Monday , 11 December 2017
artikel terbaru :
Home » Bisnis » Peluang Bisnis Sirsak

Peluang Bisnis Sirsak

Peluang Bisnis Sirsak

Peluang Bisnis Sirsak

Peluang Bisnis Sirsak

Peluang Bisnis Sirsak – Buah sirsak mempunyai banyak manfaat, terutama pada buah dan juga daunnya yang dipergunakan untuk obat herbal anti kanker yang paling ampuh saat ini, tanaman sirsak mulai bis dilirik oleh banyak kalangan.

Dulunya, buah sirsak ini tidak populer dan harganyapun amat sangat murah. Bahkan saat ini dibanyak wilayah pedesaan atau juga di kota-kota kecil, harga untuk buah sirsak masih relatif amat murah.

Namun di daerah  kota-kota besar dimana orang-orang sudah mulai ramai dalam mencari alternatif pengobatan untuk kanker, sirsak bisa menjadi naik daun dan juga mempunyai harga yang mahal. Jangankan buahnya, daun sirsakpun bisa laku mahal lho.

Itulah alasan kenapa buah sirsak ini bisa menjadi peluang bisnis di masa depan yang amata menjanjikan.

Harga untuk Buah dan Daun Sirsak
Saat ini buah dan juga daun sirsak sudah menjadi komoditas yang laris manis di daerah pasaran. Bahkan, beberapa produsen merasa kewalahan di dalam mencukupi banyaknya permintaan untuk daun sirsak baik dalam bentuk tablet yang berupa ekstrak daun sirsak, daun sirsak kering, maupun daun sirsak yang masih segar.
Untuk buah sirsak, harganya dapat dibilang lebih bisa terjangkau bila dibandingkan dengan daun sirsak, yakni berkisar mulai dari angka 15.000 rupiah setiap Kgnya.

Sementara ekstrak dari daun sirsak dijual mulai dari harga 1000 rupiah per butir dan juga untuk daun sirsak kering atau segar dijual mulai dari harga 20.000 rupiah per paket untuk satu paket isinya bervariasi, 50 sampai dengan 100 lembar dan juga banyaknya ini akan tergantung dari penjualnya.

Kenapa anda harus mencoba bisnis ini ?

1. Menanam sirsak bukanlah suatu hal yang sulit dan juga bisa dilakukan oleh semua orang. Tanaman ini dapat tumbuh di mana saja sehingga bila Anda hanya mempunyai pekarangan rumah Anda bisa menanamnya di sana, dan juga syukur bila Anda mempunyai lahan seperti kebun yang sudah terbengkalai karena Anda bisa menanaminya dengan tanaman berupa buah sirsak.

2. Modal yang diperlukan untuk bisa menanam sirsak ini tidaklah terbilang banyak. Bahkan, bila Anda hanya punya biji dan juga sepetak lahan maka Anda telah dapat memulai bisnis ini dan juga percayalah hasilnya akan bisa menakjubkan.

Berapa modal yang dibutuhkan dan keuntungan yang didapatkan?

1. Untuk bisa melakukan kegiatan budidaya sirsak skala serius (profesional), maka Anda perlu untuk mempersiapkan beberapa hal dan juga untuk itu tentunya Anda perlu mengeluarkan modal produksi untuk pembibitan sampai perawatan. Berikut ini adalah rincian modal yang Anda butuhkan untuk bisa menanam sirsak pada lahan seluas 100 meter atau 60 pohon.

2. Untuk lahan dengan luas 100 meter, Anda bisa melakukan budidaya ini sendirian saja atau juga tanpa bantuan dari tenaga orang lain. Namun bila Anda membutuhkan tenaga dari orang lain, barangkali cukup dengan cara menyewa 1 orang untuk 3 hari pembersihan dan juga pembuatan untuk lahan tanam.

Asumsi
Asumsi untuk uraian ini adalah anda memiliki lahan sendiri atau juga tidak menyewa lahan. Namun bila Anda menyewa lahan sebaiknya Anda menyewa lahan dalam jangka waktu yang lama antara sekitar 15 sampai 20 tahun dengan biaya yang dapat kamu tambahkan sendiri pada daftar biaya produksi yang akan Anda sampaikan.
Biaya untuk bibit Sirsak = 50.000
Biaya untuk media Tanam : 1.000.000
Biaya untuk pupuk: 1.000.000
Biaya untuk polybag: 25.000
Biaya untuk peralatan: 500.000
Biaya untuk tenaga: 300.000
Biaya untuk lain-Lain: 500.000+
Total dari biaya : 3.375.000

Setiap tiga bulan satu kali, satu pohon sirsak ini bisa dipanen daunnya sebanyak ½ sampai 1 Kg setiap pohonnya (menyesuaikan dengan kesuburan daun dan juga tanamannya).

Jika pohon yang Anda tanam adalah sebanyak 60 batang, maka diandaikan Anda bisa memanen sedikitnya adalah 30 kg daun setiap tiga bulan satu kali. Daun ini dapat kamu jual ke para pengusaha ekstrak daun sirsak dengan harga yaitu minimal 100.000 rupiah setiap Kgnya. Maka, setiap 3 bulan satu kali Anda bisa memperoleh uang senilai Rp 3 juta rupiah. Atau bila Anda ternyata dapat mengolah daun ini sendiri atau juga menjual setiap paket lembaran daun kering, tentu laba yang Anda dapatkan akan lebih besar lagi.

Biasanya untuk satu paket yang berisi 70 lembar daun sirsak dihargai dengan harga mulai dari 30 ribu rupiah. Sementara untuk 1 kg daun itu dapat berisi ratusan lembar daun sirsak yang basah. Coba kalikan saja sendiri berapa keuntungan yang dapatAnda dapatkan dengan perhitungan yang semacam ini?

Jika Anda ambil angka 20 kg setiap pohon di dalam setahun, maka bila Anda mempunyai 60 pohon Anda akan memanen sekitar 1200 kg setiap tahun dengan penghasilan yaitu 1200 x 10.000 rupiah = 12.000.000 rupiah.
Nah, angka untuk produksi tersebut adalah angka yang paling minim yang dapat Anda peroleh dari budidaya buah dan daun sirsak yang bisa Anda dapatkan sampai bertahun-tahun ke depan hingga pohonmu tidak lagi produktif.

About mr ikbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates