Friday , 24 November 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Makanan serta Minuman Terbaik Menjelang Melahirkan

Makanan serta Minuman Terbaik Menjelang Melahirkan

Makanan serta Minuman Terbaik Menjelang Melahirkan

Makanan serta Minuman Terbaik Menjelang Melahirkan

Makanan serta Minuman Terbaik Menjelang Melahirkan

Makanan serta Minuman Terbaik Menjelang Melahirkan – Melahirkan ialah sebuah peristiwa yang sangat besar dan di tunggu – tunggu oleh ibu hamil. Dibutuhkan berbagai daya serta upaya untuk dapat melaluinya dengan sehat dan selamat. Salah satu hal yang harus di perhatikan ialah kondisi fisik ibu ketika melahirkan. Kondisi fisik ibu hamil harus prima ketika proses persalinan dimulai. Ketika melahirkan, ibu diasumsikan sebagai seorang atlet, yang harus mengerahkan segala tenaga serta kemampuannya untuk melahirkan sang buah hati ke dunia. Otot – otot di sekitar panggul, otot Rahim serta otot perut perut akan bekerja sangat keras selama proses persalinan berlangsung. Apabila kondisi ibu fisik ibu hamil tidak bugar, maka proses melahirkan akan menjadi sebuah proses yang melelahkan serta menyakitkan.
Oleh karena hal ini berguna membentuk kondisi ibu hamil yang sehat dan siap ketika melahirkan ialah dibutuhkannya asupan energi serta nutrisi sebelum proses melahirkan berlangsung / pada saat awal – awal proses melahirkan. Asupan energi salah satunya dapat di peroleh dari beberaa makanan serta minuman.
Pertanyaanya adalah apakah di dalam proses melahirkan ibu di perbolehkan untuk makan serta minum? Jawabannya ialah tentu saja boleh. Sekali lagi, selama proses melahirkan ibu membutuhkan energi yang sangat besar, terkadang selama proses melahirkan ibu akan merasakan haus serta lapar, oleh sebab itu ibu hamil ketika melahirkan di perkenankan untuk mengkonsumsi makanan seperti snack crackers, buah-buahan ataupun minuman manis. Sebelumnya banyak ahli medis yang tidak memperbolehkan ibu hamil selama proses melahirkan untuk mengkonsumsi makanan serta minuman karena di khawatirkan ibu bisa tersedak ataupun muntah. Akan tetapi penelitian terakhir mengungkapkan bahwa tidak terdapat resiko apapun ketika proses persalinan yang berhubungan dengan makanan serta minuman yang di konsumsi, bahkan Maria Newburn dari National Childbirth Trust menganjurkan untuk tidak membatasi ibu hamil saat makanan serta minuman selama proses persalinan berlangsung (Daily mail, Rabu 20/1/2010)

Apa Yang Harus Ibu Hamil Makan Menjelang Melahirkan?

Makanan yang sangat baik untuk di konsumsi menjelang melahirkan ialah makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi. Jenis makanan ini akan lebih mudah untuk di cerna serta akan banyak memberikan energi. Makanlah makanan ini sedikit demi sedikit namuni sering / di sarankan setiap satu jam sekali sebelum proses melahirkan berlangsung atau bisa juga di konsumsi pada awal – awal kontraksi. Jenis makanan berkarbohidrat yang dapat anda pilih diantaranya:

• Roti
• Sereal
• Kentang
• Pasta
• Biskuit
• Sop
• Puding Susu
• Untuk buah-buahan, usahakan anda mengonsumsi pisang sebagai pilihan pertama. Sebagai alternative lain selain pisang, ibu dapat mengkonsumsi apel.
• Menjelang proses persalinan, hindari untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak, karena hal ini akan mempengaruhi kerja perut anda selama melahirkan.

Apa Yang Perlu Ibu Hamil Minum Menjelang Melahirkan?

Yogurt dengan kadar lemak rendah ialah pilihan yang baik saat ibu membutuhkan energi untuk proses melahirkan. Yogurt sangat baik untuk di konsumsi karena mengandung gula serta karbohidrat, Minumlah yogurt sebelum proses persalinan berlangsung, untuk mendapatkan asupan energi yang lebih efektif. Sebagai alternative lain, ibu dapat mengkonsumsi madu yang langsung di campur dengan teh herbal. Mengkonsumsi minuman ini disamping memulihkan energi yang telah hilang selama proses persalinan, juga bisa membuat ibu merasa lebih tenang. Alternaitif lain yang berikutnya ialah teh manis, namun hindari dengan penggunaan gula yang berlebihan.
Disamping itu, selama proses melahirkan berlangsung, siapkanlah air putih yang banyak. Ibu perlu untuk sering minum air putih selama proses persalinan berlangsung, untuk menghindarkan dehidrasi.
Sebelum ataupun selama proses melahirkan, hindari ibu untuk mengkonsumsi minuman yang mengandung soda / cola. Hindari pula untuk meminum minuman yang masam seperti juice jeruk ataupun anggur

Catatan : Semua konsumsi makanan serta minuman di atas hanya berlaku untuk proses melahirkan secara normal, apabila ibu melahirkan dengan operasi caesar, konsultasikan lah mengenai hal ini kepada dokter spesialis kandungan anda.
Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates