Friday , 24 November 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Cara Menghindari Kelelahan Menjelang Persalinan

Cara Menghindari Kelelahan Menjelang Persalinan

Cara Menghindari Kelelahan Menjelang Persalinan

Cara Menghindari Kelelahan Menjelang Persalinan

Cara Menghindari Kelelahan Menjelang Persalinan

Cara Menghindari Kelelahan Menjelang Persalinan – Saat ini usia kehamilan anda memasuki trimester ketiga, ini berarti beberapa hari bahkan mungkin dalam hitungan jam anda akan memasuki proses persalinan. Terdapat banyak hal yang bisa membuat anda berdebar-debar dan tak sabar menunggu kehadiran bayi, rasa khawatir serta bahagia akan semakin bersatu. Usahakanlah anda untuk bisa mengelola mental anda saat menjelang proses persalinan. Disamping mengelola mental menjelang persalinan, terdapat beberapa hal harus anda pertimbangkan yang salah satunya ialah mengelola diri anda supaya tidak terjadi kelelahan saat hari persalinan anda. Ibu hamil yang mulai memasuki trimester ketiga, tepatnya pada usia kehamilan menjelang persalinan akan mengalami kelelahan walaupun hanya melakukan aktivitas ringan di rumah saja. Hal ini berkaitan dengan beban tubuh yang dialami oleh ibu hamil di usia kehamilan akhir mencapai kisaran 10 hingga 15 kg. Meskipun kelelahan sudah biasa terjadi pada ibu hamil, namun ada baiknya bila anda memiliki beberapa cara untuk mengatasi hal ini sehingga kelelahan tidak akan menjadi factor pengganggu bagi anda secara berlarut – larut.

Berikut merupakan tips yang bisa anda lakukan guna mengatasi kelelahan yang terjadi menjelang proses persalinan :

1. Mengatur jam istirahat dan tidur
Detik – detik menjelang proses persalinan normal, ada baiknya jika anda mulai untuk mengatur jadwal istirahat anda, apalagi istirahat malam guna mengembalikan kebugaran tubuh di pagi hari. Untuk anda yang sering tidur larut malam disebabkan oleh pekerjaan yang belum selesai, sebaiknya selama kehamilan hindari hal seperti itu apalagi ketika memasuki kehamilan akhir. Anda bisa menggunakan waktu istirahat di malam hari secara maksimal pada pukul 10 malam.

2. Melakukan latihan khusus bagi ibu hamil
Walaupun anda sedang kelelahan tidak berarti anda mengabaikan waktu olahraga anda. Anda bisa mengurangi perasaan lelah pada usia kehamilan trimester akhir dengan cara melakukan latihan khusus untuk ibu hamil seperti yoga / dengan jalan kaki sekitar 20 menit di pagi hari, hal ini terbukti bisa membantu anda dalam menyeimbangkan tubuh serta menambah energi.

3. Cukupi kebutuhan cairan tubuh
Saat anda sedang hamil, anda membutuhkan vitamin serta mineral yang jauh lebih tinggi dari keadaan wanita yang sedang tidak hamil. DIsamping untuk mencukupi kebutuhan perkembangan kesehatan janin, vitamin serta mineral bisa bermanfaat bagi anda dalam mengusir kelelahan. Sangat dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan cairan anda untuk menjaga tubuh tetap bugar serta kesehatan pencernaan yang lancar bagi ibu hamil.

4. Makanan yang bermanfaat untuk mengatasi kelelahan
Makanan yang terlalu banyak mengandung gula buatan sangat tidak baik bagi kesehatan anda serta janin, sehingga anda bisa memilih beberapa makanan yang diperkaya kandungan gula alami. Salah satunya ialah buah – buahan yang menyajikan kandungan gula alami yang bisa membuat anda sehat, pilih juga buah – buahan yang mempunyai kandungan air tinggi seperti semangka, jeruk, serta melon yang sangat menyegarkan. Disamping itu kentang kukus bisa membantu anda dalam mengusir kelelahan menjelang persalinan.

5. Waktu untuk istirahat pada siang hari
Anda bisa memanfaatkan cuti hamil anda menjelang persalinan untuk beristirahat pada siang hari. Walaupun demikian, anda tidak perlu memaksakan diri untuk tidur siang, anda cukup untuk melakukan relaksasi dengan berbaring serta mata terpejam di atas tempat tidur anda kurang lebih 20 menit.

6. Mengurangi ketakutan dalam menghadapi persalinan
Bukan saja kelelahan secara fisik, kelelahan secara emosional bisa terjadi pada anda. Salah satunya ialah kecemasan yang berlebihan dalam mempersiapkan persalinan. Ada baiknya jika anda meminta bantuan orang terdekat termasuk keluarga dalam meminta dukungan untuk menghadapi persalinan anda. Dengan kenyamanan yang diberikan oleh keluarga, yang paling penting suami anda, bisa mengurangi ketakutan yang bisa menyebabkan rasa lelah secara emosional.

Demikian beberapa cara yang bisa anda praktekkan untuk menghindari rasa kelelahan menjelang persalinan. Dengan perasaan yang lebih rileks, anda bisa lebih mengontrol emosi serta tenaga anda yang nantinya akan sangat dibutuhkan saat proses persalinan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda, para ibu hamil yang sebentar lagi akan memasuki proses persalinan. Semoga lancar.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates