Wednesday , 28 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Makanan-makanan Yang Dapat Meredakan Alergi

Makanan-makanan Yang Dapat Meredakan Alergi

Makanan-makanan Yang Dapat Meredakan Alergi

Makanan-makanan Yang Dapat Meredakan Alergi

Makanan-makanan Yang Dapat Meredakan Alergi

Makanan-makanan Yang Dapat Meredakan Alergi – Di saat alergi sedang kumat, mungkin Anda akan langsung mencari obat untuk meredakan gejalanya. Sebabnya tentu saja karena gejala alergi sangat tidak nyaman. Anda dapat merasakan gatal pada hidung serta berair. Pada kasus yang lain, alergi juga dapat menyebabkan bersin-bersin, gatal-gatal bentol pada badan atau biduran, mual-mual, serta ruam pada kulit. Guna meredakan gejala tersebut, Anda dapat mencoba untuk menggunakan bermacam-macam obat alergi alami dalam beberapa makanan berikut.

Anda dapat mencoba obat alergi alami jika gejala yang muncul tidak parah dan tidak serius. Dengan kata lain, Anda masih dapat menahan berbagai keluhan yang timbul. Jika gejalanya telah serius seperti sampai diare, muntah, atau kesulitan bernapas, sebaiknya Anda segera minum obat alergi seperti antihistamin yang sudah dianjurkan oleh dokter. Berikut ini ialah beberapa pilihan obat alergi alami yang dapat membantu untuk meredakan gejala jika alergi Anda kumat.

1. Yoghurt
Yoghurt dapat menjadi antihistamin yang aman serta manjur saat gejala alergi kumat karena mengandung probiotik yang tinggi. Antihistamin berguna untuk menghentikan reaksi sistem kekebalan tubuh yang berlebihan terhadap alergen atau pemicu alergi. Wanita hamil dan menyusui dianjurkan untuk mengonsumsi yoghurt yang mengandung probiotik Lactobacillus casei saat alergi kumat.

2. Kuaci
Kuaci biji bunga matahari mengandung vitamin E yang tinggi sehingga dapat meredakan peradangan yang disebabkan oleh alergen. Antioksidan yang terdapat di dalam kuaci juga dapat mencegah kerusakan sel karena produksi histamin yang tidak terkendali. Namun, Anda mesti berhati-hati bila mempunyai alergi terhadap kacang-kacangan atau biji-bijian. Protein yang terkandung di dalam kuaci cenderung serupa dengan pemicu alergi terhadap biji-bijian.

3. Nanas
Jika Anda memiliki alergi pada debu, serbuk sari bunga, tungau, atau pemicu lainnya yang dapat menyebabkan gangguan pada pernapasan, dapat diatasi dengan mengonsumsi nanas. Hal ini disebabkan nanas merupakan satu-satunya produk alami yang mengandung senyawa bromelain.
Bromelain merupakan senyawa yang berfungsi untuk mengurangi gangguan pernapasan yang disebabkan alergi seperti sulit bernapas, hidung tersumbat dan pilek. Senyawa tersebut juga bermanfaat guna mengurangi peradangan seperti pada penyakit asma serta eksim.

4. Rempah-rempah yang pedas
Makanan serta rempah-rempah yang rasanya pedas seperti cabai, adas dan wasabi merupakan dekongestan alami yang dapat melegakan hidung yang sedang berair atau tersumbat. Sebab, sensasi pedas dari rempah-rempah alami tersebut mampu merangsang sel-sel pada sistem pernapasan Anda untuk terurai sehingga dapat membuang lendir yang berlebih.

5. Jambu biji
Jambu biji, jambu klutuk atau guava berkhasiat sebagai obat alergi alami. Hal ini disebabkan karena buah tersebut kaya dengan kandungan vitamin C. Menurut pakar, vitamin C manjur untuk mencegah produksi histamin oleh sel-sel tubuh. Histamin adalah zat yang dihasilkan oleh sistem imun tubuh secara alami saat Anda terpapar alergen. Senyawa inilah yang kemudian membuat Anda merasa gatal, ruam, bersin, biduran, atau mual.

6. Bawang bombay
Bawang bombai merupakan obat alergi alami dapat ditemukan di dapur rumah. Pakar alergi menjelaskan bahwa senyawa bioflavonoid yang terdapat pada bawang bombai dapat menstabilkan sel-sel tubuh yang bereaksi secara tidak terkendali saat terpapar alergen. Dengan menambahkan bawang bombai ke dalam masakan dapat bermanfaat meredakan gejala alergi.

7. Salmon
Menurut sejumlah studi, asam lemak omega-3 dapat meringankan gejala yang timbul akibat alergi. Oleh karena itu, Anda dapat mengonsumsi ikan yang mengandung banyak kadar asam lemak omega-3 tersebut, seperti salmon. Namun, Anda harus berhati-hati jika Anda memiliki alergi dengan makanan laut karena salmon justru dapat memperparah gejala alergi yang akan Anda alami.

8. Bayam
Bayam merupakan sayuran yang mengandung kadar magnesium yang tinggi. Magnesium dapat membantu melemaskan otot-otot dalam saluran pernapasan. Hal ini bermanfaat guna mencegah serangan asma yang disebabkan oleh alergi.
Demikian paparan atas beberapa makanan alami yang dapat membantu untuk meredakan masalah gejala alergi yang mungkin dapat Anda alami, semoga bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk tetap menjaga kondisi tubuh fit dan menjaga pola makan serta gaya hidup sehat.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates