Thursday , 27 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui 11 Jenis Rempah-Rempah sebagai Antiseptik

Ketahui 11 Jenis Rempah-Rempah sebagai Antiseptik

Ketahui 11 Jenis Rempah-Rempah sebagai Antiseptik

Ketahui 11 Jenis Rempah-Rempah sebagai Antiseptik

Ketahui 11 Jenis Rempah-Rempah sebagai Antiseptik

Ketahui 11 Jenis Rempah-Rempah sebagai Antiseptik – Antiseptik merupakan suatu senyawa yang dapat digunakan sebagai pembersih luka yang memar, luka akibat teriris, luka akibat lecet, serta luka akibat bakar ringan, yang dapat terjadi karena akibat trauma misalnya kecelekaan lalu lintas, akibat kecelekaan kerja, maupun kecelakaan yang lainnya. Selain itu juga antiseptik merupakan suatu senyawa yang dapat berperan dlam mencegah terjaidnya infeksi di bagian jaringan yang hidup misalnya pada permukaan kulit serta di bagian seperti pada bibir, pada saluran kencing serta alat kelamin.Berikut merupakan bahan rempah yang dapat digunakan sebagai antiseptik, diataranya:

1. Madu
Sebenarnya terdapat banyak manfaat dari kandungan madu salah satunya adalah sebagai antiseptic serta sebagai anti bakteri atau antibiotik. Jika mengkonsumsi madu secara terus-menerus, dapat membersihkan kotoran –kotoran yang ada dalam tubuh.

2. Propolis
Propolis mengandung resin sebagai anti inflamasi atau peradangan serta sebagai anti oksidan, mengandung flavonoid yakni sebagai anti septik, mengandung ikatan fenol, mengandung lilin lebah untuk penyembuh luka bakar, mengandung minyak esensial, mengandung 14 jenis mineral serta mengandung 6 jenis vitamin.

3. Minyak cengkeh
Cengkeh merupakan rempah yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Cengkeh sebagai anti mikroba, antijamur, antivirus, afrodisiak dan sebagai antiseptik. Sebagai indikasi antiseptik minyak cengkeh ini bisa dioleskan karena akibat gigitan nyamuk, akibat serangga, akibat lebah, kumbang akibat memar, karena jatuh, gatal- gatal dan karena yang lainya.

4. Minyak Oregano
Minyak organik dalam Origanum vulgare merupakan rempah dimana kandunganya bersifat antiseptik, sebagai antiparasitik, sebagai antibakteri, antimikroba, antikarsinogenik (antikanker), antijamur, antiinflamasi, antioksidan, analgesic dan antimutagenik.

5. Kayu manis
Kayu manis adalah rempah yang mempunyai banyak khasiat sebagai pengobatan. Seperti dapat menghilangkan bekas jerawat, bisa mengurangi minyak yang berlebihan di wajah serta dapat merangsang pertumbuhan pada rambut. Sebab kandungan kayu manis bersifat antiseptik yang bisa membunuh bakteri.

6. Ekstrak biji anggur
Ekstrak biji anggur di dalamnya mengandung beberapa zat mislnya imunomodulator, mengandung antioksidan, sebagai antimutagenik, antibakteri serta analog hormon. Hasil penelitian menjelaskan ekstrak biji anggur mengandung resveratrol yang bisa membantu awet muda dan dapat mencegah kanker.7. Ekstrak Daun Zaitun
Ekstraks dari zaitun di dalamnya mengandung beberapa zat yang bersifat sebagai antibiotik, sebagai antiseptik, anti-inflamasi serta anti-penuaan. Kandungan daun zaitun juga yakni mengandung polifenol sebagai antioksidan.

8. Ranting Pohon Nimba
Kandungan Nimba bagi kesehatan yakni sebagai anti mikroba atau antiseptik yang bisa membunuh bakteri dan juga jamur. Dengan mengunyah langsung bisa mengatasi bakteri sebagai penyebab karies gigi.9. Bunga rosella
Kandungan bunga rosella berguna sebagai antiseptik (dapat mencegah infeksi), sebagai aprodisiak (dapat meningkatkan gairah), digestif (dapat melancarkan pencernaan), demulcent (dapat menetralisir asam lambung), serta tonik (untuk penambah tenaga).

10. Daun kemangi
Daun kemangi merupakan salah satu sayuran ataupun lalapan yang mengandung minyak atsiri, mengandung senyawa eugenol yang bisa membasmi jamur dan juga bakteri. Kandungan antiseptik dalam kemangi dapat untuk membasmi kuman sebagai penyebab bau badan.

11. Daun sambiloto
Daun sambiloto merupakan daun yang mempunyai manfaat bagi kesehatan manusia. Kandungan dalam daun sambiloto bersifat sebagai anti-inflamasi, sebagai anti diabetes, untuk mengobati diare, sebagai anti radang, Membantu pengobatan HIV, sebagai Anti malaria, dapat mencegah penyakit jantung, dapat mencegah penyakit hati atau liver, dapat meningkatkan sistem imun, dan masih banyak lagi manfaat dari kandungan daun sambiloto. Daun sambiloto merupakan daun dengan rasa yang pahit sebab mengandung suatu zat andrografolid.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates