Thursday , 27 April 2017
artikel terbaru :
Home » Bisnis » Peluang Bisnis Buah Sawo

Peluang Bisnis Buah Sawo

Peluang Bisnis Buah Sawo

Peluang Bisnis Buah Sawo

Peluang Bisnis Buah Sawo

Peluang Bisnis Buah Sawo – Adakah diantara Anda sekalian yang belum tahu tentang buah sawo? Sawo, atau sering dikenal sebutan sebagai buah sawo biasa atau juga sawo manila, adalah salah satu dari jenis buah tropis yang mempunyai warna kulit coklat.
Sawo mempunyai daging buah yang berwarna coklat dengan beberapa biji berwarna hitam di dalamnya dan juga mempunyai rasa buah yang begitu manis.

Buah sawo ini ternyata tidak hanya sawo manila aja lho, ada jenis-jenis lain yang masih termasuk ke dalam kategori sawo meskipun bentuk buah dan juga rasanyapun juga berbeda. Berikut ini ada beberapa jenis dari sawo unggulan lain selain dari sawo manila:

1.Sawo Kecik
Sawo kecik ini berbentuk seperti sawo biasa dengan ukuran yang terbilang lebih kecil. Sawo kecik mempunyai permukaan kulit yang halus, mengkilap, dan juga berwarna jingga kemerahan bila sudah matang. Daging buah, lalu biji dan juga rasanya sedikit mirip dengan sawo yang biasa. selain pohonnya adalah pohon hias perindang dengan suatu struktur pohon dan juga daun yang mirip dengan sawo biasa namun sawo ini berukuran lebih sexy, buahnya amat bermanfaat untuk khasiat obat. Buah sawo kecik ini kaya akan serat dan juga mengandung antioksidan yang tinggi dan oleh karena itulah buah ini amat bermanfaat untuk bisa mengobati berbagai penyakit.

2. sawo jumbo
Sawo jumbo adalah buah sawo unggulan karena ukurannya yang begitu luar biasa besarnya. Karakter dari pohon buah sawo jumbo ini sebenarnya adalah sama dengan sawo manila, akan tetapi gen dari pohon buah sawo jumbo ini selalu bisa menghasilkan buah sawo yang begitu super besar. Sebagaimana sawo manila, sawo jumbo ini juga sangat cocok untuk bisa hidup di daerah tropis dengan ketinggian antara 700 sampai 1200 m.dpl. Bahkan buahnyapun terbilang masih sulit untuk ditemui di pasaran. Harga dari bibit sawo jumbo ini ternyata juga jumbo lho, jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan sawo yang biasa.

3. Sawo Mentega
Jenis sawo mentega juga dikenal dengan sebutan buah alkesah atau buah kenistel. Buah ini memliki bentuk yang mirip dengan buah sawo manila dengan bentuk yang sedikit lonjong dan juga lebih runcing ujungnya. Buah ini mempunyai kulit halus yang mengkilap dan juga berwarna seperti buah lemon. Tekstur di dalam buah ini mirip sekali dengan jenis ubi kuning yang sudah direbus. Sementara rasa dari buah ini malah mirip dengan tape singkong. Dari karakter daging buah dan juga rasanya yang demikian tersebut, buah sawo mentega ini dapat dimakan begitu saja atau juga disajikan di dalam bentuk olahan seperti salad lalu campuran es krim, dan juga campuran milkshake.

Makanan yang pembuatannya dicampur dengan sawo mentega ini akan bisa mempunyai rasa dengan sensasi tape.

Modal Usaha Budidaya Sawo

Berikut adalah modal yang kira-kira dibutuhkan untuk bisa menanam sawo pada lahan seluas 100 meter persegi untuk 10 pohon sawo dalam 5 tahun pertama;
1. Biaya untuk bibit sambung pucuk = 10 x 35.000 = 350.000
2. Biaya untuk pupuk kandang = 500.000
3. Biaya untuk pupuk cair organic = 250.000
4. Biaya untuk mikroorganisme = 100.000
5. Biaya untuk peralatan = 300.000
6. Biaya untuk pot jika menanam dengan media pot = 1 x 60.000 = 600.000
7. Biaya lain-lain = 500.000+
Total dari biaya = 2.600.000

Jika tanaman ini terus menerus dirawat dengan sangat baik, maka pohon sawo akan bisa terus produktif dan juga bisa menghasilkan buah di dalam jumlah yang begitu banyak; semakin tua dan juga akan besar pohonnya, maka akan semakin banyak pula buahnya. Seperti yang sudah ada di atas, baha bila Anda menanam 10 batang pohon sawo, Anda akan membutuhkan modal sekitar Rp 2 juta untuk penanaman di dalam kebun dan Rp 2,6 juta rupiah untuk penanaman di dalam pot. Dengan Anda menggunakan bibit sambung pucuk, tanaman akan bisa mulai berbuah ketika tanaman ini menginjak usia 2 sampai 3 tahun dan juga akan berbuah sangat banyak sekali ketika tanaman ini mulai berusiasekitar 5 tahun.

Pada masa yang produktif tersebut, satu pohon sawo yang dewasa bisa ditanam di kebun dapat menghasilkan buah sekitar 1 sampai 2 kuintal setiap tahunnya. Bila Anda mempunyai 10 pohon, artinya Anda akan memanen sedikitnya adalah 1 ton buah sawo setiap tahunnya. Dengan demikian, Bila harga sawo kita adalah 15 ribu utnuk setiap kg, maka setiap tahun Anda akan memperoleh suatu pemasukan sebesar Rp 15 juta dari penjualan sawo.

Itupun jika harga jual sawo dengan tingkat panen minimum dan juga kualitas yang minimum. Padahal, Anda bisa memanen lebih dari 1 ton dengan kualitas sawo yang begitu berbeda dan juga dengan harga yang tentunya berbeda pula.

About mr ikbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates