Friday , 24 November 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Dampak Tidak Menggunting Kuku secara Rutin pada Anak

Dampak Tidak Menggunting Kuku secara Rutin pada Anak

Dampak Tidak Menggunting Kuku secara Rutin pada Anak

Dampak Tidak Menggunting Kuku secara Rutin pada Anak

Dampak Tidak Menggunting Kuku secara Rutin pada Anak

Dampak Tidak Menggunting Kuku secara Rutin pada Anak – Kebiasaan pada anak yaitu menggigit kukunya, terlebih apabila kukunya dalam kondisi panjang. Kuku yang panjang terdapat kuman – kuman di dalamnya. Jika anak dengan kebiasaan menggigit kuku, dengan demikian kemungkinan besar kuman masuk ke dalam tubuh. Dengan demikian, hal ini bisa mengakibatkan masalah pada kesehatan anak. Sehingga disarankan supaya anak dapat menjaga kebersihan kukunya. Kebiasaan anak kecil yakni memegang benda – benda yang ada di sekitarnya. Kemudian anak biasa memasukkan tangannya yang kotor ke dalam mulut, biasa menggigit kukunya yang hitam, sehingga kemungkinan kuman dalam kukunya akan tertelan.Kuku adalah salah satu lingkungan yang sangat disukai kuman sebagai tempat berkembang biak dan juga hidup. Dengan demikian, menggigit maupun mengemut kuku maka memungkinkan kuman dalam kuku akan masuk ke dalam tubuh. Hal tersebut bisa mengakibatkan untuk mengalami penyakit infeksi. Beberapa penyakit infeksi yang bisa menyerang anak akibat tidak menjaga kebersihan kuku, diantaranya:

1. Diare
Kotoran dalam kuku pada anak yang masuk ke dalam organ saluran pencernaan bisa mengakibatkan anak untuk mengalami diare. Anak akan lebih rentan untuk mengalami diare sebab kekebalan tubuh pada anak belum sekuat pada orang dewasa. Diare yang parah bisa menyebabkan anak mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi serta mengalami ketidakseimbangan elektrolit di dalam tubuh.

2. Infeksi cacing kremi
Kebersihan pada tangan dan juga kuku yang tidak dijaga bisa mengakibatkan infeksi cacing kremi. Cacing kremi bisa menempel pada kuku ketika anak menggaruk daerah anusnya, ataupun setelah anak mengganti popoknya. Lalu, cacing kremi bisa masuk ke bagian saluran pencernaan pada saat anak memegang makanan, pada saat menggigit kukunya, ataupun pada saat mengemut jarinya. Cacing kremi yang masuk ke saluran pencernaan akan tingga di dalam usus besar serta rektum.

3. Infeksi kuku
Infeksi kuku dapat terjadi apabila kuku tidak dirawat secara baik. Infeksi kuku biasanya dapat di tandai adanya pembengkakkan pada kulit di sekitar kuku, mengalami nyeri di sekitar kuku, ataupun mengalami penebalan pada kuku.

Berikut merupakan beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga agar kuku anak tetap sehat diantaranya:

1. Menjaga kondisi kuku anak untuk selalu pendek. Dengan memotong kuku maka dapat mencegah adanya sarang kuman penyebab penyakit. Para ahli manganjurkan supaya orangtua dapat membantu anak untuk memotong kukunya hingga anak dapat memotong kukunya sendiri, kira-kira hingga berumur 9 sampai 10 tahun.

2. Biasakanlah anak untuk mencuci tangan jika sebelum serta sesudah makan, dan setelah buang air kecil maupun buang air besar. Sikat pada bagian bawah kuku dengan menggunakan sabun serta air yang mengalir setiap mencuci tangan.

3. Sebelum digunakan, bersihkan gunting kuku. Terutama apabila bekas digunakan orang lain.

4. Jangan membiarkan anak untuk menggigit ataupun mengemut kukunya.

5. Jangan membiarkan anak untuk menggaruk kulit di daerah anus.

6. Janganlah memotong kutikula pada kuku anak, yakni kulit keras yang terdapat di pinggiran kuku. Kutikula kuku adalah penghalang kuman ataupun penghalang bakteri agar tidak masuk ke dalam kuku. Sehingga dapat mencegah infeksi.

7. Janganlah membiarkan anak untuk merobek ataupun menggigit bintil pada kuku, sebab hal ini dapat menyakiti anak. Bintil pada kuku merupakan kulit kecil yang bisa terkelupas pada pinggiran kuku, kulit tersebut akan terpisah dari kutikula ataupun kuku. Apabila bintil kuku tersebut muncul, alangkah baiknya dipotong denga menggunakan gunting kuku.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates