Thursday , 22 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Mengetahui Manfaat Hewan Peliharaan Bagi Anak

Mengetahui Manfaat Hewan Peliharaan Bagi Anak

Mengetahui Manfaat Hewan Peliharaan Bagi Anak

Mengetahui Manfaat Hewan Peliharaan Bagi Anak

Mengetahui Manfaat Hewan Peliharaan Bagi Anak

Mengetahui Manfaat Hewan Peliharaan Bagi Anak – Beberapa orang tidak suka jika membayangkan memiliki hewan peliharaan. Selain harus memenuhi semua kebutuhan harian setiap penghuni rumah, banyak yang tidak mau direpoti lagi dengan ditambah harus memberikan makan hewan peliharaan serta membersihkan kandangnya. Namun ternyata kehadiran hewan peliharaan di tengah keluarga Anda dapat mendatangkan banyak manfaat untuk pertumbuhan anak. Bila Anda masih enggan untuk mencobanya, beberapa fakta-fakta mengenai manfaat memelihara hewan berikut ini mungkin bisa meyakinkan Anda.

1. Membantu anak untuk belajar
Beberapa pendidik anak sudah lama mengetahui bahwa memiliki memeliharan anjing bisa sangat membantu perkembangan belajar anak yang berkebutuhan khusus. Kini mereka mengungkapkan bahwa semua anak dapat mendapatkan manfaat dari kehadiran seekor anjing peliharaan. Pada suatu penelitian, anak-anak diminta untuk membaca dengan suara keras di depan teman-teman sebaya, orang dewasa, serta anjing. Dengan memantau tingkat stres, peneliti menemukan bahwa anak-anak akan paling santai saat berada di dekat hewan, bukan manusia.

2. Menjaga kesehatan anak
Berdasarkan suatu penelitian, anak yang memiliki hewan peliharaan akan memiliki resiko terkena alergi yang lebih rendah. Ditemukan bahwa anak-anak yang selalu berada di sekitar anjing atau kucing akan memiliki kemungkinan lebih kecil untuk mempunyai alergi umum kibat paparan terhadap bakteri tertentu. Anak-anak yang memiliki hewan peliharaan juga lebih sedikit yang menunjukkan hasil positif tes kulit terhadap alergen dalam ruangan seperti bulu hewan serta alergen luar ruangan seperti serbuk sari bunga.
Berbagai penelitian sebelumnya juga melaporkan bahwa pemilik hewan peliharaan memiliki kecenderungan untuk jarang sakit. Dilaporkan bahwa anak-anak yang tinggal serumah dengan anjing peliharaan umumnya lebih sehat selama tahun pertama hidup mereka dengan masalah pernapasan dan infeksi telinga yang lebih kecil dibandingkan dengan anak-anak yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Selain itu dengan bermain, membelai atau memandikan hewan makhluk berbulu dapat menurunkan tingkat stres bagi anak-anak maupun orang dewasa.

3. Mengajarkan tanggung jawab, kepedulian dan kasih sayang
Adanya hewan peliharaan di rumah dapat mengajarkan balita tentang tanggung jawab. Tentunya yang akan mengerjakan perawatan hewan tersebut adalah orangtua, namun anak akan menyerap banyak ilmu dari perilaku yang dicontohkan dalam merawat hewan, seperti menjadi orang yang baik dan lembut. Anak bahkan dapat mengulurkan tangan, menawarkan untuk membantu orangtua dengan pekerjaan yang mudah seperti menuangkan makanan ke piring.

Anak akan menyadari bahwa hewan peliharaan sama seperti manusia yaitu membutuhkan makanan, tempat tinggal, perhatian, serta olahrga dengan terlibat langsung pengurusan hewan peliharaannya,. Hal tersebut dapat mengajarkannya empati dan kasih sayang. Empati dan belas kasih bukanlah sifat yang tiba-tiba dapat muncul di usia dewasa saat dibutuhkan. Anda tidak dapat belajar untuk menjadi orang kepedulian cuma karena Anda diperlakukan seperti itu sebagai seorang anak. Anda memerlukan sarana untuk mengasah sifat ini sejak saat masih sangat muda.

4. Mendatangkan rasa nyaman serta meningkatkan kepercayaan diri
Suatu penelitian menemukan bahwa anak-anak yang memiliki hewan peliharaan di rumah mempunyai kepercayaan diri yang lebih besar. Hal tersebut disebabkan dengan memiliki hewan peliharaan untuk dicintai dan yang balik mencintai mereka, serta seorang teman bermain saat tidak ada orang lain di sekitarnya. Saat anak mulai sekolah, hewan peliharaan dapat menjadi suatu topik menarik yang dapat diperbincangkan oleh anak serhingga dapat berbagi minat yang sama dengan anak-anak lain yang dapat meningkatkan kepercayaan dirinya.

5. Menguatkan ikatan keluarga
Keberadaan hewan peliharaan sering kali menjadi pusat perhatian dalam kegiatan bersama keluarga. Semua orang senang mengajak anjing untuk jalan-jalan sore, atau salign membantu untuk memandikan dan memberi makan. Dalam suatu waktu, keluarga dapat bermain bersama kucing peliharaan kesayangan. Menghabiskan waktu bersama (quality time) seperti ini dapat membantu keluarga untuk tumbuh lebih dekat dan kuat, sekaligus juga menyediakan waktu sejenak untuk bersantai di tengah kehidupan sehari-hari yang padat.
Demikian paparan tentang manfaat tentang memiliki hewan peliharaan. Jika Anda sudah cukup teryakinkan dan sedang mempertimbangkan untuk memiliki hewan peliharaan, sebaiknya selalu diperhitungkan bahwa lebih baik untuk mengadopsi hewan daripada membelinya.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates