Saturday , 29 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Beberapa Hal yang Menyebabkan Persalinan Sungsang

Beberapa Hal yang Menyebabkan Persalinan Sungsang

Beberapa Hal yang Menyebabkan Persalinan Sungsang

Beberapa Hal yang Menyebabkan Persalinan Sungsang

Beberapa Hal yang Menyebabkan Persalinan Sungsang

Beberapa Hal yang Menyebabkan Persalinan Sungsang – Persalinan sungsang / kehamilan sungsang ialah sebuah istilah dimana kondisi letak bayi mempunyai kelainan. Apabila biasanya pada bayi yang normal kepala bayi berada di bawah dan berdekatan pada mulut rahim, akan tetapi yang terjadi pada persalinan sungsang ini adalah sebaliknya. Sungsang itu sendiri ialah dimana keadaan bokong bayi / bagian kaki bayi itu posisinya berada pada bagian rongga bawah rahim ibu ataupun pada bagian kavum uteri. Beberapa penelitian terbaru mengemukakan bahwa persalinan sungsang ini bukan merupakan hal yang sangat berbahaya bila semua ahli medis mengetahui bagaimana cara yang paling baik dalam mengeluarkan bayi tersebut.

Persalinan sungsang ini merupakan sebuah proses dalam persalinan ibu guna mengeluarkan bayi dengan posisi yang membujur pada rahim yang mana posisi bokong bayi serta kaki pada bayi terlebih dahulu lahir bila dibandingkan dengan bagian tubuh yang lainnya. Persalinan sungsang itu memberikan kecemasan tersendiri pada semua ibu hamil yang mengalaminya. Letak bayi yang sungsang berdasarkan elative bisa terjadi pada persentase dari 3% sampai 4% dari seluruh total persalinan. Persalinan sungsang tersebut dapat terjadi pada kandungan yang berumur di bawah 28 minggu. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga persalinan sungsang ini bisa terjadi pada kandungan yang berumur lebih dari 32 minggu. Letak bayi yang ada di dalam kandungan ibu seluruhnya tergantung terhadap proses adaptasi dari bayi itu sendiri. Kehamilan yang umurnya belum menginjak 32 minggu, air ketuban yang terdapat di dalam rahim ibu cenderung sangat banyak, dengan begitu janin anda akan lebih bebas ketika bergerak. Saat kehamilan anda memasuki masa trimester ketiga, bayi akan tumbuh secara cepat akan tetapi air ketuban ibu akan semakin berkurang

Oleh karena itu bokong serta kedua tungkai tersebut lebih besar bila dibandingkan dengan ukuran kepala. Maka dengan sangat terpaksa bokong bayi akan menempati tempat yang lebih leluasa di dalam fundus uteri atau bagian atas rahim. Sungsang itu sendiri terbagi ke dalam 3 jenis yakni sungsang Frank Breech atau presentasi bokong. Sungsang ini bisa terjadi sebanyak 50% sampai 70%. Letak bayi sungsang ini bisa terjadi yang diakibatkan oleh ekstensi sendi pada lutut, dan kedua kaki tersebut jadi terangkat hingga pada ujungnya dengan setinggi kepala bayi maupun bahu bayi. Sungsang incomplete of footling dimana sungsang ini terjadi saat bokong juga kaki bayi tersebut tidak sempurna, yang terlentang di samping bokong hanyalah 1 kaki bayi saja, sementara kaki yang lainnya akan terangkat ke bagian atas. Yang terakhir adalah sungsang complete breech. Sungsang dengan jenis ini terjadi pada persentasi 5% sampai 10%. Disamping itu posisi bayi yang sungsang di dalam rahim ibu dipengaruhi juga oleh beberapa hal seperti berikut, antara lain :

1. Ibu mempunyai bentuk rahim yang kurang lonjong, air ketuban yang terdapat di dalam rahim masih banyak serta bayi tersebut mempunyai kepala yang relatif besar.

2. Bayi yang ada di dalam sangat gampang untuk bergerak sehingga terjadi gejala hidramnion.

3. Panggul ibu yang kecil serta cenderung lebih sempit.

4. Terdapat kelainan yang terjadi pada kepala bayi yang di sebabkan juga oleh anencephalus (tidak memiliki tempurung otak), hydrocephalus (ukuran kepala janin yang lebih besar dikarenakan terdapat banyak cairan di kepala janin), dan lainnya.

Persalinan sungsang ini amat berbahaya baik untuk ibu ataupun bagi bayi itu sendiri. Alangkah lebih baik jika anda sering mengkonsultasikannya bersama dokter kandungan atau bidan anda sehingga kehamilan sungsang ini bisa terdeteksi lebih awal serta anda bisa melakukan tindakan lebih lanjut supaya posisi bayi anda dapat berubah.

Demikian beberapa hal yang bisa menyebabkan posisi janin yang ada di dalam kandungan menjadi sungsang. Dengan mengetahui informasi ini, diharapkan anda lebih memperhatikan mengenai kesehatan anda serta janin anda, sehingga anda bisa memeriksakan kehamilan anda secara teratur yang akan berperngaruh pada deteksi secara dini jika terdapat kelainan pada konsisi kehamilan anda. Semoga bermanfaat.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates