Saturday , 29 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Beberapa Tips Sehat Khusus Untuk Mahasiswa

Beberapa Tips Sehat Khusus Untuk Mahasiswa

Beberapa Tips Sehat Khusus Untuk Mahasiswa

Beberapa Tips Sehat Khusus Untuk Mahasiswa

Beberapa Tips Sehat Khusus Untuk Mahasiswa

Beberapa Tips Sehat Khusus Untuk Mahasiswa – Banyaknya aktivitas yang wajib dilakukan oleh para mahasiswa tidak jarang membuat mereka sukar untuk meluangkan waktu untuk olahraga. Aktivitas yang padat pun sering kali membuat mahasiswa tidur larut malam serta tidak memerhatikan pola makan mereka konsumsi. Akibat dari gaya hidup yang tidak sehat tersebut, mahasiswa sering kali mengalami penyakit khas seperti maag, typhoid atau tipus, dan sebagainya. Seharusnya dengan padatnya aktivitas yang harus dijalani, mahasiswa sebaiknya selalu berada dalam keadaan sehat. Berikut adalah paparan beberapa tips sehat khusus untuk mahasiswa yang perlu diketahui:

1. Biasakan sarapan
Jadwal kuliah yang sering dimulai pagi sekali, sering kali membuat mahasiswa untuk mengabaikan sarapan. Seharusnya, sarapan adalah waktu makan yang tidak boleh dilewatkan. Sarapan dibutuhkan tubuh secara alami, karena saat baru bangun dari tidur gula darah yang digunakan tubuh untuk membuat otot dan otak bekerja optimal biasanya dalam kadar rendah. Maka, sarapan bisa membantu tubuh meningkatkan kadar gula dalam darah tersebut. Di samping itu, saat Anda tidak sarapan kemungkinan besar Anda akan makan dalam porsi yang lebih banyak pada siang hari.

Sarapan juga bisa membantu tubuh untuk membakar kalori lalu memberikan energi yang dibutuhkan sehingga menjadikan Anda untuk lebih fokus di kampus selama kuliah. Ada beberapa penelitian yang sudah menemukan adanya hubungan antara sarapan dengan kesehatan tubuh yang optimal.

2. Mengatur gizi makanan
Umumnya kita memang tidak tertarik dengan makanan sehat. Sedangkan sebaliknya, makanan cepat saji atau fast food malah sangat menarik perhatian kita. Padahal sesungguhnya, makanan cepat saji tersebut tidaklah baik untuk kesehatan.

Sehingga, untuk memelihara kesehatan, Anda wajib memerhatikan apa yang Anda makan. Atur pula gizi makanan yang diasup hingga memenuhi kebutuhan sehari-hari dan tidak meningkatkan resiko penyakit. Hindarilah makanan yang mengandung kadar tinggi kalori dan lemak jenuh, serta kurangi kadar gula dan garam dalam tiap makanan yang Anda makan. Selain itu banyak-banyaklah makan sayuran dan buah.

3. Cukup minum air putih
Dengan mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup bisa meningkatkan konsentrasi dalam berpikir serta menjaga pola makan untuk tidak berlebihan. Untuk menjaga asupan air tersebut, Anda bisa membawa air putih di dalam botol saat kegiatan di kampus.

4. Menghindari stress
Mahasiswa sering merasa stress akibat banyaknya tugas yang harus dikerjakan dalam rentang deadline yang sempit. Sehingga mahasiswa menjadi rentan dan mudah diserang penyakit. Oleh sebab itu, untuk menghindari stress Anda harus bisa memanajemen stress. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mendapat tidur yang cukup sekitar 7 sampai 8 jam tiap hari, menghindari konsumsi obat-obatan serta alkohol, menjalin hubungan sosial atau pertemanan, serta menikmati waktu sendiri atau me time dengan cara jalan-jalan, menonton film, dan lain-lain.

5. Tidak merokok
Saat stress, mahasiswa sering kali mencari pelarian dengan merokok. Sebenarnya dengan alasan apapun, rokok sangat tidak baik untuk kesehatan. Banyak penelitian yang sudah menemukan bahwa merokok dapat merusak seluruh organ tubuh, menyebabkan banyak penyakit, serta bisa merugikan banyak orang di sekitar saat Anda merokok. Oleh sebab itu, janganlah merokok. Namun apabila Anda terlanjur merokok, segeralah berhenti. Berhenti merokok pasti memiliki banyak sekali manfaat dalam jangka panjang untuk tubuh.

6. Rutin berolahraga
Sepadat apapun kegiatan Anda, luangkanlah sedikit waktu untuk berolahraga. Olahraga bisa membantu mengurangi stres, meningkatkan kemampuan Anda dalam berkonsentrasi, serta memperbaiki suasana hati atau mood Anda. Di samping itu, berolahraga juga bisa meningkatkan kekuatan otot sehingga membuat Anda bugar. Walaupun sulit, Anda tetap mesti mulai berolahraga meskipun hanya dalam bentuk olahraga yang sederhana seperti jalan kaki, berlari atau jogging.

7. Mendapat waktu tidur yang cukup
Kurang tidur adalah hal biasa yang umum terjadi di antara mahasiswa. Sesibuk apapun aktivitas yang dijalani, Anda wajib mengatur waktu tidur Anda supaya tetap cocok dengan kebutuhan. Tidur yang cukup ternyata bisa menjaga tingkat energi Anda, berpikir jernih, memperkuat sistem imun tubuh, serta meningkatkan suasana hati Anda.

Di samping itu, semua aktivitas yang berlangsung sampai larut malam juga bisa mengganggu kualitas dan pola tidur Anda yang bisa meningkatkan kadar hormon stress. Oleh sebab itu, berusahalah untuk menetapkan waktu tidur yang konsisten dan menjaga gaya hidup yang sehat di antaranta menghindari alkohol, nikotin, maupun kafein yang bisa mengganggu tidur Anda.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates