Friday , 28 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Bagaimana Memilih Rumah Sakit Bersalin Yang Baik

Bagaimana Memilih Rumah Sakit Bersalin Yang Baik

Bagaimana Memilih Rumah Sakit Bersalin Yang Baik

Bagaimana Memilih Rumah Sakit Bersalin Yang Baik

Bagaimana Memilih Rumah Sakit Bersalin Yang Baik

Bagaimana Memilih Rumah Sakit Bersalin Yang Baik – Bagi anda yang sedang hamil tentu perlu pintar – pintar mencari rumah sakit bersalin yang baik bagi anda serta bayi anda. Suami atau pasangan biasanya akan mulai mendiskusikan serta memilih semua hal yang terbaik bagi anda. Anda harus betul – betul selektif sebab jika salah anda juga bayi anda bisa masuk ke dalam keadaan yang amat berbahaya. Anda perlu mengetahui beberapa tips untuk mencari rumah sakit yang paling baik bagi anda juga bayi anda. Beberapa tips yang dapat anda pilih saat anda akan memilih rumah sakit bersalin yang terbaik bagi anda ialah sebagai berikut:

1. Perhatikan Kebutuhan Inisiasi Menyusu Dini (IMD)
Hal yang pertama yang perlu anda perhatikan ialah apakah rumah sakit memberikan waktu kepada ibu untuk memberikan ASI sesaat setelah bayi baru lahir. Bayi perlu mendapatkan ASI ketika sudah dilahirkan ke dunia. ASI mengandung nutrisi terlengkap serta paling baik sehingga bayi tidak membutuhkan nutrisi yang lainnya kecuali ASI. Rumah sakit bersalin yang baik tentu saja akan mendukung pemberian Air Susu Ibu supaya bisa keluar serta bayi harus dibawa kedekapan ibu agar bisa mencari dimana putting susu ibunya. Inisiasi menyusui dini atau IMD akan membuat bayi anda lebih cerdas dan sehat. Inisiasi menyusu dini dapat meningkatkan bonding atau ikatan batin yang kuat antara ibu dan anaknya. Tentu hal ini akan sangat bermanfaat bagi kehidupan anda dan bayi anda selanjutnya.

2. Fasilitas Rawat Gabung
Hal kedua yang perlu anda perhatikan ialah fasilitas rawat gabung bagi anda dan bayi anda. Pada umumnya rumah sakit bersalin akan memisahkan ibu dari bayi yang baru saja ia lahirkan. Bayi akan diletakkan diruangan bayi serta ibu akan di rawat di ruang nifas. Rumah sakit bersalin yang baik akan memberikan layanan 24 jam pertama sesudah bayi dilahirkan sehingga bayi bisa mendapatkan ASI yang terbaik serta ibu akan menjadi lebih dekat dengan bayinya. Rumah sakit pun punya kebijaksanaan untuk tidak melakukan rawat gabung bila memang tidak memungkinkan / terdapat suatu masalah yang serius pada bayi atau ibunya.

3. Mendukung Pemberian ASI tanpa Jadwal
Hal yang ketiga yang perlu diperhatikan ialah rumah sakit bersalin perlu untuk selalu mendukung pemberian ASI tanpa di jadwal. Ibu harus mau menyusui bayi saat bayi merasa sangat lapar dan ingin menyusu. Ibu dapat dengan leluasa untuk memeluk bayi serta memberikan ASI tanpa harus ada batasan di dalam jadwal pemberian ASI pada bayi anda. Rumah sakit bersalin tidak boleh membatasi dengan jadwal pemberian ASI ini. Ini tentu saja akan menyiksa bayi anda yang memang sedang amat membutuhkan ASI.

4. Tidak Memberikan Empeng atau Dot
Anda pun perlu memperhatikan hal yang keempat yang seharusnya dilakukan oleh rumah sakit bersalin. Rumah sakit sebaiknya tidak pernah memberikan empeng / dot pada bayi yang sedang menangis. Anda perlu mencari rumah sakit bersalin yang menggunakan cara lain saat menghentikan tangisan bayi yakni dengan cara memberikan ASI dengan menggunakan cangkir, pipa tabung ataupun pipet untuk memberikan ASI. Terdapat banyak cara sehingga pihak rumah sakit bersalin tidak perlu menggunakan dot karena akan membuat ketergantungan pada bayi anda dan menjadikan bayi anda bingung putting, dan dikhawatirkan nantinya bayi anda tidak mau lagi menyusu langsung di outing anda Karena sudah terbiasa dengan menggunakan dot atau empeng.

5. Mendukung Pemberian ASI langsung oleh Ibunya
Hal yang terakhir yang perlu anda perhatikan ialah carilah rumah sakit bersalin yang mempunyai kelompok pendukung ibu yang langsung menyusui bayinya. Ibu memang amat perlu memberikan ASI karena kandungan ASI tidak bisa digantikan dengan kandungan susu formula yang termahal sekalipun.
Anda harus betul – betul mencari rumah sakit yang berkualitas dan memiliki tenaga medis yang terpercaya. Banyak rumah sakit yang kurang teliti sehingga terdapat banyak kasus bayi yang tertukar dengan bayi keluarga lainnya. Hal ini tentu saja akan sangat merugikan anda. Terdapat banyak rumah sakit yang kurang aman, sebab semua perawat bisa masuk ke ruangan bayi dan mengambil bayi kapan saja. Anda perlu memperhatikan dan menghindarinya.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates