpa melakukan istirahat, dengan demikian akan membuat mata lelah.

6. Kurang tidur
kurang tidur adalah salah satu faktor penyebab mata berwarna kuning, kurang tidur adalah dampak dari kondisi insomnia atau sebagai akibat seseorang bergadang.

7. Adanya sumbatan pada empedu
Kondisi Mata kuning menjadi salah satu gejala terjadi masalah di bagian fungsi hati ataupun empedu. Atau mengalami indikasi adanya tumor di bagian pankreas. Mulanya gejala ini dapat di tandai dengan adanya mata yang berubah menjadi berwarna kuning, mudah elah, mual dan juga kurangnya nafsu makan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates