Thursday , 27 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Seputar Zat Berbahaya dalam Rokok

Ketahui Seputar Zat Berbahaya dalam Rokok

Ketahui Seputar Zat Berbahaya dalam Rokok

Ketahui Seputar Zat Berbahaya dalam Rokok

Ketahui Seputar Zat Berbahaya dalam Rokok

Ketahui Seputar Zat Berbahaya dalam Rokok – Bahaya yang dapat ditimbulkan akibat seseorang mempunyai kebiasaan merokok, sebagai suatu reaksi karena adanya suatu zat yang terdapat dalam kandungan rokok. Bahaya yang terjadi dapat timbul dengan sangat komplek yang akan berdampak pada kematian dini. Dimana jika seseorang merokok akan merasakan kenikmatan sehingga akan sulit untuk menghentikannya dibalik rokok ini dapat menimbulkan ketergantungan. Berikut merupakan zat atau kandungan yang berbahaya yang ada dalam rokok, yang dapat mengganggu kesehatan penggunanya:1. Nikotin
Nikotin merupakan kandungan pertama yang akan ditemui pada roko serta zat ini yang paling berbahaya. Kandungan nikotin yang terdapat dalam rokok berasal dari  tumbuhan tembakau, dimana tembakau ini merupakan bahan baku untuk membuat rokok. Kandungan Nikotin dalam rokok ini sangat berbahaya serta merupakan salah satu faktor penyebab untuk terjadinya kanker dan akan merusak struktur pada DNA.

2. Benzene
Benzene merupakan bahan petrokimia yang biasanya dapat di gunakan sebagai bahan untuk men-dry clean pada pakaian. Adanya kandungan benzene dalam rokok bersifat karsinogen yang kemudian bisa mengakibatkan kanker darah.

3. Arsenik
Arsenik adalah jenis logam yang bisa dengan mudah untuk meracuni darah. Kasus yang sering terjadi sebagai akibat keracunan logam arsenik yakni banyak yang meninggal akibat keracunan logam tersebut. Akibat akumulasi logam arsenik yang terdapat di dalam tubuh, dengan demikian kemampuan sel dlam memperbaharui dirinya akan menjadi terganggu.

4. Tar
Tar adalah zat yang bersifat karsinogenik atau yang akan mengakibatkan terjadinya kanker serta dapat terjadi pada saat rokok mulai dibakar. Tar ini dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit, misalnya impotensi, kanker, penyakit jantung, penyakit darah, bronkitis, enfisema, dan pada wanita yang sedang hamil bisa mengganggu kehamilan dan janinnya.

5. Aseton
Aseton merupakan bahan kimia yang ada dalam cairan untuk menghilangkan cat kuku. Aseton yang terhirup dengan melalui udara dapat bersemayam di dalam paru- paru.

6. Karbonmonoksida
5% asap rokok mengandung karbonmonoksida atau disebut CO. karbonmonoksida adalah jenis gas beracun yang dapat menempel dalam sel darah merah dan juga bisa mengganggu pada proses pengangkutan oksigen di dalam darah serta menyebabkan kerusakan di organ paru – paru dan akan beresiko untuk terkena suatu penyakit yakni jantung koroner.

7. Amonia
Amonia merupakan zat yang akan membuat kepala perokok menyebabkan menjadi pusing, akan tetapi sekaligus mengakibatkan kecanduan merokok.

8. Kadminum
Kadmium merupakan salah satu logam yang dapat digunakan dalam membuat baterai. Bagi perokok, kadminum dapat mengendap serta tersimpan pada lapisan ginjal dengan demikian menyebabkan kerusakan ginjal.

9. Nitrogen Oksida
Nitrogen oksida adalah zat yang banyak diperoleh dari asap rokok serta dapat juga ada dalam asap polusi dari kendaraan – kendaraan serta dapat dihasilkan dari pabrik. Nitrogen oksida mengakibatkan radang paru – paru.10. Kromium
Kromium merupakan jenis logam yang terbukti dapat menyebabkan kanker. Sebab kromium bisa menempel dalam DNA serta dapat merusak DNA tersebut.

11. Naftalena
Naftalena merupakan zat yang terdapat dalam kapur barus sebagai pengusir serangga dan juga tikus. Dalam rokok mengandung naftalena yang biasa digunakan untuk bahan kapur barus.

12. Hidrogen Sianida
Sianida bersifat racun yang jika dikombinasikan dengan hidrogen, dapat merusak silis pada saluran bronkial serta paru- paru.

13. Timbal
Timbal adalah logam yang mempunyai sifat karsinogen. Kenaikan kadar timbal dalam darah bisa menyebabkan keracunan yang berdampak kematian.

14. Kumarin
Kumarin adalah zat adiktif yang dilarang penggunannya sebab sangat membahayakan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates