Monday , 11 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Syarat – Syarat Rumah Sehat

Ketahui Syarat – Syarat Rumah Sehat

Ketahui Syarat – Syarat Rumah Sehat

Ketahui Syarat - Syarat Rumah Sehat

Ketahui Syarat – Syarat Rumah Sehat

Ketahui Syarat – Syarat Rumah Sehat – Rumah merupakan tempat dimana orang berlindung dari panas, hujan dan gangguan lainnya, selain itu rumah merupakan sarana sebagai tempat untuk berkumpul bersama keluarga. Rumah memiliki komposisi seperti jendela, lantai, pintu, dinding dan lainya. Berhubungan dengan fungsi salah satu rumah yaitu untuk berkumpul bersama keluarga, dengan demikian kondisi rumah harus dalam kondisi ideal dan nyaman untuk dihuni. Berikut merupakan syarat rumah sehat, diantaranya:1. Lantai
Lantai rumah dapat dari semen ataupun ubin, dari kermik, atau hanya cukup tanah biasa yang di padatkan. Syarat lantai yang sehat yakni tidak berdebu di musim kemarau serta tidak becek jika musim hujan. Lantai dalam kondisi basah serta berdebu menjadi sarang penyakit.

2. Atap
Atap yang biasa dipakai yakni atap genteng, atap dari daun kelapa, atap dari seng ataupun atap dari asbes. Pada atap asbes dapat menimbulkan suhu panas ke dalam rumah.

3. Ventilasi
Ventilasi bukanah sebagai pelengkap dalam suatu bangunan. Terdapat banyak fungsi dari ventilasi, diantaranya:
a. Untuk menjaga keseimbangan oksigen
b. Dapat membebaskan udara dalam ruangan dari adanya bakteri – bakteri terutama dari bakteri pathogen.

Terdapat dua jenis ventilasi, yaitu :
a. Ventilasi alamiah merupakan pertukaran udara dalam ruangan secara alamiah yakni dengan melalui jendela, melalui pintu, lubang angin dan lainya.

b. Ventilasi buatan merupakan pertukaran udara dalam udara dengan menggunakan alat – alat khusus seperti kipas angin serta mesin pengisap udara.

4. Cahaya
Rumah yang sehat membutuhkan cahaya yang seimbang, arinya tidak kurang serta tidak terlalu banyak. Cahaya di bedakan menjadi dua, yaitu:

a. Cahaya alamiah merupakan cahaya yang berasal dari matahari, dimana cahaya matahari ini bisa membunuh bakteri – bakteri patogen yang ada di dalam rumah, seperti pada baksil TBC.  Di sisi lain ventilasi yang alamiah ini terdapat kerugian yakni dapat dijadikan jalan masuknya nyamuk serta serangga yang lainnya ke dalam rumah. Denga demikian harus ada upaya yang lain untuk melindungi anggota dalam rumah dari adanya gigitan – gigitan nyamuk tersebut.

b. Cahaya buatan yakni cahaya yang menggunakan sumber cahaya yang bukan berasal dari alamiah, misalnya lampu minyak tanah, cahaya dari listrik, dari api dan lain sebagainya. Akan tetapi jenis alat tersebut tidak cocok jika digunakan dengan kondisi rumah di pedesaan. Harus diperhatikan juga bahwa dalam sistem pembuatan pada ventilasi harus di jaga supaya udara tidak mandeg ataupun tidak balik lagi artinya udara harus mengalir. Dengan demikian di dalam ruangan rumah harus terdapat jalan yang masuk serta jalan keluarnya udara.

5. Luas Bangunan Rumah
Untuk luas lantai bangunan dalam rumah yang sehat harus mencukupi sejumlah penghuni di dalamnya, artinya bahwa luas lantai bangunan yang dihuni harus di sesuaikan dengan jumlah orang penghuninya. Apabila luas bangunan rumah yang tidak sesuai dengan jumlah orang sebagai penghuninya maka dapat mengakibatkan overcrowded, yang akan berdampak negatif terhadap kesehaan pada penghuninya, karena disamping dapat mengakibatkan kurangnya memperoleh oksigen atau O2 juga jika salah satu anggota keluarga mengalami penyakit infeksi, bisa dengan mudah untuk menularkan kepada anggota keluarga.

6. Fasilitas – fasilitas di dalam Rumah Sehat
Rumah yang sehat harus memiliki fasilitas – fasilitas diantaranya:
a. Terdapat penyediaan air bersih yang cukup,
b. Terdapat pembuangan tinja,
c. Terdapat pembuangan air limbah (air bekas),
d. Terdapat pembuangan sampah,
e. Terdapat fasilitas dapur,
f. Terdapat ruang untuk berkumpul keluarga.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates