Monday , 21 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Diet Tanpa Garam Untuk Menurunkan Berat Badan

Diet Tanpa Garam Untuk Menurunkan Berat Badan

Diet Tanpa Garam Untuk Menurunkan Berat Badan

Diet Tanpa Garam Untuk Menurunkan Berat Badan

Diet Tanpa Garam Untuk Menurunkan Berat Badan

Diet Tanpa Garam Untuk Menurunkan Berat Badan – Garam memang mempunyai banyak manfaat untuk tubuh, di antaranya adalah membuat makanan yang dimasak menjadi lebih nikmat dan gurih saat dimakan. Akan tetapi ternyata garam dapat juga digunakan sebagai salah satu cara diet.

Sebenarnya belum ditemukan adanya penelitian yang dilakukan secara spesifik mengenai efek pengurangan konsumsi garam terhadap berat badan. Hal ini disebabkan karena, kebanyakan studi meneliti mengenai efek gabungan dari pengurangan natrium serta penurunan berat badan terhadap hipertensi atau tingginya tekanan darah. Namun pada penelitian sebelumnya secara jelas diketahui bahwa pengurangan garam bisa membuat berat badan menurun sementara karena cairan tubuh berlebih. Peristiwa ini disebabkan karena garam adalah senyawa yang membuat tubuh menahan air.

Saat Anda mengonsumsi garam pada jumlah yang sangat banyak dapat menyebabkan kenaikan jumlah air di dalam tubuh Anda sehingga terjadi peningkatan retensi air. Oleh sebab itu saat Anda mengurangi jumlah makanan bergaram yang dikonsumsi, air yang tertahan tersebut dapat keluar dari tubuh sehingga dapat menyebabkan penurunan dari berat tubuh Anda.

Sebagaimana yang diketahui secara umum, setiap makanan yang dikonsumsi sehari-hari tentunya mengandung garam dalam jumlah tertentu. Karena hal tersebut, ada banyak orang yang beranggapan akan sangat sukar untuk melakukan diet makan tanpa menggunakan garam. Akan tetapi Anda tidak perlu gentar dan khawatir. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda melakukan diet dengan konsumsi garam seminimal mungkin.

1. Menghindari makanan olahan (processed food)
Prouk makanan olahan yang dikemas dalam botol, kaleng, plastik, maupun wadah lain sangat mungkin kadar garam atau natrium yang terkandung di dalamnya sangat tinggi. Apabila Anda memutuskan untuk menjalankan diet, Anda sangat disarankan untuk menghindari konsumsi makanan olahan. Di samping itu Anda pun wajib lebih teliti dalam membaca komposisi yang terdapat pada tiap kemasan produk olahan guna mengetahui jumlah natrium yang terkandung di dalam makanan olahan yang Anda beli.

2. Mengonsumsi sayuran serta buah segar
Sayuran dan buah segar tidak mengandung garam. Bila Anda sedang menjalankan program diet tanpa garam, sebaiknya Anda mengonsumsi buah-buahan segar serta sayuran. Anda wajib untuk menghindari buah kalengan maupun buah dan sayuran beku karena kemungkinan besar telah ditambahkan garam.

3. Memerhatikan kandungan garam tambahan
Pada umumnya daging segar, unggas, ikan serta makanan laut lainnya tidak mengandung garam tambahan. Akan tetapi, ada beberapa kasus dimana pedagang dapat menyuntikkan larutan garam pada produk daganganya agar menjadi lebih besar dan gemuk.

Saat membeli daging, Anda harus selalu memeriksa bahan-bahan yang terdapat dalam produk makanan tersebut. Selain daging, produk makanan lain yang terdapat di dalam kemasan harus dipastikan dahulu kandungan garam yang terdapat di dalamnya

4. Menghindari garam saat makan di luar
Saat sedang melakukan diet bebas garam, sangat penting bagi Anda untuk mengatakan pada pramusaji untuk tidak memberikan makanan yang mengandung garam. Para koki yang familiar dengan menu dan resep makanan diet bebas garam dapat memasakkan makanan dari daging serta sayuran segar sehingga dapat masuk kriteria diet Anda.

Walaupun melakukan diet bebas garam mungkin tidak merupakan metode terbaik untuk menurunkan berat badan, namun setidaknya cara ini mempunyai manfaat kesehatan yang sangat penting lainnya. Berikut ini adalah berbagai manfaat mengurangi garam untuk kesehatan tubuh.

• Menyeimbangkan kandungan cairan dalam tubuh
• Tubuh menjadi terhidrasi dengan baik
• Badan akan lebih berenergi
• Mengurangi tensi pada penyakit tekanan darah tinggi
• Mengurangi resiko stroke
• Mengatasi masalah begah atau kembung
• Menguatkan tulang

Demikian adalah berbagai manfaat yang dapat Anda peroleh dengan melakukan program diet dengan konsumsi makanan bebas garam terhadap kesehatan. Tentunya dengan mengatur pola makan dan memerhatikan kandugan gizi dalam makanan yang dikonsumsi setiap hari dapat memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Tidak lupa, dengan meminum air putih dalam jumlah yang cukup setiap hari dan konsumsi buah-buahan dapat menjaga berat badan dan menjauhkan dari berbagai penyakit yang dapat muncul.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates