Thursday , 29 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Penyebab Cegukan

Ketahui Penyebab Cegukan

Ketahui Penyebab Cegukan

Ketahui Penyebab Cegukan

Ketahui Penyebab Cegukan

Ketahui Penyebab Cegukan – Cegukan merupakansuatu keadaan pada saat otot diagfragma dengan memisahkan bagian rongga dada serta bagian perut yang mengalami kontraksi. Cegukan bisa membuat pita suaraakan menutup dengan otomatis dibawah kontrol atau tanpa sadar. Cegukan bisa membuat suatu sensasi yang tidak nyaman khususnya di bagian dada, bagian perut dan juga tenggorokan. Pada umumnya cegukan dapat berhenti sendiri tanpa menggunakan pengobatan. Cegukan akan terjadi selama dua menit ataupun lebih. Semua keadaan ini dapat dipengaruhi oleh keadaan tubuh orang tersebut.

Cegukan dapat terjadi bukan tanpa penyebab. Terdapat beberapa hal yang akan mengakibatkan cegukan serta biasanya tidak disadari. Berikut merupakan beberapa penyebab cegukan, diantaranya:

1.    Makan terlalu cepat
Apabila makan yang terlalu cepat sehingga dapat membuat udara masuk ke dalam saluran pencernaan. Hal tersebut dapat mengakibatkantimbulnya suatu reaksi dari saluran pencernaan serta ke bagian diagfragma dan akan langsung membentuk kontraksi di bagian rongga perut dan rongga dada. Kadang orang yang sedang cegukan bisa merasakan muntah, mengalami sakit perut dan juga sakit di tenggorokan.

2.    Minum alkohol atau Minuman berkarbon
Selain minum alkohol dapat menjadi penyebab tingginya kadarkolesterol, minuman dengan kandungan alkohol ataupun minuman yang berkarbonasi dapat mengakibatkan cegukan pada orang yang mengkonsumsinya. Kondisi ini dapat terjadi sangat umum serta bukan merupakan suatu hal yang dapat membahayakan. Akan tetapiterdapat beberapa orang yang selalu mengalami cegukan pada saat minum alkohol atau minuman berkarbonasi.

3.    Cegukan karena trauma pada otak
Pada beberapa orang akan mengalami keadaan cegukan sebab mengalami trauma di dalam otak. Keadaan ini dapatdiakibatkan karena terjadi penyakit di bagian batang otak, tumor, gagal ginjal dan juga akibat infeksi virus tertentu. Apabila keadaan  ini terjadi dengan demikian harus dibantu oleh tenaga medis.

4.    Asap pekat
Apabila menghirup asap yang pekat berasal dari suatu limbah dari pembbakaran ataupun limbah akibat polusi udara dengan demikian dapat mengakibatkan cegukan. Asapakan masuk ke organ dalam tubuh yang melalui saluran pernafasan baik melalui hidung ataupun melalui mulut. Keadaan ini dapat terjadi terhadap beberapa orang dengan waktu yang bersamaan.

5.    Cegukan pada bayi
Pada Bayi yang baru lahir biasanya bisa lebih sering untuk menangis. Pada Bayi yang menangis akan cenderung lebih sering untuk terkena cegukan. Pada bayi Organ pernafasannya masih sangat sensitif.

6.    Cegukan karena pengaruh obat anestesi
Apabila setelah melakukan operasi dengan anestesi umum, maka keadaanorang tersebut akan menyebabkan cegukan. Bahkan pada beberapa penderita dapat cegukan pada saat belum sadar yang sepenuhnya. Hal tersebut diakibatkan karena adanya pengaruh obat anestesi yang mengakibatkan kontraksi di bagian otot diagfragma.

7.    Cegukan karena Emosi
Cegukann juga dapat terjadi pada beberapa orang yang sedang mengalami emosi. Perasaan yang terlalu meluap-luap, misalnya padaperasaan senang ataupun perasaan terlalu sedih bisamembuat bagian otot diagfragma akanmengalami konstraksi. Hal tersebut biasanya dapat diakibatkan akibat dorongan emosi yang terlalu tinggi dan akanmembuat di bagian otot yang memisahkan perut serta dada akan mengalami kontraksi.

8.    Cegukan karena Rokok
Cegukan dapat dialami pada beberapa orang yang merokok. Pada saat merokok dengan demikian terdapatsuatu perubahan reaksi yang akan terjadi di bagian tenggorokan, hidung serta bagian dada. Dengan keberadaan zat kimia yang masuk ke bagian dalam tubuh yang lewat melalui organ pernafasan bisa membuat suatu reaksi khusus yang akan mengakibatkan cegukan.

9.    Makan Cabe Terlalu Banyak / Makanan Pedas
Cabai yang mengandung gas yang bisa menyebabkan terjadinya penyumbatanpada tenggorokan sampai mengakibatkan cegukan yang serius. Gas ini akanmuncul seketika jika mengkonsumsi cabai, maka kemungkinan bisa langsung menyebabkan cegukan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates