Monday , 25 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Istirahat dapat Hindari Persalinan Caesar

Istirahat dapat Hindari Persalinan Caesar

Istirahat dapat Hindari Persalinan Caesar

Istirahat dapat Hindari Persalinan Caesar

Istirahat dapat Hindari Persalinan Caesar

Istirahat dapat Hindari Persalinan Caesar – Banyak sekali ibu yang sedang hamil mengalami kesulitan untuk tidur atau insomnia. Salah satu penyebabnya adalah sering merasakan mual sampai muntah pada trimester 1 serta pernafasan terasa agak sesak yang disebabkan oleh perut yang semakin hari semakin besar saat kehamilan memasuki trimester akhir. Walaupuni hal tersebut masih tergolong normal, akan tetapi jangan biarkan hal ini menjadi suatu kebiasaan. Kurang tidur ketika hamil beresiko untuk mengalami preeklampsia atau keracunan kehamilan, yakni ini merupakan suatu kondisi dimana meningkatnya tekanan darah saat menjalani kehamilan. Disamping itu hal ini bisa menyebabkan bayi terlahir prematur.

Untuk ibu hamil yang hanya bisa tidur kurang dari 6 jam pada setiap malam harinya saat masa trimester yang pertama ini yaitu kehamilan mempunyai tekanan darah dengan batas atas (sistolik) yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan ibu hamil yang memiliki pola tidur setiap harinya lebih dari 7 jam. Akibat dari kurangnya tidur seperti itu memiliki resiko untuk mengalami peeklampsia anda menjadi meningkat lebih tinggi. Kebutuhan istirahat bagi ibu yang sedang hamil amatlah penting, akan tetapi hal ini sangat sulit sekali untuk diaplikasikan. Padahal istirahat mempunyai fungsi untuk kesehatan anda serta janin anda :

1. Meregenerasi sel-sel yang ada di dalam tubuh yang telah rusak berubah menjadi kembali baru.
2. Memperlancar kembali produksi hormon yang baik untuk pertumbuhan tubuh.
3. Istirahatkan kondisi tubuh anda yang sudah merasa lelah setelah seharian beraktifitas.
4. Meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh untuk menghindari berbagai serangan penyakit
5. Mampu menambah konsentrasi dan kemampuan fisik ibu hamil.
Ketika sedang hamil tubuh anda amat membutuhkan banyak tenaga. Sebaiknya anda tidak memaksakan diri untuk melakukan kegiatan yang berat jika tubuh anda mulai merasa lelah. Tidurlah sebentar dengan rileks / anda bisa duduk dengan santai di atas sofa yang empuk agar aliran darah di dalam tubuh anda berjalan dengan lancar. Saat anda duduk sebaiknya anda menambahkan bantal yang diletakkan tepat di punggung anda lalu usahakan kaki anda untuk tidak menggantung. Disamping itu penuhi pula kebutuhan tidur malam anda selama 7 jam sampai 9 jam pada malam hari guna mengistirahatkan tubuh anda yang sudah melakukan aktivitas selama seharian full. Disamping itu tidur yang cukup pada malam hari bisa membuat kondisi tubuh anda berubah menjadi lebih segar saat bangun di pagi hari. Pada prinsipnya bila kebutuhan tidur malam anda terpenuhi, maka keesokan harinya akan terasa sangat sehat dan juga siap menjalani rutinitas setiap harinya.
Disamping itu, tidur pun sangat disarankan untuk wanita yang sedang hamil, atau anda bisa melakukan istirahat beberapa kali pada siang hari sebab cuaca yang panas akan membuat tubuh terasa lebih baik jika banyak beristirahat. Perubahan pada tubuh di trimester akhir kehamilan bisa menyebabkan anda kesulitan tidur. Pada saat anda tidak dapat pergi tidur / merasa sangat gelisah ketika berada di atas tempat tidur, anda bisa mencoba beberapa cara yang mudah ini :

1. Apabila perlu mandilah menggunakan air hangat saat akan pergi tidur. Hal ini bisa membantu merilekskan otot pada tubuh anda.
2. Cobalah untuk meminum susu / minuman hangat lainnya.
3. Ada baiknya jika anda tidak berbaring dengan posisi terlentang. Anda bisa tidur dengan menghadap ke samping kiri maupun kanan / posisi yang di rasa oleh anda cukup nyaman.
4. Apabila anda mengalami kesulitan untuk bisa segera tidur, ada baiknya jika anda pergi ke kamar anda di waktu yang lebih awal. Sebelumnya anda bisa melakukan kegiatan lainnya seperti membaca buku / melakukan kegiatan yang bisa membuat tubuh anda menjadi lebih rileks dan hal ini dapat membantu anda untuk bisa tidur dengan nyenyak di malam hari.

Demikian beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi insomnia atau kesulitan tidur saat kehamilan memasuki usia di trimester akhir. Dengan istirahat yang cukup, kondisi tubuh anda akan lebih sehat dan segar, ini bisa membantu anda untuk menghindari operasi Caesar. Semoga bermanfaat.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates