Thursday , 29 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Dampak Rokok Terhadap Paru Paru

Seputar Dampak Rokok Terhadap Paru Paru

Seputar Dampak Rokok Terhadap Paru Paru

Seputar Dampak Rokok Terhadap Paru Paru

Seputar Dampak Rokok Terhadap Paru Paru

Seputar Dampak Rokok Terhadap Paru Paru – Pada umumnya semua orang mengetahui pengaruh atau efek samping rokok baik perokok aktif maupun perokok pasif. Organ paru-paru merupakan salah satu organ yang diserang kandungan dalam rokok. Dampak rokok terhadap organ paru paru manusia yakni efek samping dari adanya serangan asap rokok yang terhirup dan masuk ke dalam jaringan paru – paru. Rokok di dalamnya mengandung partikel sangat berbahaya yang bersifat sebagai karsinogen atau menyebabkan kanker serta bisa mengakibatkan kelainan dan juga mengalami kerusakan pada jaringan tubuh dengan bertahap. Akan tetapi apabila kebiasaan merokok selama bertahun – tahun, dengan demikian dapat menimbulkan beberapa keluhan terhadap kesehatan yang berkaitan dengan organ paru paru.Perokok aktif serta pada perokok pasif sama – sama mempunyai resiko untuk terserang penyakit yang tidak hanya akan menyerang organ jantung namun juga akan menyerang organ paru paru, sebagai berikut:

1. Iritasi paru paru
Asap rokok yang masuk ke dalam organ paru – paru akan mengakibatkan meningkatnya lendir pada paru. Kondisi ini bisa mengakibatkan kelumpuhan pada silia. Silia adalah rambut kecil yang halus yang melapisi bagian saluran penyaring udara dan penyaring kotoran. Meningkatnya jumlah lendir dalam paru paru akan menyebabkan iritasi serta dapat menurunkan fungsi paru – paru.

2. Paru paru mengalami emphysema atau peradangan
Asap rokok yang memasuki jaringan paru akan terus – menerus bisa merusak pembuluh darah yang melalui dinding paru. Keadaan tersebut dapat mengakibatkan struktur pada paru – paru yang mengalami peradangan berat serta bisa mengurangi jumlah pada jaringan paru dimana sebenarnya memiliki fungsi untuk menyebarkan darah yang berisi oksigen kemudian oksigen dari udara menyebarkan ke jaringan darah.

3. Kanker paru paru
Apabila kebiasaan merokok selama bertahun – tahun serta tidak diseimbangkan dengan asupan makanan yang bergizi, maka bisa mengakibatkan seseorang memiliki resiko dimana lapisan tabung pada paru – paru akan menjadi iritasi berat serta akan timbul pembengkakan. Keadaan seperti ini akan menyebabkan paru – paru mengalami perubahan dari bentuk sel – sel sehat kemudian menjadi sel yang abnormal, sehingga akan memicu kanker paru – paru.

4. Arteri saluran paru menyempit
Apabila mempunyai kebiasaan merokok dari remaja akan mengakibatkan jumlah darah yang ada di sekitar paru – paru dapat menjadi lebih sedikit. Karena asap rokok yang bersifat karsinogen dapat terjadi penyumbatan pembuluh darah dengan demikian aliran darah menjadi tidak lancar.

5. Struktur jaringan paru berubah
Asap rokok bisa mengakibatkan kerusakan pada alveoli di jaringan paru dengan demikian bisa memicu peradangan serta menyebabkan penyempitan pada saluran pernafasan. Fungsi paru – paru yang berubah dapat mengakibatkan penyakit obstruksi paru – paru menahan misalnya asma, Bronkitis akut serta mengalami peradangan paru paru berat.

6. Paru paru kotor
Adanya kandungan tar, nikotin serta zat lainny dalam rokok bisa mengotori serta dapat mencemari paru – paru dan akan merubahnya menjadi keruh serta akan rentan untuk terserang berbagai bakteri. Kandungan yang ada dalam rokok dapat menyebabkan aliran darah di sekitar paru akan terhambat serta tidak lancar. Sehingga menyebabkan dada akan terasa berat, nyeri serta nafas akan menjadi lebih pendek ataupun sesak nafas.

7. Pengerasan dinding arteri paru
Zat racun dalam asap rokok bisa mengendap kemudian tinggal dalam jaringan paru – paru selama bertahun – tahun dan akan mengalami pengerasan dan juga penebalan di dinding arteri paru – paru dengan demikian kerja paru – paru akan menjadi lebih lambat serta dapat memicu kelainan pada fungsinya, yang dapat menyebabkan sesak nafas serta dada akan sangat sakit.8. Flek pada paru paru
Asap rokok bisa menimbulkan flek pada paru – paru yang dapat diawali dengan gejala batuk – batuk secara berkepanjangan, mengalami kejang otot paru dan juga sesak nafas dengan demikian pada sebagian orang akan mengakibatkan pingsan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates