Monday , 11 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Mencegah Hipertensi

Tips Mencegah Hipertensi

Tips Mencegah Hipertensi

Tips Mencegah Hipertensi

Tips Mencegah Hipertensi

Tips Mencegah Hipertensi – Tekanan darah tiinggi atau disebut dengan hipertensi merupakan suatu gejala yang dapat mengundang berbagai jenis penyakit kronis seperti penyakit ginjal, penyakit stroke, macam penyakit jantung, dan juga penyakit liver atau disebut hepatitis.Stres merupakan salah satuyang dapat menyebabkan kondisi tekanan darah tinggi. Selain itu juga karena faktor keturunan dan pola makan ataupun pola hidup yang kurang sehat dapat meningkatkan resiko hipertensi.

Karena dampaknya sangat tidak baik serta dapat menjadi faktor penyebab kematian, maka harus dilakukan pencegahan untuk menghindarinya. Berikut merupakan langkah untuk mencegah tekanan darah tinggi diantaranya:

1.    Membatasi Asupan Garam
Garam biasa digunakan sebagai campuran bumbu dalam masakan. Untuk menggunakan garam dalam masakantidak harus banyak menggunakannya agar dapatmencegah tekanan darah menjadi tinggi.Bahkan untuk yang sudah mengalami gejala tekanan darah tinggi, mulailah dengan membatasi dalam mengkonsumsi garam.

2.    Menjaga Berat Tubuh Ideal
Kondisi tekanan darah yang tinggi berkaitan dengan dengan kondisi berat badan. Orang-orang yang mengalami hipertensi sebagian besarmemiliki berat badan berlebih atauobesitas. Jika kondisi berat badan sudah berlebih maka lakukanlah diet sehat agar berat badan ideal.

3.    Berdiet Seimbang
Untuk melakukan diet agar berat badan tetap ideal, yang harus diperhatikan yakni asupan makanan. Diet dengan seimbang, yang bernutrisi serta menyehatkan adalah kunci untuk mencegah hipertensi. Dengan mengkonsumsi jenis sayuran serta buah, khususnya jenis makanan dengan kandungan kalium yang tinggi sangat dianjurkan.

4.    Mengecek Tekanan Darah secara Rutin
Dengan mengecek tekanan darah secara rutin, sehingga dapat mengetahui kondisi tekanan darah dalam tubuh. Seseorang dapat dikatakan prehipertensi yakni dengan 120-139/80-89 mmHg. Jika tidak segera dicegah dengan melakukan gaya hidup yang sehat, maka akan berisiko untuk meningkat kondisi hipertensi yang lebih besar.

5.    Menghindari Konsumsi Obat Tertentu
Ketahuilah dalam mengkonsumsi obat apakah mempunyai efek samping terhadap tekanan darah tinggi atau tidak. Dengan demikian hipertensi bisa terjadi karena suatu efek samping akibatmengkonsumsi obat tertentu, sehingga harus diperhatikan takaran dosis serta waktu penggunaan.

6.    Mengatasi Stres
Stres merupakan salah satu faktor penyebab untuk terjadinya hipertensi. Dengan mengurangi tingkat stres,yakni agar kondisi hipertensi tidak semakin naik.

7.    Mengurangi Konsumsi Kopi
Kafein sangat berperan besar untuk meningkatkan tekanan darah dalam tubuh, bahkan akibat kafein kenaikannya bisa mencapai 10 mmHg. Bagi penggemar kopi, periksakan tekanan darah secara rutin.

8.    Tidak Merokok
Bahaya merokok selain menyebabkan masalah terhadap alat pernafasan juga sebagai pemicu berbagai penyakit salah satunya hipertensi.

9.    Membatasi Minuman Beralkohol
Konsumsi alkohol tidak hanya dapat merusak kesehatan pada sistem saraf otak, akan tetapi juga dapat menaikkan kadar tekanan darah atau hipetensi.

10.    Mengendalikan Kadar Gula
Kadar gula dalam darah tinggi juga akan mempengaruhi tekanan darah menjadi tinggi, dengan demikian sebelum mencegah hipertensi terlebih dahulu untuk mencegah diabetes. Caranya yakni rajinlah berolahraga, menghindari asupan gula secara berlebihan serta mendapatkan tidur yang cukup. Selain itu juga, dapat imbangi dengan mengkonsumsi makanan yang sehat sertacek darah secara rutin.

11.    Olahraga Rutin
Apabila semakin aktif, maka tubuh bisa semakin sehat, selama tidak berlebihan. Banyak macam olahraga yang dapat dilakukan sesuai kemampuan fisik. Mulai dari kardio ringan sampai latihan yang berat yang dapat membentuk otot. Akan tetapipada kasus untuk mencegah hipertensi, jenis olahraga yang lebih dianjurkanyaitu lari santai, dengan bersepeda, berenang, ataupun hanya melakukan jalan kaki.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates