Tuesday , 21 November 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » 9 Manfaat Sinar Matahari Pagi Untuk Kesehatan

9 Manfaat Sinar Matahari Pagi Untuk Kesehatan

9 Manfaat Sinar Matahari Pagi Untuk Kesehatan

9 Manfaat Sinar Matahari Pagi Untuk Kesehatan

9 Manfaat Sinar Matahari Pagi Untuk Kesehatan

9 Manfaat Sinar Matahari Pagi Untuk Kesehatan – Sinar matahari mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Sinar matahari pagi yang sehat terjadi di waktu matahari terbit sampai pukul delapan pagi. Lewat dari itu sebaiknya dihindari untuk mendapatkan sinar matahari karena sinar matahari tersebut telah mengandung sinar ultraviolet yang tidak bagus untuk kesehatan kulit. JIka terlalu lama dibawah sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet dapat menyebabkan penyakit kulit contohnya kanker kulit. Berikut ini dijabarkan manfaat dari sinar matahari pagi untuk kesehatan, diantaranya :

1. Kesehatan tulang pada tubuh
Sinar matahari memiliki kandungan vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang. Vitamin D dapat menguatkan otot dan juga tulang dalam tubuh sehingga mencegah osteoporosis. Dimana osteoporosis banyak menyerang para lansia atau usia tua tapi tidak menutup kemungkinan juga dapat diderita orang yang telah dewasa yang disebabkan gaya hidupnya yang tidak sehat. Luangkan waktu kurang lebih 30 menit bejemur dibawah sinar matahari di pagi hari kemudian rasakan sinar menyentuh kulit Anda. Kalau sinar matahari agak menyilaukan mata ketika berjemur maka gunakan kacamata hitam.

2. Mencegah diabetes
Diabetes adalah tingginya kadar gula dalam darah yang melewati batas normal yang diakibatkan kinerja hormon insulin terganggu. Diabetes biasanya terjadi dikarenakan salahnya gaya hidup ditambah jarang beraktifitas. Biasanya penderita diabetes tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan ataupun minuman manis. Hal ini dikarenakan lonjakan dalam kadar gula darah dapat menyebabkan komplikasi. Sinar matahari pagi mampu menurunkan kadar gula darah dengan hanya berjemur dibawah sinarnya sekitar 30 menit. Anda bisa melakukannya setiap hari. Karena hal ini membantu mencegah diabetes menghampiri anda.

3. Kanker
Vitamin D yang terkandung dalam sinar matahari bisa menurunkan resiko penyakit kanker. Kanker yang dimaksud dalam jenis ini yaitu kanker payudara dan kanker prostat. Sinar matahari pagi tersebut dapat meminimalkan kanker. Sebenarnya kanker bisa dicegah dengan cara melakukan kebiasaan yang sehat sehari – hari. Peduli dengan kesehatan diri dan sering berolahraga bisa menurunkan resiko kanker

4. Melancarkan sirkulasi darah
Sinar matahari pagi membantu dalam melebarkan pembuluh kapiler dalam tubuh sehingga kesehatanpun akan lebih baik. Nutrisi dan oksigen sampai kejantung lebih maksimal. Sirkulasi darah yang baik membuat tubuh terlihat sehat, prima dan segar saat menjalani aktifitas setiap hari.

5. Depresi
Depresi adalah gangguan yang berkaitan dengan kejiwaan seseorang. Seseorang yang depresi cenderung mudah marah, senang menyendiri dan sensitif. Depresi dapat membuat seseorang yang mengalaminya kehilangan tujuan hidup dan arah, tidak berminat terhadap sesuatu apapun dan dapat mengancam jiwanya jika hal itu dibiarkan. Untuk mengobati depresi tersebut selain konsultasi ke psikiater juga dapat dilakukan terapi alami dengan cara berjemur dibawah sinar matahari pagi yang bisa merangsang kelenjar endorfin didalam tubuh seseorang dan dapat membuat orang tersebut merasa lebih rileks, bahagia dan tenang. Hal ini sama dengan rasa jatuh cinta ke seseorang dan terbukti bisa mangatasi depresi.

6. Meningkatkan sistem imunitas tubuh
Sinar matahari pagi dapat meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh. Sinar matahari pagi membuat sel darah putih dalam tubuh diproduksi lebih banyak. Sel darah putih ini berfungsi dalam melawan bakteri yang berasal dari luar tubuh serta menjaga kesehatan tubuh seseorang.

7. Tidur menjadi lebih nyenyak
Tidur sangat penting untuk tubuh dalam mengistirahatkan diri setelah seharian bekerja. Tidur yang baik yaitu tidur nyenyak dapat menjaga kesehatan tubuh dalam waktu yang lama. Maka daripada itu tidur nyenyak sangatlah penting. Tapi tidak semua orang bisa tidur nyenyak. Hal tersebut dapat diatasi dengan mudah. Salah satunya yaitu dengan berjemur dibawah sinar matahari pagi setiap hari. Sinar matahari pagi dapat mengaktifkan senyawa melatonin dalam tubuh. Melatonin merupakan hormon yang terletak didasar otak dan dapat mengatur tidur.

8. Sistem pencernaan lancar
Berjemur dibawah sinar matahari pagi setiap hari selama 15 menit dapat membuat sistem pencernaan menjadi lebih lancar. Sistem pencernaan yang baik dan sehat bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh yang kemudian dapat membakar lemak dalam tubuh dan diubah menjadi energi. Tubuh juga terlihat lebih langsing dan juga ramping.

9. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh
Salah satu langkah untuk mengeluarkan racun yang disebabkan oleh makanan atau minuman disebut detoksifikasi. Pengeluaran racun dari dalam tubuh dapat menggunakan bantuan sinar matahari pagi. Cara kerjanya yaitu dengan meningkatkan fungsi hati yang dimana hati bertugas mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan kemudian dibuang bersamaan dengan urine.

Itulah 9 manfaat sinar matahari pagi bagi kesehatan tubuh. Dengan berjemur dibawah sinar matahari pagi maka kesehatan lebih terjaga.

About puji astuti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates