Thursday , 24 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Gejala dan Penyebab Bayi Sembelit

Ketahui Gejala dan Penyebab Bayi Sembelit

Ketahui Gejala dan Penyebab Bayi Sembelit

Ketahui Gejala dan Penyebab Bayi Sembelit

Ketahui Gejala dan Penyebab Bayi Sembelit

Ketahui Gejala dan Penyebab Bayi Sembelit – Sembelit atau disebut dengan istilah konstipasi merupakan suatu gejala dimana frekuensi pada buang air besar yang jarang atau 3 kali ataupun kurang dalam satu minggu, mengalami kesulitan buang air besar karena akibat feses yang keras, dibutuhkan usaha untuk mengejan pada saat buang air besar atau mengalami sensasi yang tidak tuntas pada saat buang air besar. Sembelit adalah suatu gejala, bukan merupakan suatu penyakit. jika kondisi sembelit ini terjadi pada bayi, maka menimbulkan ketidak nyamanan pada bayi, bayi rewel dan lain sebagainya.
A. Penyebab bayi sembelit
Berikut merupakan penyebab bayi sembelit, diantaranya:1. Akibat pemberian susu formula dengan viskositas yang terlalu kental dapat menyebabkan kondisi sembelit pada bayi. Oleh sebab itu penting dalam menjaga ukuran serta jumlah susu formula yang baik diberikan untuk bayi. Bayi yang tidak mengkonsumsi ASI akan lebih sering untuk terkena sembelit sebab akibat terlalu sering minum susu formula.

2. Akibat pemberian makanan yang padat pada bayi dapat mengakibatkan sembelit. Hal tersebut sangat wajar sebab bayi yang baru belajar untuk makan makanan padat dimana kondisi pencernaannya yang belum terbiasa untuk berbagai jenis makanan. Oleh sebab itu penting untuk memberikan makanan dengan kaya kandungan serat pada bayi.

3. Akibat bayi yang mengalami kekurangan cairan dapat menyebabkan sembelit. Pada beberapa bayi yang tidak ingin minum ASI ataupun susu formula pada saat merasa tidak nyaman misalnya ketika tumbuh gigi, mengalami sariawan, mengalami flu, mengalami sakit tenggorokan atau karena berbagai penyakit infeksi yang lain. Dengan demikian pada saat bayi mengalami berbagai keluhan tersebut sehingga harus memberikan cairan yang cukup agar bayi tidak sembelit.

4. Akibat kondisi penyakit tertentu dapat mengakibatkan sembelit. Pada beberapa bayi yang kemungkinan akan terkena alergi pada makanan tertentu yang akan membuat resiko mengalami sembelit lebih tinggi. Selain itu juga keluhan kesehatan yang berkaitan dengan sistem penyerapan nutrisi dapat mengakibatkan sembelit sebab pada sistem pencernaan bayi tidak dapat menyerap nutrisi makanan secara  baik.

B. Gejala Sembelit pada Bayi
Sebenarnya cukup sulit untuk mengetahui kondisi sembelit pada bayi. Tingkat kekerasan pada tinja bayi  akan sangat tergantung dari jenis makanan yang dikonsumsi oleh tubuh bayi. Berikut merupakan beberapa gejala bayi yang terkena kondisi sembelit diantaranya:

1. Pada bayi dengan minum ASI yang penuh akan mempunyai bentuk tinja yang lebih encer serta akan mengandung lebih banyak cairan. Apabila pada tinja bayi yang tampak lebih keras dengan demikian kemungkinan besar bayi terkena sembelit.

2. Pada Bayi yang mengkonsumsi susu formula dapat mengembangkan suatu gejala yang lebih serius. Tinja akan menjadi lebih keras serta terkadang bayi akan menangis pada saat akan BAB.

3. Pada bayi yang sudah mengkonsumsi makanan padat dapat menghasilkan bentuk tinja dengan viskositas yang lebih keras. Apabila terkena sembelit sehingga bayi bisa sulit untuk buang air besar.
Bayi bisa lebih rewel pada saat akan buang air besar serta terkadang akan menjadi hilangnya nafsu makan.

4. Pada tinja bayi yang sedang mengalami sembelit akan terlihat dalam bentuk seperti bentuk kelerang serta lebih tegas. Apabila sudah parah sehingga dapat disertai dengan adanya darah.

5. Pada Bayi yang tidak buang air besar > dari 5 hari untuk bayi yang mengkonsumsi ASI, lalu nafsu dalam mengkonsumsi ASI akan menurun.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates