Wednesday , 28 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Infeksi Clostridium Difficile

Seputar Infeksi Clostridium Difficile

Seputar Infeksi Clostridium Difficile

Seputar Infeksi Clostridium Difficile

Seputar Infeksi Clostridium Difficile

Seputar Infeksi Clostridium Difficile – Bakteri Clostridium difficile merupakan bakteri yang dapat mengakibatkan penyakit ringan misalnya bisa menimbulkan diare hingga menimbulkan peradangan yang dapat berbahaya terhadap pembengkakan pada usus besar. Infeksi ini biasanya akan muncul apabila seseorang berada di rumah sakit. Infeksi ini pada umumnya akan terjadi pada orang dengan usia lebih dari 65 tahun serta orang yang sedang dirawat di rumah sakit.1. Tanda – tanda dan gejala
Adapun gejalanya sebagai berikut:
a. Mengalami diare berair 10 sampai 15 kali sehari
b. Kram serta nyeri pada perut yang dapat memburuk
c. Mengalami demam,
d. Dalam kotoran terdapat darah ataupun nanah
e. Mengalami mual
f. Mengalami dehidrasi
g. Menurunya nafsu
h. Berat badan menurun

Kondisi yang lebih parah akan mengalami peradangan pada usus besar atau colitis ataupun terdapat darah dan atau nanah dalam jaringan usus besar (pseudomembranous colitis). Pada beberapa orang yang mengalami infeksi ini tidak akan menunjukan gejala atau tanda mengalami penyakit ini, aka tetapi masih dapat menyebarkan infeksi yang disebut dengan carrier atau sebagai pembawa.

Segera periksakan apabila mengalami diare yang berair dengan frekuensi lebih dari tiga kali dalam satu hari dan segera periksakan apabila gejala – gejala tersebut terjadi selama lebih dari 3 hari. Apabila mengalami salah satu tanda ataupun gejala tersebut, terlebih mengalami demam serta mengalami sakit perut yang parah, konsultasilah dengan tenaga medis.

2. Penyebab
Clostridium Difficile terkait dengan penyakit jika setelah menggunakan antibiotik misalnya golongan clindamycin, golongan penisilin, golongan fluoroquinolones, dan golongan cephalosporins. Bakteri dan juga spora yang tidak aktif akan tersebar melalui kontak bersama kotoran serta permukaan ataupun makanan yang telah terkontaminasi seperti pispot, perabot, kain linen serta dudukan toilet.

3. Faktor-faktor risiko
Ada banyak faktor risiko infeksi clostridium difficile, yaitu:
a. Orang yang menjalani perawatan antibiotik
b. Orang yang terkena penyakit lain
c. Orang lanjut usia

4. Obat dan Pengobatan
Berhenti dalam mengkonsumsi antibiotik dapat memicu terjadinya infeksi. Kemungkinan akan memerlukan pengobatan dengan menggunakan antibiotik baru (seperti metronidazole atau vancomycin). Antibiotik jenis ini dapat menahan pertumbuhan Clostridium Difficile.
Gejala demam biasanya akan hilang dalam waktu dua atau tiga hari, pada kondisi diare yakni dalam waktu 3 hari sampai 4 hari. Cairan dapat diberikan agar dapat mencegah dehidrasi. Pengobatan lainnya dapat diberikan yakni dengan memberikan probiotik, atau pada kasus yang lebih parah, dapat dilakukan operasi untuk mengangkat yang terkena infeksi pada usus besar. Probiotik merupakan suatu bakteri yang dapat menguntungkan serta ragi yang dapat membantu untuk mengembalikan keseimbangan suatu mikroorganisme agar sehat dalam usus besar. Penyakit ini pada umumnya dapat kambuh serta membutuhkan pengobatan yang lebih banyak. Dokter bisa mendiagnosis apabila bisa menemukan apakah terdapat riwayat penggunaan antibiotik serta awal gejala tipikal. Diagnosis dapat dipastikan dengan melakukan tes darah dan pada kotoran. Terkadang untuk pemeriksaan usus besar dapat menggunakan sigmoidoskopi fleksibel dan juga computed tomography (CT).

Berikut merupakan gaya hidup dan langkah pengobatan yang dapat dilakukan di rumah untuk mengatasi infeksi clostridium difficile, diantaranya:
a. Cucilah tangan dengan menggunakan sabun dan air yang bersih serta mengalir

b. Konsumsi antibiotik untuk Clostridium Difficile sampai habis

c. Banyak minum yang mengandung air, mengandung garam, dan mengandung gula, seperti jus buah yang encer, minuman dalam kaleng, serta kaldu

d. Apabila diare konsumsilah makanan yang berair, kentang, nasi, konsumsi gandum, konsumsi oatmeal, serta biskuit asin.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates