Thursday , 22 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Mengetahui Porsi Makan Yang Ideal

Mengetahui Porsi Makan Yang Ideal

Mengetahui Porsi Makan Yang Ideal

Mengetahui Porsi Makan Yang Ideal

Mengetahui Porsi Makan Yang Ideal

Mengetahui Porsi Makan Yang Ideal – Mayoritas orang seringkali mengandalkan insting atau mengira-ngira untuk mengatur porsi makan. Standar yang sering digunakan adalah perasaan apakah cukup merasa kenyang dengan porsi makan yang dimakan. Seharusnya, menurut saran dari Kementerian Kesehatan, sebaiknya posrsi makan sehari-hari dikendalikan dan dihitung agar menjadi ideal. Dengan demikian, asupan nutrien menjadi seimbang sehingga dapat menghindari resiko obesitas.

Sayangnya, beberapa orang akan merasa repot jika mesti menakar dan menghitung porsi makan setiap kali akan makan. Sebenarnya diketahui terdapat cara yang mudah guna menentukan porsi makan yang ideal.
Berikut merupakan porsi makan yang dianjurkan bagi orang dewasa yang memerlukan 2.000 kkal atau 2 Mkal tiap satu hari. Penting untuk diketahui bahwa tiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda terutama jika memiliki kondisi tertentu seperti diabetes maupun obesitas. Maka sebaiknya Anda bertemu langsung dengan dokter atau ahli gizi untuk memastikan jumlah porsi makan yang sebaiknya dikonsumsi sehari-hari.

Makanan pokok
Sumber karbohidrat seperti nasi atau mie dapat dipilih untuk memenuhi kebutuhan kalori sehari-hari. Jika Anda terbiasa dengan makan nasi, sebaiknya setiap harinya Anda mengonsumsi 500 gram nasi. Sedangkan bila Anda memilih mie, Anda boleh mengonsumsi mie maksimal 1000 gram atau satu kilogram dalam satu hari.

Takaran nasi sebanyak satu cangkir atau sebesar kepalan tangan orang dewasa adalah sama dengan 100 gram. Untuk memenuhi kebutuhan sehari, Anda perlu mengambil sebanyak lima cangkir atau dengan lima kepal nasi. Konsumsinya harus dibagi dengan baik dan sesuai strategi Anda. Misalnya dengan satu setengah kepal nasi untuk sarapan lalu diteruskan sebanyak dua kepal nasi untuk makan siang serta ditutup dengan satu setengah kepal nasi pada makan malam.

Sayur dan buah-buahan.
Kementerian Kesehatan menganjurkan orang dewasa agar sebaiknya mengonsumsi 400 hingga 600 gram sayur dan buah setiap hari. Pembagiannya adalah dua pertiga sayur dan sepertiga sisanya buah-buahan.

Berdasarkan pedoman gizi yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan, sebanyak 100 gram sayuran matang takarannya adalah satu cangkir. Sebab kebutuhan Anda 400 gram, maka dapat dibagi porsi sayuran sebanyak satu cangkir saat sarapan, satu setengah cangkir saat makan siang, serta satu setengah cangkir pada malam hari.

Anda perlu mengonsumsi satu setengah hingga dua cangkir buah-buahan dalam sehari. Sebuah jeruk medan atau apel kira-kira berukuran satu cangkir. Sehingga, dalam satu hari Anda disarankan agar makan dua buah apel. Dapat dibagi menjadi satu buah saat pagi menjelang siang dan satu buah lagi di sore hari.

Lauk-pauk
Lauk-pauk dibagi menjadi dua kelompok, yakni hewani dan nabati. Dalam satu hari, Anda dapat memenuhi kebutuhan gizi dengan mengonsumsi 100 hingga 400 gram lauk-pauk nabati seperti tahu dan tempe. Sedangkan lauk-pauk hewani seperti ikan, daging sapi, telur serta daging ayam boleh dikonsumsi sebanyak 70 hingga 160 gram dalam sehari.

Lauk-pauk hewani dan nabati dapat dikombinasikan dalam satu hari. Contohnya jika Anda ingin makan daging ayam. Karena kebutuhan lauk-pauk hewani dalam satu hari adalah 160 gram, maka dalam satu kali makan Anda dapat mengonsumsi satu potongan paha bawah ukuran sedang atau satu potong kecil dada ayam yang setara dengan 50 gram. Singkatnya Anda dapat makan ayam dengan berat 50 gram sampai tiga kali dalam sehari. Akan tetapi, usahakan untuk mengubah menu lauk dalam sehari sehingga lebih bervariasi guna asupan nutrisi yang lebih kaya.

Membagi tempat makanan di piring sesuai porsi ideal

Agar mudah dalam menghitung serta mengendalikan porsi makan yang ideal,cobalah membagi piring Anda menjadi empat bagian. Bagian kiri, yaitu 50% diisi dengan makanan pokok dan lauk-pauk. Sementara itu bagian kanan sisanya diisi dengan sayur dan buah. Lebih baik mengusahakan untuk tidak mengambil nasi sebesar piring lalu menumpuknya dengan sayur dan lauk-pauk. Karena hal tersebut malah menyulitkan Anda untuk menghitung kalori guna menjaga keseimbangan dan mengendalikan porsi makan agar menjadi ideal. Mulai dari sekarang, sebaiknya Anda mengikuti pembagian piring makan tersebut yang telah dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates