Tuesday , 26 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Mungkinkah Persalinan Normal setelah Caesar ?

Mungkinkah Persalinan Normal setelah Caesar ?

Mungkinkah Persalinan Normal setelah Caesar ?

Mungkinkah Persalinan Normal setelah Caesar ?

Mungkinkah Persalinan Normal setelah Caesar ?

Mungkinkah Persalinan Normal setelah Caesar ? – Walaupun persalinan normal sangat diinginkan oleh seluruh ibu hamil akan tetapi jika kenyataan tidak sesuai harapan, anda harus bisa menerimanya. Salah satunya ialah faktor kesehatan serta keselamatan janin juga anda yang harus dipertimbangkan. Ahli medis akan menganjurkan anda untuk melakukan persalinan secara operasi caesar. Pemeriksaan kesehatan anda serta janin menjelang persalinan amat diperlukan dalam menentukan proses persalinan alami ataupun melalui operasi caesar. Tindakan operasi caesar akan dianjurkan bagi ibu hamil yang mempunyai masalah kehamilan salah satunya ialah terjadinya kondisi janin yang memerlukan pertolongan dengan segera, posisi bayi sungsang, jalan lahir tertutup, atau ibu hamil yang mengalami gangguan kesehatan seperti hipertensi.
Operasi Caesar bisa dibedakan menjadi dua yakni operasi caesar secara elektif serta operasi caear secara emergency, dan yang membedakannya ialah waktu serta kondisi. Dalam keadaan operasi caesar elektif sudah direncanakan jauh – jauh hari sesudah dokter menemukan kelainan pada kehamilannya dan sedangkan pada operasi caesar emergency dilakukan ketika persalinan berlangsung, hal ini berhubungan dengan kondisi gawat darurat untuk menyelamatkan janin serta ibu. Opersi caesar ialah proses persalinan dengan menggunakan metode pembedahan pada rahim yang berada di dalam perut. Dengan demikian untuk anda yang telah melakukan persalinan caesar emergency pada saat kelahiran anak pertama mempunyai kekhawatiran dalam menjalani persalinan pada kehamilan anda yang ke dua? Bisakah ibu hamil yang sudah pernah melakukan operasi caesar melahirkan bayi secara normal di kehamilan selanjutnya? Melakukan persalinan secara normal setelah melakukan operasi caesar mungkin saja terjadi pada ibu hamil. Hal ini akan disesuaikan dengan kondisi kesehatan ibu serta janin yang bisa mendukung persalinan normal.

Bagi anda yang sangat mengharapkan untuk bisa melakukan persalinan normal setelah melakukan persalinan caesar sebelumnya amat mungkin namun tetap harus disesuaikan dengan kondisi. Proses persalinan ini dikenal dengan sebutan vaginal birth after c-section atau VBAC. Walaupun beberapa kasus sukses melakukan proses VBAC yakni presentasenya 60 – 80% namun resiko yang dihadapi ibu hamil sangat tinggi sehingga dokter perlu untuk sangat hati – hati dalam merekomendasikan proses VBAC ini. Salah satu resiko utamanya ialah pecahnya rahim, yakni bekas caesar terbuka kembali sesudah persalinan. Sehingga diperlukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut yang mendukung anda serta janin untuk melakukan persalinan VBAC.

Berikut ialah beberapa tahapan yang menjadi pertimbangan tim dokter dalam menganjurkan persalinan normal sesudah operasi caesar pada ibu hamil :

1. Ibu hamil yang akan melakukan persalinan VBAC sebaiknya dilakukan pemeriksaan lengkap terlebih dahulu termasuk dalam jenis sayatan yang digunakan saat persalinan caesar sebelumnya. Sayatan klasik / sayatan pada rahim dari atas ke bawah sebaiknya ibu hamil tidak melakukan proses VBAC, adapun kemungkinan untuk bisa melahirkan secara normal adalah ditujukan bagi ibu hamil dengan sayatan melintang.

2. Bagi anda yang sebelumnya pernah melakukan operasi caesar dengan alasan sungsang / detak jantung tidak teratur, tanpa adanya komplikasi yang lain maka kemungkinan peluang operasi caesar tinggi dibandingkan dengan kondisi leher rahim yang tidak melebar ataupun kepala bayi yang tidak kunjung turun.

3. Persalinan normal sesudah operasi caesar tidak dianjurkan bagi ibu hamil yang mempunyai komplikasi kehamilan seperti diabetes ataupun tekanan darah tinggi. Begitu pula apabila posisi bayi anda yang sekarang sungsang, maka dokter tidak akan menyarankan metode VBAC.

4. Metode VBAC lebih mungkin terjadi pada kehamilan kedua anda, hal ini berhubungan dengan resiko yang masih rendah dibandingkan dengan anda yang sudah melakukan operasi Caesar secara berulang – ulang.

Demikian ulasan mengenai kemungkinan ibu hamil untuk melahirkan secara normal apabila sebelumnya pernah melahirkan dengan operasi caersar. Diperlukan pemeriksaan lebih lanjut secara teliti sehingga keamanan serta kesehatan ibu dan janinnya lebih terjamin. Hal perlu diingat adalah jika anda pernah melahirkan secara Caesar, maka pada persalinan sebelumnya anda wajib untuk melakukan persalinan di rumah sakit agar mencegarh terjadinya komplikasi, dan jika terjadi komplikasi bisa ditangani secara cepat dan tepat. Semoga bermanfaat.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates