Wednesday , 13 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Mengatasi Sembelit pada Bayi

Tips Mengatasi Sembelit pada Bayi

Tips Mengatasi Sembelit pada Bayi

Tips Mengatasi Sembelit pada Bayi

Tips Mengatasi Sembelit pada Bayi

Tips Mengatasi Sembelit pada Bayi – Bayi dengan kondisi sehat bisa terlihat lincah walaupun dengan gerakan yang masih terbatas. Jika bayi mengalami masalah kesehatan maka ia akan rewel. Masalah kesehatan pada bayi akan menjadi lebih rentan, khususnya yang berkaitan dengan sistem pencernaan pada bayi. Pada beberapa bayi akan mengalami sembelit dimana kondisi sembeli akan ditandai bayi mengalami sulit untuk buang air besar, nafsu makan menurun, tinja akan lebih keras serta akan sering menangis. Keadaan ini berkaitan dengan beberapa faktor penyebab bayi dengan buang air besar yang keras dan akan berdarah, bayi tidak buang air besar selama seminggu, bayi tidak buang air besar selama tiga hari, dan lainya. Meskipun kondisi ini merupakan kondisi yang pada umumnya terjadi, akan tetapi untuk bayi tentu merupakan suatu kondisi yang sangat menyakitkan.Berikut merupakan beberapa tips mengatasi sembelit pada bayi diantaranya:
1. Kurangi kekentalan susu formula
Seorang Bayi yang mengkonsumsi susu formula sudah dibuktikan akan lebih rentan untuk terkena sembelit. Terlebih bagi bayi yang mengkonsumsi susu formula apabila dibuat yang lebih kental. Dengan demikian kurangilah asupan susu formula supaya tidak terlalu kental.

2. Perubahan diet bagi ibu yang memberikan ASI
Makanan yang di konsumsi seorang ibu akan melintas dalam ASI yang akan mengakibatkan terjadinya masalah sembelit. Kurangi jenis jenis makanan yang akan mengakibatkan gas perut misalnya terong serta lebih banyak untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan serat.

3. Hindari memberikan makanan padat untuk bayi
Bayi mempunyai sistem pencernaan yang masih berkembang, dengan demikian jika bayi mengkonsumsi makanan dengan tekstur padat sehingga bagian usus pada bayi sama sekali tidak dapat mencerna dengan baik.

4. Berikan ASI secara eksklusif
Pemberian ASI secara eksklusif dapat menghindari kondisi sembelit. Dimana ASI mengandung suatu nutrisi misalnya lemak serta protein. Pada sistem pencernaan bayi dapat memecah lemak dan juga protein dari kandungan ASI dengan dengan demikian dapat diserap dengan usus halus. Sehingga dapat mencegah bayi untuk terkena sembelit.

5. Berikan cukup serat
Apabila bayi sudah menerima makanan yang padat serta mempunyai sistem pencernaan yang aman, sehingga dapat memberikan sumber serat yang menyehatkan. Jenis makanan dengan serat tinggi misalnya beras merah, pisang, worel, brokoli, bubur, jeruk, dan makanan yang lainnya.

Berikut merupakan tips untuk menjaga kondisi kesehatan bayi diantaranya:

1. Pijat perut bayi
Agar dapat mengatasi masalah sembelit berikanlah pijatan yang lembut di bagian perut. Yakni dengan cara membuat pijatan dengan menggunakan 3 jari utama, lalu tekan lembut di bagian bawah pusar, kiri bawah pusar serta lakukanlah gerakan memutar dengan gerakan dari atas ke bawah.

2. Ganti susu formula
Apabila biasa memberikan susu formula pada bayi, dengan demikian kemungkinan bayi tidak cocok mengkonsumsi susu formula. Sehingga dapat mengganti susu formula yang lain tentunya yang aman bagi pencernaan bayi.

3. Berikan jus buah pir
Apabila bayi sudah mengkonsumsi buah-buahan, berikanlah buah pir agar dapat menghilangkan kondisi sembelit. Buah pir yang mengandung vitamin C yang cocok bagi tubuh bayi. Berikanlah secara teratur. Cukup dengan memberikan 2 hingga 3 sendok jus buah pir agar dapat mengatasi sembelit.

4. Mandikan bayi dengan air hangat
Cara lain yang dapat dilakukan yakni dengan memandikan bayi yang menggunakan air hangat. Akan tetapi pada saat memandikan bayi lakukan dengan mencoba supaya bayi lebih di dalam air. Kemudian berikanlah tekanan yang lembut di bagian perut akan tetapi janganlah menekan yang terlalu keras.

5. Diet sehat untuk bayi usia 6 sampai 12 bulan
Akibat kekurangan cairan dan juga serat akan membuat sembelit pada bayi menjadi semakin buruk. Berikut merupakan pedoman diet yang sehat untuk bayi dengan usia 6 hingga 12 bulan:

a. Usahakan untuk mengkonsumsi sayuran hijau yang berserat ke dalam makanan bayi dengan menambahkan sayur bayam, kacang polong, brokoli dan sawi.

b. Berikanlah bubur dengan bahan dasar buah, misalnya jeruk, apel, pir, stroberi ataupun pepaya. Hindari dalam memberikan buah pisang pada saat bayi sedang mengalami sembelit.

c. Hindarilah mengkonsumsi makanan yang padat sebab merupakan faktor penyebab sembelit

6. Stimulasi pada dubur
Lakukanlah stimulasi di bagian dubur bayi. Dengan menggunakan jari dalam kondisi bersih, gunakan termometer rektal dengan kondisi yang steril atau kapas.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates