Monday , 11 December 2017
artikel terbaru :
Home » Bisnis » Peluang bisnis buah manggis

Peluang bisnis buah manggis

Peluang bisnis buah manggis

Peluang bisnis buah manggis

Peluang bisnis buah manggis

Peluang bisnis buah manggis – Ketika masih muda, kulit dari buah manggis ini berwarna hijau semu putih. Selang buah ini bertambah besar, yaitu ketika mulai berumur 2 sampai 3 bulan, buah ini akan berubah warna menjadi hijau tua. Sampai pada ukuran yang maksimal, buah ini mulai matang dan juga mulai berubah warna menjadi merah lalu berubah menjadi merah keunguan.

Buah manggis yang memang berkualitas rasanya akan manis, berkulit mulus dengan warna yang cerah dan juga ukurannya akan cenderung besar. Sementara buah manggis dengan kualitas yang dibawahnya kadangkala memiliki rasa yang manis dengan sedikit selingan rasa yang asam kuat atau agak sedikit pahit.

Buah manggis ini dijual di pasaran dengan harga yang relatif terjangka. Buah manggis ini bahkan dijuluki sebagi ratunya dari buah dan sedang naik daun karena kandungan dan manfaat dari buah manggis ini mengandung antioksidan yang tertinggi jika dibandingnan dengan buah lainnya.

Namun sayangnya buah manggis ini tidak setiap saat ada. Buah ini bisa dibilang sebagai buah musiman. Buah manggis ini mahal harganya ketika di awal musim panen dan juga harganya mulai akan menurun ketika panen manggis telah semakin banyak.

Harga buah manggis

Bila Anda membeli buah manggis pada saat musim panen raya manggis, yaitu mulai bulan Februari sampai dengan bulan Maret, kamu akan bisa mendapatkan harga manggis yang murah, yaitu mulai dari 5 ribu untuk setiap Kg.
Sementara, bila buah manggis ini masih langka atau juga hanya sedikit ditemui di daerah pasaran harganya akan bisa naik beberapa kali lipat, yaitu mulai dari harga 15 sampai 25 ribu per Kg.

Seperti yang sudah dibahas di atas, bisnis dari buah manggis ini tidak hanya semata-mata bisnis buah saja. Bisnis ini juga mencangkup buah yang sekaligus kulitnya.

Analisis  Budidaya Buah Manggis

1. Budidaya untuk manggis ini tidaklah memerlukan modal yang terbilang sangat besar untuk bisa memulainya, terlebih bila Anda mempunyai sebuah lahan kosong dan juga membudidayakan buah manggis ini dengan cara menyemai bijinya.

2. Bila demikian, maka modal yang harus Anda keluarkan ialah biaya untuk pupuk, pestisida lalu untuk air kemudian untuk alat, dan juga tenaga perkebunan.

3. Dari berbagai metode untuk budidaya buah manggis,  Anda bisa menanam manggis dengan menggunakan bibit sambung dengan suatu pertimbangan bahwa pohon Anda nanti akan cepat besar sebagaimana tanaman ini mempunyai akar yang bagus, cepat berbuah karena pucuk dari tanaman berasal dari pohon yang berbeda, dan mempunyai daya hidup yang tinggi. Tentu benih ini dapat Anda peroleh dengan membeli bila Anda belum mempunyapohon manggis.

4. Di berbgai sentra produsen manggis, bibit sambung pucuk ini dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp 10.000 rupiah itupun tergantung dari ukuran bibitnya.

5. Bila anda hanya mempunyai lahan seluas 100 meter persegi saja, maka Anda hanya perlu membutuhkan sekitar 40 bibit manggis saja. Artinya Anda akan bisa mengeluarkan modal sekitar Rp 400.000 ribu rupiah. Perlu diingat, sebaiknya bila Anda menanam manggis, maka lahan yang Anda gunakan ialah lahan milik Anda sendiri. Syukur bila Anda mempunyai lahan berhektar-hektar.

Inilah estmasi yang akan Anda keluarkan sebagai modal awal untuk bisa menanam 40 batang pohon manggis di lahan dengan luas 100 meter persegi:
1. Biaya untuk bibit manggis = 400.000
2. Biaya untuk pupuk kandang = 2.000.000
3. Biaya untuk pupuk cair organic = 500.000
4. Biaya untuk pestisida alami = 500.000
5. Biaya untuk fungisida alami = 500.000
6. Biaya untuk alat = 1.000.000
7. Biaya untuk tenaga Pengolah Lahan = 1.000.000
8. Biaya untuk lain-lain = 2.000.000+
Total dari biaya = 6.900.000

Bila 40 pohon ini berbuah secara serentak, kira-kira Anda hanya akan bisa memanen sekitar 120 sampai 160 kg saja untuk sebuah panen perdana. Anda baru akan bisa mendapatkan hasil panen yang begitu melimpah di dalam kurun waktu sekitar 15 tahun mendatang.  Saat itu, satu pohon buah manggis milikmu ini bisa menghasilkan sekitar 2000 sampai 3000 buah setiap pohon atau juga sekitar 300 sampai 400 kg setiap pohon. Ambilah angka yang terendah dan kemudian dikalikan 40 pohon, maka Anda akan bisa mendapatkan angka sampai 12 ton setiap tahun. jika kita mencoba untuk gunakan harga yang terendah saat ini yaitu misalnya 5000 rupiah untuk satu kg buah manggis dan dalam satu tahun Anda bisa memperoleh uang hasil dari penjualan buah manggis ini sebesar 60 juta rupiah. Angka ini bisa dibilang cukup untuk bisa menutup biaya produksi selama 15 tahun penantian dan setelahnya  sampai seterusnya, Anda akan makan keuntungan bersih untuk tiap tahunnya.

About mr ikbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates