Thursday , 22 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Dampak Lokasi Kantor Terlalu Jauh Terhadap Kesehatan

Dampak Lokasi Kantor Terlalu Jauh Terhadap Kesehatan

Dampak Lokasi Kantor Terlalu Jauh Terhadap Kesehatan

Dampak Lokasi Kantor Terlalu Jauh Terhadap Kesehatan

Dampak Lokasi Kantor Terlalu Jauh Terhadap Kesehatan

Dampak Lokasi Kantor Terlalu Jauh Terhadap Kesehatan – Perjalanan panjang ke kantor bukan merupakan saat-saat favorit bagi hampir semua orang. Bahkan ternyata lokasi kantor yang jauh dapat berdampak lebih dari hanya waktu yag terbuang. Waktu yang dihabiskan di perjalanan diketahui dapat merusak kesehatan fisik bahkan mental. Berikut ini adalah beberapa dampak buruk perjalanan ke kantor yang jauh baik dengan kendaraan pribadi, kereta, maupun bus kota pada kesehatan.

1. Peningkatan gula darah
Mengendarai maupun menumpang kendaraah lebih dari 16 km tiap harinya, ternyata terkait dengan kadar gula darah yang tinggi. Kadar gula darah yang tinggi ini dapat mengakibatkan berbagai penyakit, terutama diabetes.

2. Kurang tidur
Orang yang membutuhkan waktu lebih dari 45 menit untuk perjalanan tempat kerja tiap harinya diketahui memiliki kualitas tidur yang lebih jelek dan tingkat kelelahan yang cenderung tinggi dibandingkan dengan orang yang membutuhkan waktu perjalanan yang lebih singkat.

3. Peningkatan berat badan
Jarak tempuh perjalanan yang dilalui untuk ke kantor setiap hari berkorelasi positif atau sebanding dengan resiko peningkatan berat badan. Hal ini disebabkan perjalanan yang panjang memaksa orang untuk berangkat sangat pagi dan seringkali melewatkan waktu sarapan. Akibatnya akan lebih sering membeli dan mengonsumsi makanan cepat saji yang kalorinya tinggi. Selain itu, duduk di kendaraan dalam waktu yang lama membuat tubuh tidak melakukan aktivitas fisik sehingga membuat berat badan naik.

4. Kenaikan tekanan darah
Perjalanan panjang terutama pada jam sibuk dan kekhawatiran akan terlambat dapat berdampak serius pada stress sehingga meningkatkan tekanan darah. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya berangkat satu jam sebelum jam sibuk untuk menyediakan waktu lebih sehingga kecemasan akan berkurang.

5. Sakit pada leher dan punggung
Sekitar 30% dari orang yang memerlukan lebih dari 90 menit untuk sampai ke kantor mengalami sakit pada leher dan punggung yang sulit disembuhkan. Akan tetapi, hanya sedikit sekali dari orang yang perjalanan ke kantornya hanya sekitar 10 menit yang bermasalah dengan sakit nyeri di punggung. Jumlah waktu ekstra yang digunakan duduk di kursi maupun berdiri di kendaraan berperan besar pada akumulasi masalah ini. Solusinya adalah dengan mengusahakan selalu duduk tegak dengan posisi tulang punggung yang benar dan kepala yang tegak. Postur tubuh yang baik dapat mengurangi resiko sakit pada otot.

6. Beresiko depresi
Orang-orang yang mengendarai kendaraan atau menggunakan angkutan umum diketahui tidak dapat menikmati kegiatan sehari-hari dan lebih sulit berkonsentrasi dibanding pejalan kaki atau pengendara sepeda. Namun ternyata pengendara mobil pribadi untuk berangkat ke kantor memiliki kesehatan mental yang kurang baik disebabkan menghabiskan banyak waktu di belakang kemudi. Sementara itu para pejalan kaki justru lebih merasa bahagia walaupun perjalanannya jauh. Hal tersebut dapat disebabkan orang-orang yang berkendara dan menghadapi kemacetan cenderung lebih beresiko terhadap stress, cemas, dan rasa terisolasi secara sosial daripada orang-orang yag tidak memerlukan waktu yang lama untuk ke kantor. Untuk mengatasi ini, mungkin dapat menghilangkan waktu perjalanan yang lama dengan mengobrol dengan teman seperjalanan yang dapat juga meningkatkan rasa sosial, atau dengan mendengarkan lagu. Tentu saja berkomunikasi dengan orang lain lebih baik daripada menutup diri.

7. Terpaparan polusi
Perjalanan yang jauh ke kantor terutama dengan udara terbuka dapat meningkatkan paparan polusi dari kendaraan di jalan maupun sumber lain selama di perjalanan. Namun dengan menggunakan kendaraan yang tertutup dan menggunakan AC dan mengemudi lebih lambat dapat mengurangi dampak tersebut walaupun tidak sebanyak jika dibandingkan dengan mengurangi waktu mengemudi atau jarak tempuh. Hal tersebut juga berlaku bagi pengendara sepeda, karena terpapar udara bebas. Akan tetapi bersepeda dapat meningkatkan fungsi kinerja jantung yang manfaatnya lebih besar daripada resiko paparan polusi udara.
Demikianlah paparan mengenai perjalanan kantor yang jauh dapat berdampak terhadap kesehatan. Sebaiknya memilih tempat tinggal yang tidak terlalu jauh dari tempat kerja, tetapi tidak ada salahnya juga untuk mencoba mengatasi resiko tersebut. Jangan mengorbankan kesehatan demi pekerjaan atau uang, karena saat kesehatan memburuk, uang tidak ada artinya.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates