Monday , 11 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Kebiasaan-Kebiasaan yang Dapat Mencegah Jerawat

Kebiasaan-Kebiasaan yang Dapat Mencegah Jerawat

Kebiasaan-Kebiasaan yang Dapat Mencegah Jerawat

Kebiasaan-Kebiasaan yang Dapat Mencegah Jerawat

Kebiasaan-Kebiasaan yang Dapat Mencegah Jerawat

Kebiasaan-Kebiasaan yang Dapat Mencegah Jerawat – Kulit yang berminyak lebih cenderung untuk berjerawat. Hal ini disebabkan kadar minyak pada kulit yang cukup tinggi membuat sel-sel kulit cepat mati, dan juga mempermudah debu dan kuman mengendap. Apalagi lagi jika cara yang digunakan untuk membersihkan wajah kurang benar, dapat memperbesar peluang untuk bakteri berkembang biak makin subur. Terdapat banyak cara yang dapat Anda lakukan guna mencegah munculnya jerawat. Mulai dari perawatan langsung ke dokter kulit yang harganya mahal hingga hal tidak biasa yang belum pasti dapat terbukti secara klinis dapat mencegah datangnya jerawat. Daripada melakukan sesuatu yang sulit, beberapa kebiasaan sederhana berikut dapat dilakukan untuk mencegah jerawat.

1. Membersihkan wajah secara seksama
Sampai sekarang, banyak orang yang takut memakai riasan wajah karena takut akan berjerawat. Padahal penyebab utama munculnya jerawat bukanlah riasan atau make up namun wajah yang tidak bersih. Pembersihan wajah yang tidak baik menyisakan kotoran yang tentunya menimbulkan jerawat. Dengan melakukan double cleansing yakni membersihkan wajah dengan cleanser terebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan sabun pencuci muka, pada setiap hari dapat mencegah jerawat dengan efektif. Hal ini harus dilakukan agar sisa-sisa riasan wajah yang sudah tercampur dengan kotoran tidak mengendap di dalam pori-pori wajah.

2. Mengatur pola makan
Produksi minyak di kulit yang berlebih dapat dikurangi dengan menghindari untuk mengonsumsi gula atau gorengan terlalu banyak. Produksi minyak yang terlalu banyak di kulit dapat memicu kemunculan jerawat lebih mudah. Selain baik untuk kesehatan tubuh, pola makan berdampak lebih jauh pada kesehatan kulit.

3. Memerhatikan kandungan pada produk perawatan wajah
Mayoritas masyarakat sangat menyukai trend atau mode mengenai perawatan wajah. Namun jenis kulit tiap orang berbeda-beda sehingga sebaiknya mengenali terlebih dahulu jenis kulit masing-masing. Hal ini diperlukan karena jenis kulit yang berbeda menggunakan riasan dan perawatan yang berbeda pula. Selain itu, memeriksa dan memastikan tanggal kadaluarsa produk sangat penting serta harus disimpan dengan baik agar tidak terkontaminasi kotoran, bakteri atau semacamnya.

4. Istirahat yang cukup dan menghindari stress
Peningkatan kadar minyak di kulit disebabkan hormon glukokortikoid yang disebabkan terutama oleh tingginya tingkat stres serta tidur kurang berkualitas. Dengan istirahat dan tidur yang cukup dapat juga membantu memperbaiki kondisi kulit. Selain itu juga menghindarkan resiko terbentuknya kerutan di wajah sebelum waktunya dan mengurangi lingkaran warna hitam di bawah mata.

5. Rutin berolahraga
Gerakan tubuh yang dilakukan saat berolahraga membantu otot dan kulit untuk bergerak dan menjadi elastis. Jika anda melakukan olahraga, dapat digantikan dengan olahraga ringan yang rutin setiap hari untuk membiasakan tubuh bergerak. Alternatif lain dapat dilakukan dengan mengikuti video tutorial olahraga. Sel-sel kulit dapat melakukan regenerasi yang lebih baik dan cepat serta kulit akan menjadi lebih sehat bila Anda rajin berolahraga.

6. Menjaga kebersihan rambut, sarung bantal dan handphone
Kebersihan rambut tentunya penting bagi kesehatan dan penampilan. Apabila rambut sering mengenai wajah, kebersihan wajah dapat dipengaruhi oleh kebersihan rambut pula. Rambut dibersihkan dengan keramas secara rutin. Namun keramas saja tidaklah cukup, pastikan juga tiap keramas, rambut dibilas sampai bersih. Residu atau sisa-sisa sampo dan perawatan rambut lain yang tertinggal di ujung rambut dapat menyebabkan munculnya jerawat kecil.
Mungkin tidak banyak yang menyadari bahwa handphone terutama layarnya adalah salah satu benda paling kotor, karena terkena berbagai macam kotoran dari wajah maupun jari tangan serta dari debu. Kotoran ini dapat menempel balik pada wajah dan menyebabkan jerawat. Dengan membersihkan layar handphone tentunya memperkecil resiko munculnya jerawat.
Kamar tidur merupakan tempat kita pulang dan beristirahat setiap hari, mungkin tanpa kita sadari banyak debu kotoran maupun kutu kasur yang hinggap. Semua kotoran yang menumpuk tersebut dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti penyakit kulit dan kepala terutama dari sarung bantal. Sebaiknya menjadwalkan pembersihan kamar tidur, kasur dan sarung bantal agar tetap bersih.
Kebiasaan hidup bersih tidak hanya untuk penampilan, tetapi juga kesehatan.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates