Saturday , 29 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Waktu serta Cara yang Tepat Minum Kopi

Ketahui Waktu serta Cara yang Tepat Minum Kopi

Ketahui Waktu serta Cara yang Tepat Minum Kopi

Ketahui Waktu serta Cara yang Tepat Minum Kopi

Ketahui Waktu serta Cara yang Tepat Minum Kopi – Kopi merupakan salah satu komoditas yang sangat banyak dijumpai di hampir seluruh dunia. Tidak hanya itu, kopi juga merupakan salah satu minuman yang banyak digemari pada kalangan anak muda sampai orang tua. Bagi Anda tentunya akan sepakat jika kopi dijadikan sebagai minuman yang sangat cocok untuk disajikan pada saat ngobrol. Sudah banyak para pecinta kopi yang rela untuk belajar bagaimana dalam meracik kopi yang baik dan juga benar supaya bisa menghasilkan kopi – kopi yang nikmat berasal dari biji-biji kopi terpilih tersebut.Dalam minum kopi agar dapat tetap sehat, harus memperhatikan waktu serta cara tertentu agar tidak mengganggu kondisi kesehatan tubuh. Berikut merupakan waktu dan cara yang tepat dalam minum kopi, diantaranya:

A. Waktu yang tepat untuk minum kopi

1. Janganlah minum kopi sebelum jam 10 pagi
Hasil penelitian menjelaskan bahwa orang akan merasa cukup mempunyai konsentrasi yang tinggi pada waktu 1 jam pertama ataupun pada waktu 2 jam pertama apabila setelah bangun tidur. Perlu diketahui kadar kortison dalam kondisi tersebut sedang dalam kadar yang tinggi yang ada di dalam tubuh. Oleh karena itu, alangkah baiknya minum kopi pada saat tiba di kantor supaya tingkat kortison akan tetap tinggi serta tidak drop.

2. Minum kopi sedikit demu sedikit
Para peneliti menjelaskan bahwa minum kopi yang sedikit demi sedikit akan lebih efektif dari pada dengan minum kopi yang langsung dengan jumlah yang banyak untuk sekali minum.3. Jangan minum kopi bersamaan dengan waktu makan
Alangkah baiknya, minum kopi 1 jam apabila setelah makan siang, pada saat seseorang merasa mengantuk. Hindarilah minum kopi apabila setelah makan malam. Bagi yang gemar minum kopi di malam hari harus di waspadai. Karena, dengan minum kopi di malam hari bisa mengakibatkan susah tidur.

4. Minum kopi sebelum tidur siang
Penelitian menjelaskan bahwa dengan minum kopi sebelum tidur siang bisa meningkatkan produktivitas yang lebih baik ketika setelah bangun.

5. Minum kopi dengan segelas air
Minumlah satu gelas air pada saat minum kopi ataupun minum berkafein. Perlu diketahui, bahwa kopi mempunyai sifat diuretik. Artinya bahwa seseorang akan buang air kecil lebih banyak serta akan kehilangan air lebih banyak dalam tubuh. Dengan ditambah minum air putih, dapat mencegah dehidrasi yang diakibatkan oleh kopi.

6. Jangan terlalu banyak
Seseorang harus mengetahui berapa banyak kafein yang di konsumsi. Sekitar 400 miligram kafein dalam satu hari dianggap aman bagi orang dewasa. Jika Lebih dari ini bisa mengakibatkan iritabilitas, menyebabkan sakit perut serta insomnia.

7. Minum secangkir kecil kopi setelah belajar bermanfaat meningkatkan ingatan
Minum dengan secangkir kecil kopi apabila setelah belajar bisa membantu dalam meningkatkan memori.

8. Minum kopi sebelum latihan dan olahraga
Apabila Minum kopi sebelum latihan ataupun sebelum olahraga sangat baik untuk tubuh. Kopi tidak hanya akan membuat seesorang lebih termotivasi dalam berolahraga, dengan kafeinnya juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan memanfaatkan lemak untuk bahan bakar.
B. Cara minum kopi yang benar
Manfaat yang nyata dari kopi justru bisa di lihat dari bagaimana cara seseorang  dalam meminumnya. Dengan Menambahkan susu serta gula justru bukanlah cara yang terbaik untuk minum kopi. Alangkah baiknya, minum kopi hitam ataupun minum kopi bersama nabati aditif susu, misalnya susu almond ataupun susu kedelai ataupun susu kelapa yang baik untuk tubuh Anda. Hidari minum kopi bersama pemanis buatan. Hindarilah minum susu bersama pemanis buatan dengan bentuk sachet, serta bukan gula yang murni. Hal tersebut sebab tidak baik bagi kesehatan Anda.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates