Thursday , 27 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Untuk Berhenti Merokok

Tips Untuk Berhenti Merokok

Tips Untuk Berhenti Merokok

Tips Untuk Berhenti Merokok

Tips Untuk Berhenti Merokok

Tips Untuk Berhenti Merokok – Ketika Anda memulai untuk berhenti merokok, akan datang godaan dari fisik dan mental. Gejala fisik seperti sakau ingin merokok tidaklah berbahaya. Jika Anda tidak siap, hal tersebut dapat membuat Anda kembali merokok. Godaan terbesar justru berasal dari mental, yakni datangnya rasa sangat ingin untuk merokok.

Jika Anda telah lama jadi seorang perokok, merokok sudah jadi kebiasaan untuk dilakukan bersamaan dengan aktivitas lain seperti meminum kopi di pagi hari, istirahat setelah makan siang, atau di saat buang air besar. Walaupun tidak dibutuhkan tubuh, pikiran Anda akan meminta rokok setiap kali Anda minum kopi, selesai makan siang, atau saat buang air di toilet. Perasaan ingin merokok ini muncul dari mental, dan tidak dapat hilang walaupun secara fisik telah teratasi dengan terapi pengganti nikotin.

Salah satu cara utama menaklukkan keinginan merokok yang datang dari mental adalah dengan mengenali alasan umum yang paling sering dibuat sendiri untuk membenarkan keinginan merokok. Hal tersebut dinamakan rasionalisasi.

Rasionalisasi dapat disebut sebagai pemikiran yang keliru namun terasa benar sesaat, hanya untuk memuaskan keinginan. Sebenarnya, pemikiran ini bukan berdasarkan kenyataan, dan bila Anda mengikutinya, malah dapat membuat Anda kembali merokok.

Anda pastinya memiliki rasionalisasi yang Anda sering gunakan untuk mulai merokok kembali. Saat Anda memutuskan untuk berhenti merokok, catatlah semua rasionalisasi yang muncul tiap kali Anda merasa ingin kembali merokok. Saat rasionalisasi tersebut muncul lagi, Anda telah dapat mengenalinya sebagai alasan yang tidak bisa dipercaya. Berikut adalah beberapa cara untuk melawan rasa ingin merokok.

1. Menghindari orang-orang dan tempat yang membuat ingin merokok
Saat minggu-minggu awal berhenti merokok, hindari mengunjungi ke tempat-tempat yang membuat ingin merokok. Jika ingin minum kopi, datanglah ke kafe tanpa smoking area.
Sedangkan untuk orang-orang yang membuat Anda ingin merokok, jika tidak dapat dihindari, cobalah beri pengertian kepada mereka bahwa Anda sedang berusaha untuk berhenti merokok. Kemudian minta bantuan dari mereka untuk tidak mengajak Anda atau bahkan untuk tidak merokok di depan Anda.

2. Mengubah rutinitas yang biasanya dilakukan sambil merokok
Jika Anda selalu menikmati kopi atau minuman tertentu sambil merokok, cobalah untuk menghindari minuman tersebut di minggu-minggu awal Anda berhenti merokok. Jus atau air putih tentu dapat menjadi pilihan yang lebih sehat. Jika Anda kerap kali merasa asam pada mulut setelah memakan makanan tertentu sehingga membuat Anda ingin merokok, sebaiknya menghindari makanan tersebut terlebih dahulu. Setelah break makan siang akan lebih sehat jika diganti dengan berjalan-jalan sambil menenangkan pikiran daripada merokok.

3. Mencari pengganti untuk mulut
Jika Anda tidak tahan kosongnya mulut, cobalah untuk membuat mulut Anda sibuk dengan hal selain rokok. Misalnya Anda dapat mengemut permen, mengunyah permen karet bebas gula, ngemil buah-buahan, mengemil kuaci dan sebagainya.

4. Menyibukkan tangan Anda
Di saat sedang stres, Anda malah dapat makin tertekan jika hanya berdiam diri. Merokok sering menjadi pelarian Anda untuk dapat menenangkan diri. Di saat Anda merasa ingin merokok karena stress, cobalah untuk mencari aktivitas lain guna menyibukkan tangan Anda, dan membuat pikiran fokus untuk hal lain misalnya mengutak-atik mesin motor atau mobil atau menyusun Lego maupun mewarnai di buku mewarnai untuk orang dewasa.

5. Menarik nafas dalam-dalam
Walaupun kedengaran klise, namun penyebab rokok dapat menenangkan diri adalah karena Anda mesti menghirup napfs dalam-dalam saat mengisap rokok. Oleh karena itu saat Anda merasakan ingin untuk merokok, cobalah memejamkan mata, lalu mengambil napas dalam-dalam dan perlahan. Rasakanlah udara bersih tanpa nikotin masuk ke dalam paru-paru Anda lalumenyebar ke seluruh tubuh. Sambil melakukan hal tersebut, ingat-ingat lagi alasan kenapa Anda memutuskan berhenti merokok.

6. Tunda 10 menit
Jika Anda sudah tidak kuat lagi dan benar-benar sangat ingin merokok, malah sebatang rokok dan korek sudah di tangan, cobalah gunakan trik ini: berhenti, dan tunda 10 menit. Kerap kali, keinginan merokok itu hilang setelah 10 menit. Pikiran Anda menjadi jernih kembali kemudian Anda akhirnya menyadari bahwa Anda sesungguhnya tidak butuh rokok.

7. Memberi hadiah untuk diri sendiri
Berhenti merokok bukanlah masalah yang mudah. Siapa saja yang telah berhasil patut diberikan acungan jempol. Apabila Anda memilki anggaran tertentu untuk membeli rokok tiap hari, coba pertahankan budget namunmasukkan uang ini di toples khusus setiap hari. Setelah seminggu atau sebulan, uang dalam toples tersebut dapat digunakan untuk makan di restoran kesukaan, atau membeli barang yang Anda inginkan.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates