Friday , 28 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Mengenal Acai Berry dan Manfaatnya

Mengenal Acai Berry dan Manfaatnya

Mengenal Acai Berry dan Manfaatnya

Mengenal Acai Berry dan Manfaatnya

Mengenal Acai Berry dan Manfaatnya

Mengenal Acai Berry dan Manfaatnya – Apakah Anda familiar atau pernah mendengar tentang buah acai berry? Buah tersebut adalah salah satu makanan super yang kini menjadi tren di kalangan konsumen. Apakah Anda mengetahui fungsi dan manfaat buah acai berry untuk kesehatan?

Apakah Anda mengetahui bagaimana cara untuk menyebutkan kata ‘acai’ yang benar? Ternyata Acai berry ini dibaca sebagai asay berry. Buah tersebut berasal dari sejenis palem yang tumbuh di Amerika Tengah serta Amerika Selatan. Buahnya berwarna biru keunguan, serta berukuran mirip dengan buah blueberry yang besar.

Orang-orang asli suku Amazon sudah memakai buah Acai berry untuk produk kesehatan selama bertahun-tahun. Buah tersebut mengandung jauh lebih banyak kandungan antioksidan dibandingkan dengan jenis berry lainnya.

Acai berry tergolong sebagai jenis buah yang sukar untuk didapat. Di samping karena cuma ditemukan di hutan topis Brazil, palem yang menghasilkan buah acai juga sangat tinggi pohonnya, sehingga menyebabkan pemetikan buah yang biasanya dilakukan oleh penduduk setempat beresiko sangat tinggi. Selain itu, proses pengemasan dan perjalanan untuk ekspor harus dilakukan dengan sangat cepat, karena perjalanan yang lama terutama dengan jalur laut bisa membuat buah tersebut menjadi mudah busuk.

Acai berry bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah, dibuat jus, maupun dibuat menjadi ekstrak lalu dimasukkan ke dalam pil atau kapsul. Buah ini kadang-kadang juga bisa digunakan sebagai bahan pewarna dalam es krim maupun agar-agar. Rasa buah acai yang masih mentah mirip dengan blackberry dengan sedikit rasa pahit seperti pada dark chocolate. Oleh karena bijinya cukup besar, buah acai berry biasanya dikonsumsi sebagai jus maupun dipakai dalam bahan suplemen harian. Berikut adalah paparan mengenai manfaat kesehatan yang diperoleh dengan konsumsi buah acai berry.

1. Mencegah gangguan jantung dan diabetes
Sebagaimana yang telah dipaparkan, kandungan antioksidan dalam acai berry jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jenis berry lainnya. Zat yang bersifat antioksidan dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oleh proses oksidatif terutama yang disebabkan oleh radikal bebas.

Oksidasi pada sel-sel tubuh akan menyebabkan lapisan luar sel menjadi rusak. Kerusakan ini dapat menghasilkan radikal bebas yang selanjutnya dapat mengambil elektron dari sel lain yang masih sehat. Sedangkan dengan adanya zat antioksidan dapat mencegah proses oksidasi sel, sehingga dapat menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit seperti diabetes, gangguan jantung, serta bermacam-macam proses penuaan lain.

2. Mencegah penyakit kolesterol dan hipertensi
Buah acai berry mengandung banyak asam lemak yang diperlukan oleh tubuh seperti asam lemak omega-3, omega-6, serta asam oleat tidak jenuh. Asam lemak Omega-3 dan omega-6 dikenal sebagai asam lemak yang baik untuk tubuh, dan disarankan para ahli untuk dikonsumsi. Sementara itu asam oleat adalah asam lemak yang biasa terdapat dalam produk perawatan kulit. Semua jenis asam lemak yang terdapat di dalam buah acai diketahui bisa mencegah berbagai gangguan atau masalah kesehatan seperti hipertensi dan kolesterol tinggi.

3. Mengandung serat dan antioksidan
Kulit buah Acai berry yang berwarna biru keunguan merupaka bagian yang sangat penting dari buahnya. Kulit tersebut kaya dengan kandungan nutrisi seperti serat dan antioksidan. Bila Anda ingin membeli suatu suplemen dari buah acai berry, pastikan bahwa produk tersebut mengandung banyak kulit acai berry.

4. Baik bagi pengidap obesitas
Pada awal mula diperkenalkan, buah acai berry diklaim bisa membantu menurunkan berat badan. Akan tetapi masih sedikit bukti pada saat ini yang dapat menguatkan dugaan bahwa buah acai bisa membantu program diet. Namun, suatu studi menunjukkan bahwa suplemen buah acai berry bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi, kadar kolesterol, serta menurunkan resiko diabetes pada orang yang mengalami obesitas.

Walau telah dikonsumsi secara luas, hanya sedikit penelitian yang meneliti tentang keamanan konsumsi suplemen acai berry. Para ahli menyarankan agar Anda berhati-hati bila sedang hamil, serta menghindari konsumsi buah tersebut jika alergi terhadap tumbuhan keluarga palem.

Konsumsi buah acai berry ternyata bisa memengaruhi hasil pemeriksaan MRI. Maka, sebaiknya Anda memberi tahu dokter jika mengonsumsi buah ini atau menghindari konsumsi buah acai berry jika akan segera menjalani pemeriksaan MRI.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates