Tuesday , 21 November 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Unik Buah Pisang Bagi Kesehatan

Manfaat Unik Buah Pisang Bagi Kesehatan

Manfaat Unik Buah Pisang Bagi Kesehatan

Manfaat Unik Buah Pisang Bagi Kesehatan

Manfaat Unik Buah Pisang Bagi Kesehatan

Manfaat Unik Buah Pisang Bagi Kesehatan – Semua orang pasti tidak ada yang tidak kenal dengan buah pisang. Rasa buahnya lezat serta harganya murah sehingga buah ini menjadi kesukaan banyak orang. Tetapi, apakah Anda tahu apa saja manfaat pisang bagi kesehatan?

1. Membantu pencernaan
Pisang adalah pilihan yang cocok untuk meredakan perut saat mengalami gejolak perut akibat keracunan makanan atau semacamnya. Pisang memiliki tekstur yang lembut sehingga dapat dengan mudah melewati saluran pencernaan, serta kalium yang terkandung di dalamnya dapat membantu menggantikan elektrolit yang keluar dari tubuh. Di samping itu, kandungan seratnya dapat membantu meningkatkan kepadatan feses sehingga meredakan diare.

Manfaat pisang yang lain untuk pencernaan adalah dapat meringankan masalah morning sickness pada ibu hamil. Kandungan tinggi vitamin B6 pada pisang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi selama kehamilan untuk mengurangi masalah perasaan mual dan muntah.

2. Menurunkan tensi darah
Kandungan potasium atau kalium dalam pisang dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah atau tensi. Para penderita hipertensi sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tinggi kalium seperti pisang guna membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini karena kalium berperan dalam menurunkan tekanan darah, berlawanan dengan peran natrium dalam tubuh. Tentu saja, pola makan ini mesti berimbang juga dengan menghindari makanan yang mengandung banyak garam serta lemak.

3. Menurunkan resiko serangan stroke
Bagi wanita berusia lanjut yang sudah melewati masa menopause, pisang bermanfaat untuk membantu melindunginya dari serangan stroke. Wanita pasca menopause yang rutin mengonsumsi makanan tinggi kalium seperti pisang beresiko lebih rendah untuk terkena stroke dibandingkan dengan wanita yang sama sekali tidak mengonsumsi makanan yang mengandung kalium.

4. Menambah energi
Mengonsumsi pisang dapat memberikan tambahan energi terutama untuk berolahraga. Suatu penelitian mengungkapkan bahwa pisang bisa dijadikan sebagai bahan utama minuman olahraga atau sports drink guna menggantikan elektrolit atau cairan tubuh yang hilang. Di samping itu, pisang dikenal dapat memberi manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan minuman olahraga biasa karena mengandung karbohidrat, kalium, serat, serta vitamin B-6 alami. Meskipun minuman olahraga mengandung nutrisi, namun juga mengandung gula dan bahan buatan lainnya yang tidak baik untuk kesehatan.

5. Mengandung magnesium
Magnesium adalah mineral yang dapat membantu sistem organ tubuh agar bisa berjalan dengan baik. Magnesium sangat penting dalam pembentukan protein, mempertahankan kinerja otot serta syaraf, memproduksi energi, dan mengendalikan kadar gula serta tekanan darah.

Defisiensi magnesium dapat mengakibatkan nafsu makan berkurang, osteoporosis, migrain, kesemutan, mual dan muntah, gangguan irama jantung dan kejang. Kekurangan magnesium dapat disebabkan oleh kebiasaan meminum minuman keras, gangguan saluran cerna, memiliki diabetes tipe 2 dan asupan makanan yang kurang. Dengan menambahkan pisang ke dalam menu makanan yang dikonsumsi dapat menurunkan resiko mengalami kekurangan magnesium.

6. Mengandung mineral mangan
Mangan merupakan mineral yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh dengan membantu metabolisme kolesterol, karbohidrat, serta asam amino dalam tubuh manusia. Di samping itu, mangan berperan penting dalam penyembuhan luka dan pertumbuhan tulang.

Wanita yang memiliki kadar mangan yang lebih rendah dalam tubuh lebih beresiko mengalami osteoporosis. Mangan juga dapat menurunkan resiko komplikasi kehamilan, mencegah migrain, serta menurunkan resiko kematian akibat serangan jantung.

7. Mengandung banyak serat
Pria di bawah usia 50 tahun membutuhkan serat sekitar 38 gram per hari, sedangkan wanita memerlukan 25 gram per hari. Sebagian besar orang tidak memenuhi kebutuhan ini tiap harinya padahal serat sangat penting untuk kesehatan saluran cerna dan menjaga gerak peristaltik usus. Di samping itu, serat juga penting untuk dan mengontrol kadar gula darah dan kolesterol.

Serat juga bisa membantu untuk menurunkan berat badan karena dapat membuat perasaan kenyang lebih lama. Makanan dengan kandungan serat yang tinggi seperti buah segar dan sayuran serta gandum mengandung lemak jahat dan kalori yang jauh lebih sedikit dibandingkan makanan diet lain.

8. Meredakan nyeri mencegah tukak lambung
Pisang mengandung antasida alami yang dapat menetralkan asam lambung. Pisang juga mengandung antioksidan flavonoid yaitu leucocyanidin, yang dapat meningkatkan ketahanan membran mukus lambung sehingga dapat mencegah terjadinya tukak lambung.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates