Thursday , 29 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Dampak Merokok Terhadap Kesehatan Jantung

Ketahui Dampak Merokok Terhadap Kesehatan Jantung

Ketahui Dampak Merokok Terhadap Kesehatan Jantung

Ketahui Dampak Merokok Terhadap Kesehatan Jantung

Ketahui Dampak Merokok Terhadap Kesehatan Jantung

Ketahui Dampak Merokok Terhadap Kesehatan Jantung – Terdapat banyak kandungan rokok yang dapat membahayakan kesehatan perokok aktif maupun perokok pasif atau orang yang ada di sekeliling orang yang sedang merokok. Namun bahaya merokok tidak dihiraukan lagi oleh para perokoknya sehingga membuat para perokok untuk terus melanjutkan kebiasaannya dalam merokok. Asap yang dihembuskan dari seorang perokok dapat dibagi menjadi 2, yaitu asap utama serta asap samping. Asap utama adalah asam rokok tembakau yang dihisap sendiri oleh perokoknya, sedangkan pada asap yang ke dua merupakan asap tembakau lalu asap dapat disebarkan ke udara bebas dan akan dihirup oleh orang-orang di sekelilingnya.

Dari 4.000 macam bahan kimia yang terdapat dalam kandungan rokok, 40 diantaranya bersifat sebagai karsinogenik atau sebagai penyebab kanker. Dimana zat yang bersifat karsinogenik ini akan banyak dihirup oleh orang lain yang bukan perokok. Berikut merupakan bahaya kandungan rokok untuk kesehatan jantung manusia diantaranya:

1. Menimbulkan Kerusakan Jantung
Kandungan dalam rokok akan berpengaruh terhadap kondisi kesehatan tubuh pada pemakainya terutama pada organ jantung dan juga paru-paru. Sudah banyak promosi yang dilakukan bahwa dengan kebiasaan merokok adalah salah satu cara dalam mengundang kematian secara dini. Promosi dilakukan bukan hanya pada media elektronik, akan tetapi juga terdapat di berbagai media cetak, bahkan pada sampul  rokok terdapat tanda bahaya dampak merokok serta dampak yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan merokok. Hal tersebut dilakukan karena dalam rokok mengandung berbagai zat yang dapat merusak bagian organ tubuh pada manusia. Memang kerusakan yang terjadi tidak bisa dilihat secara fisik, akan tetapi apabila dilihat dengan menggunakan suatu alat medis, maka bisa ditemukan kerusakan yang terjadi di bagian organ tubuh manusia.

Pada Organ orang dengan perokok aktif, dimana kondisi jantung serta paru-paru dapat menunjukan warna yang lebih gelap serta kotor dibandingkan pada organ manusia yang tidak merokok. Dengan menggunakan alat medis bisa diketahui bahwa pada organ perokok akan tampak dengan warna lebih gelap seperti halnya terbakar api sampai gosong. Dengan demikian dapat diketahui secara jelas bahwa dengan merokok bisa merusak bagian organ tubuh pada manusia terutama jantung. Asap rokok yang akan masuk ke bagian dalam tubuh dapat merusak pembuluh darah pada jantung dengan demikian jantung tidak akan menjalankan fungsinya secara normal.

2. Penyempitan Pembuluh Darah Jantung
Adanya penyakit yang parah hanya ditimbulkan akibat dari kebiasaan merokok dimana dapat mengakibatkan kerusakan pada arteri jantung karena terjadi penyempitan pada arteri. Dampaknya akan terjadi kekurangan oksigen di bagian organ jantung karena aliran darah yang membawa oksigen akan terganggu. Jantung adalah pusat kehidupan pada manusia. Dampaknya detak jantung akan melemah bahkan akan terhenti. Apabila jantung perokok sudah tidak berdenyut, dengan demikian matilah manusia tersebut. Akan tetapi apabila jantung masih bisa berfungsi meskipun tidak semestinya maka hidup manusia pun akan tidak normal.

3. Penyakit Jantung Koroner
Akibat kebiasaan merokok sudah terbukti menjadi salah satu kebiasaan untuk mengundang berbagai penyakit. Hal tersebut terjadi karena salah satu dampak merokok yakni dapat mengakibatkan terjadinya serangan jantung koroner dimana pada kondisi ini merupakan penyebab kematian di Indonesia. Pada seorang perokok akan beresiko dua sampai empat kali lipat lebih besar untuk terkena penyakit jantung koroner dibandingkan orang lain yang tidak merokok. Resiko terjadinya jantung koroner akan semakin meningkat sehubungan dengan bertambahnya usia serta jumlah rokok yang di hisap.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates