Thursday , 22 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Menurunkan Demam Anak

Tips Menurunkan Demam Anak

Tips Menurunkan Demam Anak

Tips Menurunkan Demam Anak

Tips Menurunkan Demam Anak

Tips Menurunkan Demam Anak – Demam adalah salah satu kondisi yang acapkali dialami anak. Pada anak yang sehat, biasanya demam bukan merupakan suatu masalah serius. Demam ialah tanda bahwa tubuh sedang berupaya untuk melawan infeksi yang sedang menyerang tubuh. Oleh karena itu tidak semua demam mesti diobati ke dokter, terkadang Anda dapat mengatasi demam anak hanya melalui pengobatan di rumah saja. Akan tetapi, demam tinggi dapat membuat anak menjadi tidak nyaman dan dapat menyebabkan dehidrasi berat.

Seseorang dapat disebut sedang demam jika suhu tubuhnya mencapai 37° C. Umumnya suhu tubuh anak fluktuatif saat demam, biasanya lebih rendah saat pagi dan lebih tinggi di saat malam. Tidak jarang, anak menggigil di malam hari yang disebabkan kenaikan suhu tubuh. Hal tersebut membuat anak sulit tidur nyenyak di malam hari.
Saat anak mengalami demam, Anda dapat melakukan tindakan pertolongan pertama sebagai usaha untuk menurunkan demam anak. Hal tersebut bisa dilakukan di rumah sebelum Anda membawa anak ke dokter. Ada beberapa jenis demam yang dapat sembuh hanya dengan perawatan di rumah, sehingga tidak perlu dibawa ke dokter. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan di rumah.

1. Kompres air hangat
Mengompres anak dengan air hangat adalah sebuah cara yang sering dilakukan untuk membantu menurunkan panas demam anak. Cara ini sudah dipraktekkan secara turun-temurun. Sebenarnya, kompres hanya bisa menurunkan demam anak dalam sementara, pun bisa saja tidak menurunkan demam sama sekali pada beberapa anak. Ada anak yang mungkin tidak merasa nyaman dengan kompresan pada dahinya. Akan tetapi, cara ini masih dapat dilakukan sebagai usaha untuk menurunkan demam.

2. Mandi dengan air hangat
Meskipun sedang demam, anak harus tetap mandi atau Cuma di lap. Mandi air hangat (sekitar 29,4 sampai 32,2° C) dianggap bisa membantu menyembuhkan demam anak. Air hangat yang menyentuh kulit anak saat mandi dapat membantu menurunkan suhu tubuh anak sekitar 1-2° C selama 30-45 menit. Jika menggunakan air dingin untuk mandi, justru dapat membuat anak menjadi menggigil dan meningkatkan suhu tubuh anak karena tubuhnya harus menyesuaikan dengan rasa dingin yang dirasakan.

3. Membantu mempercepat keluarnya panas tubuh anak
Hal ini bisa dilakukan dengan mengenakan anak pakaian yang menutupi seluruh tubuhnya. Anak tidak mesti memakai pakaian yang tebal, cukup mengenakan pakaian yang agak tipis namun tertutup, dan menyelimuti anak. Pakaian yang terlalu tebal malah mencegah panas tubuh anak keluar, sehingga demam anak dapat menjadi lebih tinggi. Pakaian yang lebih tipis bisa membantu panas dari dalam tubuh agar dapat keluar lebih mudah.

Selain pakaian, Anda juga bisa membantu mengeluarkan panas tubuh dengan mengatur suhu kamar anak senyaman mungkin, sehingga anak tidak menjadi kedinginan maupun kepanasan. Biarkan anak beristirahat dengan cukup untuk memulihkan kondisi tubuhnya kembali, namun hal ini tidak harus dilakukan dengan seharian berada di tempat tidur terus.

4. Minum banyak air putih
Minum air putih tidak harus langsung diminum banyak sekaligus, namun lebih baik sedikit-sedikit namun lebih sering. Cara ini bisa membantu tubuh agar lebih cepat mengeluarkan panas tubuh. Minum air yang banyak pun bisa mencegah dehidrasi anak karena demam menyebabkan cairan tubuh anak lebih banyak yang hilang dari biasanya. Selain minum air putih, anak juga dapat mendapatkan cairan sup, es krim, dan sebagainya. Selain dapat mencegah dehidrasi, minuman dingin juga dapat membantu mendinginkan tubuh anak sehingga membantu mengatasi demam.
Supaya kehilangan cairan anak tidak bertambah parah, sebaiknya jangan diberikan minuman yang mengandung kafein seperti the dan kopi, maupun minuman bersoda. Hal ini disebabkan minuman tersebut akanmembuat anak lebih sering buang air kecil.

5. Makan dalam jumlah banyak
Tubuh memerlukan asupan nutrisi yang lebih banyak di saat demam. Oleh karena itu, asupan makan yang banyak bisa membantu demam anak sembuh lebih cepat. Biarkan anak mengonsumsi berbagai makanan yang disukainya agar anak berselera untuk makan. Nafsu makan anak yang rendah saat demam dapat memperlambat kesembuhan anak. Berikan anak berbagai macam makanan, tapi jangan dipaksa ia tidak ingin memakannya. Karena jika ia lapar, pasti akan mencari makanan sendiri.

6. Minum teh herbal
Teh herbal seperti teh jahe, lemon balm, chamomile, yarrow, dan teh herbal elderflowe dipercaya dapat mengatasi demam bagi anak-anak maupun orang dewasa. Minuman ini dipercaya memberikan efek yang menenangkan dan juga bisa memicu tubuh untuk berkeringat. Keluarnya keringat ini lalu dapat membantu menurunkan suhu tubuh. Madu sebagai pemanis dapat ditambahkan madu jika ingin.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates