Wednesday , 28 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Khasiat dari Kandungan Madu bagi Kesehatan

Khasiat dari Kandungan Madu bagi Kesehatan

Khasiat dari Kandungan Madu bagi Kesehatan

Khasiat dari Kandungan Madu bagi Kesehatan

Khasiat dari Kandungan Madu bagi Kesehatan

Khasiat dari Kandungan Madu bagi Kesehatan – Madu merupsksn suatu cairan manis yag berasal dari lebah yang kaya akan nutrisi sehingga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Madu mengandung air, karbohidrat, vitamin, seperti vitamin B dan vitamin C, mineral alami misalnya kalsium, mengandung zat besi, dan juga sodium. Tidak hanya dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, madu juga dapat bermanfaat untuk menjaga kecantikan. Masyarakat sudah mempercayai kandungan madu dapat berkhasiat sebagai obat, berikut merupakan manfaat madu untuk kesehatan, diantaranya:1. Obat luka dan borok
Madu mengandung glukosa serta enzim yang disebut dengan istilah oksidase glukosa. Dalam keadaan yang tepat, oksidase glukosa ini bisa memecah suatu glukosa madu akan menjadi hidrogen peroksida, dimana zat ini bersifat sebagai antiseptik yang kuat. Agar menjadi aktif serta dapat mengurai glukosa madu, oksidase glukosa membutuhkan lingkungan dengan kondisi pH 5,5-8,0 serta natrium. Kulit dan juga cairan pada tubuh (seperti darah) mempunyai pH yang relatif tinggi dan akan mengandung natrium dengan demikian akan memberikan keadaan yang tepat dalam membentuk hidrogen peroksida.

2. Merangsang pertumbuhan jaringan
Untuk merangsang pertumbuhan jaringan yang baru, maka membutuhkan enzim, propolis dan serbuk sari, vitamin dan juga mineral yang ada dalam madu. Jika digunakan untuk luka bakar, maka madu dapat mempercepat untuk penyembuhan serta dapat mengurangi jumlah pada jaringan parut.

3. Menghaluskan kulit
Asam glukonat serta asam organik yang ada dalam madu dapat mengurangi kulit keriput serta garis akibat penuaan, dapat melonggarkan suatu ikatan sel – sel kulit mati dengan demikian akan mempercepat regenerasi, bisa meningkatkan elastisitas pada kulit serta dapat menyeimbangkan kondisi minyak. Madu juga mengandung gula serta asam amino yang dapat membantu untuk mempertahankan kondisi kelembaban pada kulit.4. Antioksidan kuat
Dalam Madu mempunyai kandungan yakni antioksidan dimana kandunganya yang sangat tinggi dengan dmeikian dapat menjaga tubuh dari adanya serangan radikal bebas. Bahkan adanya antioksidan tersebut yang disebut dengan istilah pinocembrin, hanya akan dijumpai dalam madu. Hal tersebut akan membuat tubuh untuk lebih sehat, dapat terhindar dari berbagai penyakit dan juga akan terlihat lebih awet muda.

5. Menurunkan glukosa dan kolesterol darah
Meskipun madu lebih manis dari manisnya gula, madu mempunyai indeks glikemik yang rendah sebab diserap ke bagian dalam aliran darah dengan bertahap. Seseorang yang mempunyai diabetes harus dapat mengurangi dalam mengkonsumsi makanan yang berindeks glisemik tinggi sebab dapat mendorong meningkatnya glukosa darah. Madu merupakan suatu alternatif pemanis yang sangat aman jika dibandingkan dengan gula ataupun gula sintetis. Hasil penelitian menunjukan bahwa madu bisa menurunkan glukosa dalam darah. Mineral serta vitamin yang alami di dalam madu akan membantu untuk menurunkan kadar LDL yakni kolesterol buruk di dalam tubuh.

6. Meringankan penyakit pernafasan
Madu juga sangat efektif sebagai penyakit pada pernafasan. Sebuah studi menunjukan hampir 18.000 pasien dengan mengkonsumsi madu dapat membantu untuk mengatasi penyakit bronkitis kronis, penyakit bronkitis asma, penyakit rinitis kronis, alergi serta sinusitis. Madu merupakan suatu obat yang dapat efektif dengan gejala pilek, flu, serta infeksi pernafasan.

Selain dari manfaat yang sudah dijelaskan diatas, secara keseluruhan madu sangat bagus untuk dikonsumsi sebab mengandung banyak vitamin serta mineral di dalamnya. Perlu diketahui bahwa madu yang berwarna gelap mengandung sejumlah nutrisi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan madu yang berwarna lebih terang.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates