Wednesday , 28 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Kurangi Rasa Nyeri Saat Persalinan dengan Terapi Musik

Kurangi Rasa Nyeri Saat Persalinan dengan Terapi Musik

Kurangi Rasa Nyeri Saat Persalinan dengan Terapi Musik

Kurangi Rasa Nyeri Saat Persalinan dengan Terapi Musik

Kurangi Rasa Nyeri Saat Persalinan dengan Terapi Musik

Kurangi Rasa Nyeri Saat Persalinan dengan Terapi Musik – Pada zaman yang sudah modern seperti saat ini, ada beberapa cara yang yang bisa anda lakukan agar dapat membantu anda menjalani proses persalinan, disamping menggunakan proses persalinan yang normal seperti biasa yang telah ada sejauh ini. Banyak dari metode tersebut menggunakan asumsi bahwa rasa nyeri yang ada selama kehamilan itu disebabkan oleh karena perasaan takut yang berlebihan dari ibu hamil. Terdapat beberapa cara supaya anda bisa berkonsentrasi terhadap bayi anda dengan di dukung oleh terapi musik, caranya anda bisa mengacungkan kedua ibu jari dan membuat angka 8 tepat di depan wajah anda. Disamping itu terdapat metode berdengung (tuning) juga latihan pada pernafasan yang amat berguna bagi anda ketika menahan rasa sakit dan juga kontraksi ketika akan melakukan proses persalinan.

Metode terapi musik seperti ini rata – rata dilakukan secara bersama – sama dengan kurang lebih delapan orang ibu hamil. Kegiatan ini dilakukan di ruangan yang gelap, lalu nyalakan musik yang bisa membuat anda menjadi tenang dan rileks, musik yang digunakan biasanya hampir sama dengan musik yang biasa digunakan pada meditasi olahraga yoga. Dalam proses terapi music ini konsentrasi amat dibutuhkan, hal ini dimaksudkan supaya anda bisa berkomunikasi dengan bayi anda, karena jika anda fokus juga berkonsentrasi, maka reaksi yang akan ditunjukkan oleh bayi semakin terasa seperti gerakan menendang – nendang serta memberikan gerakan lain di dalam perut.

Terapi musik ini ialah salah satu cara berkomunikasi serta kebenaran yang sederhana serta terletak pada nilai terapi itu sendiri yang amat hebat dan luar biasa. Musik itu sendiri bisa menghasilkan ritme yang bisa tertangkap oleh pendengaran lalu diolah pada sistem saraf pada tubuh dan kelenjar otak tersebut mengulang organisasi interprestasi semua bunyi ke dalam ritme pendengar. Ritme pendengar bisa mempengaruhi metobolisme di dalam tubuh sehingga proses itu akan berlangsung dengan cukup baik. Apabila metabolisme tubuh anda baik, maka tubuh anda bisa membangun kekebalan tubuh yang amat baik, sistem kekebalan tubuh yang amat baik akan membuat tubuh anda menjadi sangat tangguh dalam menghadapi kemungkinan terjadi, rasa sakit yang akan dirasakan.

Fungsi dari terapi musik itu sendiri adalah untuk membantu anda mengekspresikan seluruh perasaan anda, serta memberikan banyak pengaruh yang positif pada suasana hati juga emosi, disamping itu terapi musik bisa membantu anda dalam mengatasi stres dan juga dapat mengurangi rasa sakit. Terapi musik ini merupakan bagian dari sebuah distraksi yang amat efektif, hal ini bisa membuktikan bahwa terapi musik dapat mengurangi rasa sakit karena perhatian anda tidak tertuju pada rasa sakit saja akan tetapi perhatiannya teralihkan saat anda mendengarkan musik. Dengan mendengarkan music, anda akan merasa lebih rileks serta kondisi badan anda dapat kembali berfungsi dengan sempurna. Saat akan menuju proses persalinan normal hal itu akan menjadi waktu yang sangat ditunggu – tunggu oleh semua ibu hamil.

Rasa senang, takut serta perasaan gelisah akan mulai tercampur menjadi satu. Kontraksi saat persalinan sebenarnya adalah kontraksi yang terjadi dengan intensitas yang semakin lama akan semakin kuat, durasi yang menjadi semakin panjang, interval yang menjadi semakin sering dan disertai rasa nyeri. Rasa nyeri yang dirasakan ini menjalar dari bagian pinggang belakang menuju kea rah perut sehingga akan terasa mulas seperti orang sedang sakit perut. Pembukaan pertama hingga tiga masih belum masuk ke dalam tahap persalinan, karena waktu yang diperlukan oleh setiap orangnya berbeda – beda pada pembukaan pertama sampai pembukaan empat. Ada beberapa ibu hamil yang mengalaminya hanya 1 jam, 1 hari bahkan ada juga yang mengalaminya hingga beberapa hari. Proses pembukaan ini biasanya akan menimbulkan rasa nyeri. Untuk membuat ibu yang akan menghadapi proses persalinan menjadi siap secara mental juga fisik saat akan menjalani proses persalinan, diantaranya anda bisa melakukan terapi musik. Terapi musik dalam persalinan ialah kegiatan yang menggunakan beberapa lagu serta musik yang terpadu juga terarah dalam membimbing anda selama menjalani proses persalinan agar bisa mencapai relaksasi bagi anda yang sedang merasakan nyeri pada saat kontraksi.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates