Thursday , 27 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Seputar Keracunan Timbal

Ketahui Seputar Keracunan Timbal

Ketahui Seputar Keracunan Timbal

Ketahui Seputar Keracunan Timbal

Ketahui Seputar Keracunan Timbal

Ketahui Seputar Keracunan Timbal – Timbal merupakan logam berat yang mempunyai sifat toksik atau beracun dalam tubuh manusia. Timbal hadir dengan jumlah yang kecil di udara, pada tanah, debu rumah tangga, dalam makanan, dalam air minum, serta dalam perhiasan murah maupun mainan. Keracunan timbal dapat terjadi pada saat partikel timbal mengalami penumpukan di dalam tubuh. Penumpukan timbal ini bisa berlangsung selama waktu beberapa bulan ataupun bertahun-tahun.Pada anak ataupun janin di dalam kandungan jika terpapar oleh timbal bisa mengakibatkan kerusakan yang serius. Pada tubuh anak – anak yang masih pada tahap tumbuh kembang akan sangat mudah menyerap timbal, demikian dapat menimbulkan efek yang berbahaya. Dengan yang jumlah besar, akibat keracunan timbal bisa berakibat fatal bagi anak-anak maupun orang dewasa.

1. Tanda dan gejala anak yang mengalami  keracunan timbal
Paparan dalam jangka pendek akibat sering terpapar timbal bisa mengakibatkan anak mual muntah serta diare. Namun dengan paparan timbal dalam jangka pendek jarang terjadi mengalami keracunan timbal. Gejalanya sebagai berikut:
a. Kehilangan selera makan
b. Sakit perut
c. Sembelit
d. Kelelahan
e. Insomnia
f. Sakit kepala
Keracunan timbal dengan tiba – tiba dapat mengakibatkan kerusakan pada otak. Anak dengan keracunan timbal dalam jumlah yang besar serta satu waktu atau sekaligus dapat mengalami kejang atau sampai koma.

2. Penyebab keracunan timbal pada anak
Penyebab keracunan timbal pada umumnya pada anak akibat menelan ataupun menjilati benda yang berlapis timbal, seperti mainan. Anak – anak bisa menghirup debu yang sudah terkontaminasi ataupun makan serpihan pada cat timbal selama melakukan renovasi rumah. Penyebab keracunan timbal juga bis diakibatkan oleh air minum yang berasal dari pipa ledeng dengan berlapis timah. Adapun sumber- sumber lain akibat keracunan timbal sebagai berikut:
a. Udara atau tanah yang tercemar timbal
b. Beberapa mainan, barang – barang rumah tangga, serta kosmetik
c. Make-up mata
d. Keramik yang mengkilap
e. Kaca yang bertimbal
f. Pada Penutup tempat baterai
g. Pada Peluru

3. Komplikasi keracunan timbal yang mungkin terjadi pada anak
a. Mengalami Anemia
b. Mengalami kerusakan pada otak, ginjal serta sistem saraf
c. Rendahnya tingkat timbal bisa mengakibatkan pemerosotan tingkat kecerdasan dan juga mengalami gangguan pendengaran.4. Cara mencegah keracunan timbal untuk anak dan keluarga
a. Mengindari sumber timbal dari lingkungan sekitarb. Rutin menguras dan membilas pipa ledeng

c. Buka keran air minimal 1 menit apabila air tidak digunakan dengan waktu lebih dari beberapa jam.

d. Gunakanlah air dingin. Sebab dalam air panas lebih banyak kandungan timbal dari pada air dingin.

e. Berikanlah bayi secara ASI eksklusif. ASI mempunyai kandungan timbal yang jauh lebih rendah dibandingkan air pada keran.

f. Rajin mencuci tangan.

g. Hindari menaruh sepatu di dalam rumah. Sebab kotoran pada sol bawah sepatu bisa mengandung timah yang berasal dari tanah.

h. Hati-hati dalam memilih serta menggunakan cat untuk rumah. Pada rumah tua kemungkinan dilapisi oleh cat dengan kandungan timbal. Janganlah mengeruk ataupun mengikis cat sebab dapat meningkatkan jumlah debu timah dalam udara.

i. Sering membersihkan rumah secara teratur agar dapat menghilangkan semua partikel debu yang keungkinan mengandung timbal.j. Hindarilah wadah kristal dari timbal. Hindari dalam menggunakan wadah timbal yang digunakan menyajikan makanan maupun minuman. Terutama untuk wanita hamil ataupun menggunakan wadah untuk minuman pada anak-anak dengan gelas kristal.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates