Saturday , 29 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Mengetahui Penyebab dan Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan

Mengetahui Penyebab dan Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan

Mengetahui Penyebab dan Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan

Mengetahui Penyebab dan Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan

Mengetahui Penyebab dan Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan

Mengetahui Penyebab dan Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan – Mabuk perjalanan bukanlah suatu hal asing yang dirasakan tubuh terutama bagi yang sudah merasakan perjalanan dengan jarak tempuh jauh dengan menggunakan kendaraan. Saat berpergian dengan mobil, pesawat, maupun kapal laut seringkali rasanya lemas, ingin muntah, dan pusing tanpa sebab. Mengapa tubuh dapat bereaksi seperti itu selama perjalanan? Apakah ada cara untuk mencegahnya agar tidak mabuk dalam perjalanan? Berikut adalah penyebab dan cara mencegah mabuk perjalanan.

Penyebab mabuk perjalanan dari fisik
Mabuk perjalanan dapat dialami oleh siapapun saat berpergian ke suatu tempat, sering kali oleh ibu hamil dan anak-anak. Bagi orang-orang yang melakukan perjalanan dengan mobil, pesawat atau kapal laut, perasaan mual dan pusing ini sering disebut sebagai motion sickness atau penyakit akibat oleh gerakan.
Koordinasi tubuh menggunakan sinyal campuran yang dikirim ke otak oleh mata dan telinga bagian dalam. Namun saat dalam perjalanan, kita berada di kendaraan yang sedang melaju, sehingga tubuh Anda pastinya berada dalam posisi duduk atau diam di tempat, tetapi mata dan telinga melihat ke sekitar selama dalam perjalanan. Akibatnya terjadi miskoordinasi sensor karena penglihatan dan pendengaran Anda bergerak, tetapi tubuh Anda nyatanya cuma diam. Karena tubuh tidak terbiasa dengan hal ini, otak mengirimkan sinyal ke tubuh. Bagian otak yaitu thalamus akan mencari informasi ada kesalahan apa dari tubuh. Biasanya otak menyimpulkan bahwa tubuh Anda keracunan. Akibatnya otak Anda akan bereaksi untuk mengeluarkan racun dalam tubuh dengan cara memuntahkannya atau dengan mengirim reaksi mual dan pusing.

Penyebab mabuk perjalanan dari kendaraan
Mabuk perjalanan ini juga disebabkan atau bahkan diperparah oleh bau-bauan tajam, tidak sedap dan tidak mengenakkan seperti asap rokok atau malah pewangi kendaraan. Karena selama perjalanan tidak dapat bergerak atau menghindar, maka tubuh yang terpapar bau-bauan tersebut hanya dapat bereaksi menolak. Tubuh bereaksi biasanya dengan memunculkan rasa pusing dan mual.

Rendahnya kadar oksigen serta tingginya kadar karbon dioksida dalam kendaraan serta sistem suspensi kendaraan yang kurang baik dan jalanan yang tidak rata dapat menjadi pengaruh terhadap pemicu mabuk perjalanan yang Anda yang alami. Faktor resiko lain yang membuat Anda terkena mabuk perjalanan dapat disebabkan oleh rasa cemas dan takut selama perjalanan. Ventilasi perjalanan yang kurang baik dan bahkan ketidakmampuan untuk melihat kondisi di luar jendela kendaraan yang Anda tumpangi dapat membuat rasa cemas berlebihan.

Tips untuk mengatasi mabuk perjalanan

1. Makan sebelum melakukan perjalanan
Rasa mual selama perjalanan ternyata juga disebabkan perut yang kosong. Asam lambung dalam perut akan naik ke atas sehingga menyebabkan rasa mual. Terlebih lagi jika sebelumnya Anda memang memiliki riwayat kesehatan lambung yang tidak baik, resikonya akan semakin besar. Oleh sebab itu usahakan agar makan pada 60-90 menit sebelum perjalanan. Hindari mengonsumsi makanan pedas, makanan berminyak, dan minuman bersoda yang dapat memperparah rasa mual dan pusing di perjalanan

2. Minum obat anti mabuk perjalanan
Paling aman dan sederhana untuk dilakukan, dengan minum obat anti mabuk biasanya akan menimbulkan rasa kantuk yang besar. Secara otomatis mata dan telinga Anda akan menghentikan sensornya sehingga dapat menghindari rasa mual di perjalanan.

3. Menghindari membaca dan main gadget
Main gadget atau membaca buku dalam perjalanan dapat membuat otak, mata dan telinga Anda kacau dalam menerima informasi. Melakukan kegiatan tersebut selama perjalananhanya akan meningkatkan resiko mabuk perjalanan. Hindari melakukan hal tersebut dan istirahatkan tubuh Anda. Jika terasa mengantuk dan lelah, jangan memaksakan diri untuk tetap bangun, biarkan tubuh beristirahat agar dapat segar kembali dalam perjalanan.
Demikian paparan mengenai penyebab rasa mual akibat mabuk perjalanan dan beberapa tips untuk mengatasinya. Pastikan tubuh Anda fit untuk melakukan perjalanan jauh, persiapkan segala kebutuhan yang mesti dibawa, dan jangan lupa berdoa untuk mendapatkan keselamatan sampai tujuan. Sebelum mengurus orang lain atau anak sendiri, haruslah menjaga diri sendiri terlebih dahulu. Semoga paparan ini bermanfaat untuk kita semua.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates